Manfaat Buah Blewah yang Ampuh Atasi Maag, Asma Hingga Cerahkan Kulit

manfaat buah blewah
Ilustrasi manfaat buah blewah. Foto: Istimewa

Manfaat buah blewah sangat baik untuk pencernaan. Buah blewah sering dikonsumsi oleh umat muslim saaat berbuka puasa. Maka tak heran apabila buah ini begitu populer dan banyak dijual saat bulan Ramadhan. Bahkan menjadi menu utama saat takjil.

Buah yang berbentuk bulat lonjong seperti semangka ini berwarna oranye. Bentuknya juga unik mirip buah labu kuning, namun dengan kulit buah yang tebal dan bersekat. Daging buahnya tebal, lembut dan manis.

Blewah (cucumis melo var cantalupensis) termasuk tanaman buah yang cukup populer di Asia Tenggara utamanya untuk minuman. Selain rasanya yang enak, manfaat buah blewah juga karena kandungan gizinya.

Buah blewah mengandung protein, karbohidrat, asam folat, vitamin A B6, dan vitamin C. Buah ini juga kaya mineral kalium, magnesium, natrium, mangan, seng, tembaga, kobalt dan krom. Kandungan vitamin A dan C sangat tinggi.

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Banyak dan tingginya kandungan gizi buah ini tentunya sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Di bawah ini beragam manfaat buah blewah untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah blewah mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi kandungan beta-karoten dan fitokimia buah ini juga penting untuk menangkal radikal bebas.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah blewah juga karena kandungan serat dan fitokimianya yang berkhasiat dalam melancarkan pencernaan. Buah ini juga efektif membuang racun (detoksifikasi) dan menguatkan usus.

Menurunkan Kolestrol dan Tekanan Darah

Buah blewah juga mengandung kalium, potasium dan vitamin C yang berkhasiat mengontrol dan menurunkan tekanan darah serta kolestrol dalam tubuh. Makan buah ini berguna menjaga kesehatan jantung dan mengatasi hipertensi.

Meredakan Stres dan Depresi

Buah ini juga banyak mengandung kalium yang bisa memberikan efek relaksasi. Karena itu manfaat buah blewah sangat baik dikonsumsi untuk meredakan stres dan ketegangan syaraf.

Mengatasi Insomnia

Buah blewah juga diyakini bersifat sedatif sehingga bisa meredakan dan mengatasi insomnia. Makan buah segar ini sebelum tidur untuk mengatasi gangguan tidur dan bisa tidur dengan nyenyak.

Mengatasi Penyakit Asma

Manfaat buah blewah juga efektif untuk meredakan sakit asma. Kandungan vitamin C dan beta karoten buah ini sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi sesak nafas pada asma.

Menyembuhkan Sakit Maag

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat dan fito kimia dalam buah ini juga berkhasiat dalam meredakan sakit maag. Coba saja makan buah ini saat perut terasa sakit atau maag sedang kumat.

Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan asam folat dalam buah yang menyegarkan ini juga baik untuk ibu hamil. Karena itu konsumsi secara rutin agar memberikan manfaat buah blewah untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Tingginya kandungan vitamin A pada buah blewah berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi buah ini secara rutin bisa menangkal beragam gangguan mata dan mengatasi mata lelah.

Mencerahkan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Manfaat buah blewah untuk kecantikan karena kandungan vitamin C dan B yang penting untuk regenerasi sel kulit. Makan buah manis ini akan membuat kulit terlihat lebih segar, lebih sehat dan bisa mengatasi penuaan dini.

Mencegah Dehidrasi

Buah blewah juga kaya serat dan mineral yang berguna dalam mencegah dehidrasi tubuh. Karena itulah saat berbuka puasa sangat tepat minum es blewah. Termasuk saat cuaca panas atau sehabis berolahraga.

Itulah beragam manfaat buah blewah untuk kesehatan dan kecantikan. Mengkonsumi buah ini secara rutin sangat berguna untuk membuat tubuh selalu aktif dan jauh dari penyakit. (R9/HR-Online)