Jangan Dibuang, Manfaat Biji Rambutan Ampuh Obati Diabetes Hingga Cegah Kanker

Manfaat Biji Rambutan Ampuh Obati Diabetes Hingga Cegah Kanker
Manfaat biji rambutan ternyata baik untuk kesehatan, salah satunya ampuh untuk obati penyakit diabetes. Foto:Ist/Net

Tahukah anda, manfaat biji rambutan ternyata baik untuk kesehatan. Kedengarannya memang cukup menggelikan, namun faktanya memang biji rambutan mengandung berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan.

Buah rambutan merupakan buah paling dikenal di masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang punya pohon rambutan, baik di kebun atau depan rumah. Musim rambutan biasanya berbarengan.

Rasanya yang manis dengan daging buah yang cukup tebal, membuat hampir seluruh masyarakat menyukainya. Manfaat buah rambutan baik untuk kesehatan, seperti mengobati anemia, menurunkan kolesterol, diare, disentri hingga mengobati radang.

Selain buahnya, manfaat biji rambutan juga sama baiknya. Jika anda habis konsumsi rambutan, jangan buang bijinya. Coba kumpulkan lalu konsumsi. Biji buah rambutan berbentuk lonjong dan memiliki serat putih dan coklat pada bagian kulit luar bijinya.

Belum lama ini, sebuah studi baru menyebut biji rambutan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mencegah diabetes. Menurut hasil studi tersebut, biji rambutan setidaknya mengandung zat alami yang baik untuk kesehatan tubuh.

Biji rambutan mengandung protein, vitamin, karbohidrat dan juga lemak. Lalu apa sajakah manfaat biji rambutan untuk kesehatan?

Manfaat Biji Rambutan untuk Obat Berbagai Penyakit

1. Mencegah Diabetes

Biji rambutan tentu rasanya tidak sama dengan daging rambutan. Jika dagingnya manis, bijinya terasa pahit.

Manfaat biji rambutan dipercaya mampu mencegah diabetes. Karena pahit, anda bisa mengolah biji rambutan dengan cara menyeduh biji rambutan layaknya kopi. Anda cukup siapkan 3 sampai 5 butir biji rambutan, lalu sangrai dalam tungku hingga warnanya menjadi kecokelatan.

Kemudian anda haluskan biji rambutan dengan cara ditumbuk atau juga bisa diblender. Serbuk biji rambutan yang sudah halus lalu seduh dengan air panas, diamkan hingga dingin dan saring, lalu minum secara rutin.  Minumlah air tersebut 30 menit sebelum makan.

2. Mengatasi penyakit kencing manis

Manfaat biji rambutan selanjutnya yakni mampu mencegah dan mengatasi penyakit kencing manis. Penyakit kecing manis ditandai dengan kotornya air seni, hal ini karena saluran kemih anda bermasalah. Untuk menyembuhkan sakit kencing manis, cobalah konsumsi biji rambutan caranya sama dengan yang telah kita sampaikan diatas.

3. Anti bakteri

Biji rambutan ternyata memiliki sifat anti bakteri yang alami. Kandungan senyawa alami dalam biji rambutan ampuh mengusir berbagai jenis bakteri yang kerap menyerang tubuh dan menjadi penyebab sakit.

Manfaat biji rambutan juga baik untuk kesehatan saluran kemih Anda. Hal ini  karena biji rambutan mampu mengusir bakteri dan kuman yang mengendap pada aluran kemih.

4. Anti oksidan

Biji rambutan mengandung vitamin C yang berguna sebagai anti oksidan alami tubuh. Anti oksidan ini akan mampu mencegah radikal bebas, yang menjadi penyebab seseorang terkena berbagai penyakit. Dengan konsumsi biji rambutan, tubuh anda akan lebih kuat dan tahan terhadap serangan radikal bebas.

5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat biji rambutan yang tak kalah pentingnya yaitu mampu mencegah penyakit kanker. Sel kanker biasanya tumbuh akibat adanya kerusakan pada sel tubuh. Biji rambutan ternyata mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan, sehingga pertumbuhan sel kanker bisa ditahan.

6. Meningkatkan kemampuan imun tubuh

Imun pada tubuh harus terjaga. Hal tersebut agar anda tidak mudah terkena dan tertular penyakit. Konsumsi biji rambutan, akan mampu meningkatkan kekuatan imun pada tubuh sehingga anda tidak mudah terkena penyakit.

7. Mengobati Sariawan

Manfaat biji rambutan lainnya yakni mampu mengobati sariawan. Biji rambutan kaya akan kandungan vitamin C nya. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengobati beberapa penyakit musiman, seperti sariawan ataupun flu.

8. Melancarkan Pencernaan

Mengandung serat yang cukup tinggi, biji rambutan bisa anda konsumsi untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan anda.

Cara Megolah Biji Rambutan

1. Siapkan 3 sampai 5 biji rambutan dari buah rambutan yang sudah matang.

2. Bersihkan dengan air sampai bersih

3. Potong biji rambutan kecil-kecil

4. Lalu sangrai di tungku dengan api kecil

5. Setelah warna biji rambutan berubah kecokelatan, angkat biji yang sedang disangrai lalu dinginkan.

6. Kemudian tumbuk atau blender biji rambutan yang sudah sampai lembut dan halus.

6. Selanjutnya, seduh dengan air panas lalu dinginkan sampai ampasnya berpisah dari air.

7. Minum seduhan air biji rambutan tersebut 30 menit sebelum makan. Apabila anda penderita diabetes kronis, rutin minum ramuan ini setiap hari.

Nah, itulah beberapa manfaat biji rambutan yang telah kami lansir dari berbagai sumber. Luar biasa bukan?  Namun jika anda masih ragu-ragu untuk mengonsumsi biji rambutan, anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter, untuk menghindari kemungkinan lain. (Jujang/R8/HR Online)