Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Air Bambu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Bambu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat air bambu masih belum banyak orang mengetahui manfaatnya. Manfaat air ini sebenarnya telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat China dan Hawai untuk pengobatan selama berabad-abad.

Mereka percaya air bambu dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berdasarkan penelitian di University Of Hawai oleh Jun Panee, PhD, sebagian besar ekstrak dari sayuran buah-buahan dan tanaman memiliki zat yang bermanfaat untuk tubuh.

Menurutnya, ekstrak yang dihasilkan sebagian besar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terkhusus folifenol dan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Tak terkecuali untuk ekstrak dari bambu, beberapa penelitian terhadap hewan telah membuktikan manfaat air bambu memiliki efek anti-tumor, anti-inflamasi dan anti kecemasan, meskipun menurutnya belum bisa dipastikan akan bekerja terhadap manusia.

“Tapi, kenyataanya telah digunakan selama berabad-abad di China dan Hawaii untuk pengobatan dan suplemen yang populer,” kata Jun Panee.

Selain itu, air bambu telah diproduksi di Kanada seperti halnya air mineral pada umumnya. Selain memiliki kandungan di atas, juga mengandung mineral dan oksigen yang cukup tinggi dan juga dapat bermanfaat sebagai anti-mikroba dan anti-halitosis

Selain diproduksi dalam kemasan air, juga diproduksi dalam beberapa varian lainya seperti dalam bentuk teh dan bahkan bir.

Manfaat Air Bambu Bagi Kesehatan

Vincent Vilanis, pendiri perusahaan Bamboo Beverages yang memproduksi air bambu di Kanada mengatakan, dirinya tidak berniat membuat klaim kesehatan, namun dirinya akan membuktikan manfaat air ini bagi kesehatan manusia.

Vilanis meyakini kalau air bambu dapat bersaing dipasaran karena manfaat yang telah dirasakannya sendiri yang salahsatu manfaatnya adalah air bambu sangat baik untuk mencegah dehidrasi.

“Dengan membuat lubang pada bamboo akan didapatkan airnya, dan itu sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi,” Jelasnya.

Adapun manfaatnya dari air bambu ini di antarnya:

1. Awet Muda

Kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi merupakan senyawa yang terdapat dalam air bambu, berdasarkan medis, senyawa tersebut dapat mencegah rusaknya DNA.

Molekul aktif yang tercipta pada metabolisme tubuh normal dapat menyebabkan rusaknya DNA, hal ini merupakan salah satu faktor penuaan pada tubuh manusia.

Sementara anti-oksidan dan anti-inflamasi dapat mencegah rusaknya DNA karena metabolisme tubuh pada keadaan normal, sehingga dengan itu dapat menghambat penuaan, dalam kata lain awet muda.

2. Mencegah Penyakit Akibat Radikal Bebas

Manfaat air Bambu selain mencegah rusaknya DNA, anti-oksidan juga dapat bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas, di mana radikal bebas ini sangat berbahaya bagi tubuh.

Diketahui, radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan stress oksidatif, hal ini adalah penyebab utama yang Inflamasi.

Dari inflamasi inilah yang kemudian dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti, stroke, sakit jantung, tekanan darah tinggi dan banyak penyakit lainnya

Untuk mencegah terlalu berlebihannya radikal bebas dalam tubuh, diperlukan Anti-Oksidan sebagai penyeimbang supaya tidak terjadi stress oksidatif.

Manfat air bambu seperti disebutkan sebelumnya memiliki senyawa anti-oksidan dan anti-inflamasi sekaligus, sehingga akan sangat berguna ketika dikonsumsi secara rutin sebagai salahsatu cara untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -