Manfaat Beras Merah untuk Gaya Hidup Sehat

manfaat beras merah
Ilustrasi manfaat beras merah. Foto: Istimewa

Manfaat beras merah untuk kesehatan lebih populer dibanding dengan jenis beras lainnya. Tak sedikit produk olahan berbahan beras merah yang dijual di pasaran dan bahkan paling laris bila dibanding dengan beras coklat, putih atau beras hitam.

Beras merah dihasilkan dari biji-bijian beras utuh yang diketahui sangat kaya nutrisi. Sebenarnya beras merah, putih atau jenis lainnya dihasilkan dari biji padi yang sama. Hanya saja dalam prosesnya beras putih membuang sekamnya.

Pamor beras merah belakangan makin meningkat seiring meningkatnya kesadaran masyarakat yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Meskipun beras putih merupakan makanan pokok masyarakat kita, namun dinilai kurang menyehatkan untuk tubuh.

Dibandingkan beras putih, manfaat beras merah memang jauh lebih besar karena lebih kaya nutrisi. Beras merah merupakan sumber karbohidrat, namun rendah kalori, bebas gluten, kaya serat dan juga tidak ada lemak trans.

Kandungan beras merah diantaranya energi, protein, karbohidrat, vitamin B1 dan B3, kalsium, kalium, fosfor, natrium, zat besi, tembaga, zink, lemak, serat dan air. Beras merah juga kaya antioksidan flavonoid yang berguna untuk kesehatan.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

Selain kaya nutrisi, beras merah juga tak hanya sekedar baik untuk kesehatan, namun dipercaya pula untuk melindungi tubuh dari penyakit. Berikut ini beragam manfaat beras merah yang wajib Anda tahu.

Menangkal Radikal Bebas dan Kanker

Kandungan antioksidan flavonoid yang tinggi dalam beras merah sangat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah tumor. Konsumsi makanan ini juga menjauhkan tubuh dari serangan penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat beras merah juga baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Konsumsi nasi merah secara rutin efektif untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah dan mencegah gangguan jantung.

Mengatasi Peradangan

Kandungan anthocyanin (antosianin) apigenin, quercetin dan myricetin ampuh mencegah serta mengatasi peradangan. Senyawa ini mampu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan sakit radang.

Mencegah Stres dan Depresi

Manfaat beras merah juga karena kandungan glutamin, gliserin dan asam gamma-aminobutyric yang berfungsi merangsang produksi serotin yang berguna untuk mencegah tekanan stress dan depresi.

Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium dan zat besi dalam beras merah efektif untuk meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteopororsis atau pengeroposan tulang. Makan beras merah juga berguna mencegah kurang darah.

Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat beras merah untuk ibu menyusui juga sangat baik karena bisa merangsang dan meningkatkan produksi ASI. ASI yang lancar sangat dibutuhkan balita yang sedang membutuhkan asupan terbaik ini.

Baik untuk Penderita Diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Begitupun kandungan karbo dan gulanya. Karena itu makanan ini aman untuk penderita diabetes dan bisa menjadi alternatif pengganti nasi putih.

Menurunkan dan Mengendalikan Kolesterol

Berbeda dengan nasi putih, makan nasi merah juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Kandungan asam gamma-aminobutyric (GABA) dalam beras merah efektif mengendalikan kolesterol tinggi sehingga mencegah stroke dan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Selain itu manfaat beras merah untuk diet juga cukup ampuh. Kandungan serat dan rendah karbo sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Masukkan beras merah dalam menu diet Anda.

Detoksifikasi Racun

Kandungan antioksidan dan senyawa aktif dalam beras merah juga berfungsi untuk mendetoksifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi secara rutin beras ini berguna meningkatkan fungsi hati dan membersihkan tubuh dari racun.

Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi beras merah secara rutin juga berkhasiat melancarkan pencernaan dan mengatasi berbagai gangguan perut, seperti diare, diabetes, dan BAB tidak lancar. Hal ini karena kandungan serat dan nutrisinya.

Itulah berbagai manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh. Makin tingginya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat membuat makanan ini sangat baik sebagai pelengkap makan harian selain nasi putih. (R9/HR-Online)