Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita PangandaranMaksimalkan PAD, Hotel dan Restoran di Pangandaran Akan Dipasang Tapping Box

Maksimalkan PAD, Hotel dan Restoran di Pangandaran Akan Dipasang Tapping Box

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Pangandaran bekerjasama dengan Bank Jabar Banten (bjb) menyediakan alat monitoring server tapping box dan tapping server di hotel dan restoran.

Tapping box merupakan alat monitoring transaksi usaha. Alat ini dipasang di mesin kasir. Tujuannya untuk mengitung setiap transaksi yang terjadi di suatu tempat usaha, misalnya hotel atau restoran.

Sementara tapping server, merupakan alat penyadap transaksi. Jadi data transaksi yang masuk ke box nantinya masuk ke server Pemkab Pangandaran.

Dengan alat ini, setiap transaksi dicatat dan masuk ke Pemkab. Sehingga Pemkab bisa memonitor jumlah transaksi sekaligus memaksimalkan pajak daerah.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pangandaran, Hendar Suhendar mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemasangan alat yang disebut tapping box dan tapping server di hotel-hotel dan restoran yang ada di Pangandaran.

“Kita akan memasang sebanyak 230 alat, sekarang baru terpasang sebanyak 54 alat di hotel-hotel dengan alat yang berbeda, ada yang dipasang tapping box ada juga yang dipasang tapping server,” ujarnya, Senin (17/02/2020).

Lebih lanjut, Hendar mengatakan, dengan dipasangnya kedua alat tersebut diharapkan dapat meningkatkan target PAD kabupaten Pangandaran dari hotel dan restoran.

“Pajak hotel dan restoran merupakan titipan dari para pelanggan yang harus diberikan kepada pemerintah dan dari pajak tersebut akan digunakan untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Pangandaran, seperti pembangunan jalan, dan infrastruktuktur lainnya,” imbuhnya. (Enceng/R7/HR-Online)

- Advertisment -