Manfaat Berjemur Pagi Hari, Bisa Cegah Kanker Lho!

Manfaat Berjemur Pagi Hari, Bisa Cegah Kanker Lho!
Berjemur di pagi hari ternyata memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya bisa mencegah kanker. Foto:Ist/Net

Manfaat berjemur pagi hari di bawah sinar matahari sudah menjadi tradisi sejak jaman nenek moyang dulu. Sayangnya, aktivitas tersebut hanya dilakukan untuk bayi yang baru lahir. Masyarakat Indonesia percaya, menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi, akan mempercepat tumbuh kembang anak bayi.

Namun ternyata, berjemur dibawah sinar matahari pagi tak hanya baik untuk bayi, orang dewasa dengan berbagai usia pun dianjurkan berjemur di pagi hari, jika ingin memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik.

Manfaat berjemur pagi hari bisa dirasakan manfaatnya secara maksimal jika dilakukan sambil olahraga, bukan hanya sebatas berjemur di depan rumah sambil duduk-duduk.

Kendati memiliki berbagai manfaat, berjemur di pagi hari juga dapat berbahaya bagi kulit. Makanya, disarankan jika anda ingin berjemur di bawah sinar matahari, harus di waktu yang tepat dan tidak berlebihan.

Manfaat Berjemur Pagi Hari Untuk Kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami rangkum berbagai manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi:

1. Menekan Risiko Kanker

Manfaat berjemur pagi hari ternyata bisa menekan resiko terkena kanker. Dengan anda rutin berjemur dibawah sinar matahari pagi, anda bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit kanker, seperti, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker getah bening dan lainnya.

Untuk meminimalisir efek samping dari paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV), anda disarankan berjemur dibawah pukul 10.00 pagi. Berjemurlah selama 5-15 menit, lakukan 2-3 kali seminggu.

2. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Berjemur pagi hari juga mampu merangsang produksi vitamin D pada tubuh. Vitamin D ini sangat penting dan diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium dan fosfor di usus, yang pada akhirnya mampu memperkuat tulang, gigi, dan otot.

Vitamin D juga ampuh mencegah beragam penyakit berat lainnya seperti, osteoporosis, hipertensi, diabetes, dan lainnya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat terpapar sinar matahari, tubuh kita akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berguna untuk perlindungan tubuh. Sel darah putih ini berperan untuk melawan berbagai penyebab infeksi pada tubuh.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat berjemur pagi hari juga bisa membuat tidur anda lebih berkualitas. Paparan sinar matahari pagi ternyata mampi memproduksi hormon melatonin pada tubuh. Melatonin merupakan hormon yang berfungsi mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin dalam darah rendah, maka siklus tidur Anda menjadi terganggu. Cobalah berjemur di pagi hari, dan rasakan manfaat tidur anda menjadi pulas.

5. Mencegah Depresi

Paparan sinar matahari di pagi hari bisa mencegah Anda dari depresi. Jika tubuh sering terkena paparan sinar matahari pagi, kadar hormon serotonin di dalam tubuh akan meningkat, sehingga anda tidak mudah mengalami depresi.

6. Mengatasi Penyakit Kulit

Berjemur pagi hari ternyata mampu mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti psoriasis, eksim juga jerawat.

Namun sebelum Anda mencoba berjemur di bawah sinar matahari pagi, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai aturan dan lamanya waktu berjemur sesuai kondisi kulit Anda.

7. Tingkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat berjemur pagi hari dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, nutrisi dan oksigen akan lebih banyak dibawa menuju sel-sel saat pembuluh darah kapiler terbuka, sehingga anda akan merasakan tubuh lebih sehat dari biasanya.

8.  Detoksifikasi Tubuh

Terpapar sinar matahari dengan waktu yang tepat bisa menetralkan racun-racun pada tubuh. Sering terkena paparan sinar matahari juga yang mempu meningkatkan sirkulasi darah, akan membuat racun-racun dalam tubuh tereliminasi.

10.  Perbaiki Sistem Pencernaan

Khasiat berjemur di pagi hari yang terakhir yakni mampu memperbaiki sistem pencernaan dan memperkuat sistem metabolisme pada tubuh. Berjemur di bawaah sinar matahari dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan.

Kendati berjemur di bawah matahari pagi mempunyai berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh, namun para ahli mengingatkan agar tidak terlalu berlebihan. Karena terlalu sering terkena paparan matahari apalagi di waktu yang kurang tepat, bisa menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit.

Jika anda akan mencoba manfaat berjemur pagi hari, ada baiknya konsultasi dulu ke dokter, mengenai aturan dan lamanya waktu berjemur sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. (Jujang/R8/HR Online)