Kaya Gizi dan Nutrisi, Manfaat Buah Kelengkeng Bagus untuk Ibu Hamil

Kaya Gizi dan Nutrisi, Manfaat Buah Kelengkeng Bagus untuk Ibu Hamil
Buah kelengkeng kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Foto:Ist/Net

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Selain mengenyangkan, buah dengan nama latin dimocarpus ini kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Buah kelengkeng juga bagus dikonsumsi oleh wanita hamil.

Buah kelengkeng merupakan buah musiman yang memiliki rasa manis dan segar. Meski ukurannya  kecil, namun ternyata manfaat buah kelengkeng sangat banyak utamanya bagi kesehatan ibu hamil.

Buah kelengkeng ini memiliki berbagai nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan, diantaranya karbohidrat, serat makanan, tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, lemak, protein, zat besi dan magnesium. Lalu apa sajakah manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil:

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil

Siapa sih yang tidak kenal buah kelengkeng. Meski kecil, buah yang satu ini rasanya sangat manis dan memiliki daging yang kenyal. Berikut khasiat buah lengkeng untuk kesehatan:

1. Merangsang Nafsu Makan Ibu Hamil

Manfaat buah kelengkeng yang pertama yaitu mampu merangsang nafsu makan ibu hamil. Seorang ibu hamil biasanya kehilangan nafsu makan di trimester awal kehamilan. Jika ibu hamil tidak makan maka akan kekurangan nutrisi, dan akan berpengaruh buruk pada perkembangan bayi.

Untuk mengganti nutrisi saat hamil akibat ogah makan, cobalah konsumsi buah kelengkeng. Buah kelengkeng mengandung vitamin B12 yang dapat membantu merangsang nafsu makan ibu hamil. Kandungan senyawa fitokimia pada buah kelengkeng juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh Ibu Hamil

Manfaat buah kelengkeng kedua yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Biasanya seseorang yang tengah hamil tidak semangat, mudah lelah, lemas dan kecapean. Untuk itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah kelengkeng.

Buah kelengkeng ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sang Bumil. Mengandung vitamin A, C, glukosa serta surkosa, buah kelengkeng mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi kondisi lemah dan lesu saat hamil. Buah kelengkeng juga mengandung polifenol (antioksidan) yang dipercaya ampuh menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk dalam tubuh.

3. Atasi Insomia Ibu Hamil

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya yaitu dapat mengatasi insomia sang Ibu hamil. Dikenal nsebagai buah pencuci mulut, buah kelengkeng ternyata mampu memberikan efek rasa tenang, pada ibu hamil.

Setelah bumil mengonsumsi buah lengkeng, rasa gelisah, susah tidur dan sulit berkonsentrasi di masa kehamilan, akan berkurang bahkan hilang.

Manfaat buah kelengkeng ini didapat karena buah yang satu ini mengandung zat besi yang cukup tinggi dalam, sehingga mampu memprosuksi sel darah merah dengan baik, pada akhirnya akan menyerap dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Bagi bumil yang mengalami masalah insomia atau susah tidur, cobalah secara rutin mengonsumsi buah kelengkeng.

4. Atasi Masalah Pencernaan Saat Hamil

Selain baik untuk menambah nafsu makan ibu hamil, manfaat buah kelengkeng juga baik untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Biasanya ibu hamil kerap mengalami berbagai keluhan pada sistem pencernaanya seperti sakit maag dan sembelit.

Gangguan pencernaan pada ibu hamil bisa diatasi dengan rajin mengonsumsi buah kelengkeng. Buah kelengkeng ini cukup tinggi akan serat sehingga baik untuk melancarkan sistem pencernaan anda.

5. Sumber Kalsium yang Baik untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Mengandung kalsium, kalium dan zat besi, manfaat buah kelengkeng ternyata mampu menjaga kesehatan tulang ibu hamil beserta janinnya. Dengan sering mengonsumsi kelengkeng selama masa kehamilan, resiko osteoporosis ibu hamil akan bisa diminimalisir.

Itulah beberapa manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil. Namun ada baiknya konsumsi buah kelengkeng sewajarnya saja, jangan berlebihan ya bumil. Ini untuk menghindari berbagai efek samping yang mungkin bisa terjadi akibat terlalu berlebihan makan kelengkeng.

Manfaat Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah kelengkeng yang rasanya manis dan segar ini ternyata baik untuk kesehatan kulit anda. Orang Tiongkok, menjadikan kelengkeng sebagai buah yang wajib dikonsumsi untuk karena bisa membuat sehat kulit, dan mencegah penuaan dini.

2. Tingkatkan Stamina

Selain itu, orang Tiongkok percaya manfaat buah kelengkeng ternyata bagus untuk vitalitas pria dan wanita. Bahkan disana, wanita dianjurkan makan kelengkeng karena selain sehat juga baik untuk kepuasaan  segi seksual dan telah menjadi tradisi turun temurun sejak 2000 tahun yang lalu.

3. Membantu Program Diet

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang kandungan lemak dan proteinnya rendah. Anda yang tengah diet dianjurkan menjadikan kelengkeng sebagai menu makanan diet.

4. Menjadi Sumber Energi

Kendati mengandung lemak dan kalori yang rendah, manfaat buah kelengkeng ternyata baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal ini karena kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks.

7. Menyembuhkan Luka

Buah kelengkeng mengandung polifenol yang berperan menangkal radikal bebas. Dengan rajin mengonsumsi kelengkeng, luka yang ada pada tubuh akan cepat sembuh.

8. Mengurangi Stres

Manfaat buah kelengkeng terakhir yakni mampu mengurangi stres. Hal tersebut karena kelengkeng mengandung zat anti depresan. Dengan mengonsumsi buah kelengkeng akan mampu memberikan efek ketenangan saraf sehingga anda bisa terhindar dari rasa stres. (Jujang/R8/HR Online)