Manfaat Buah Strawberry, Si Cantik yang Kaya Khasiat

manfaat buah strawberry
Ilustrasi manfaat buah strawberry. Foto: Istimewa

Manfaat buah strawberry ternyata jauh lebih hebat dari rasanya yang dikenal memang sangat enak. Apalagi buah strawberry termasuk amat populer dan sangat disukai semua orang dari berbagai usia. Namun di balik kepopulerannya ternyata tersimpan yang khasiat untuk kesehatan.

Buah strawberry memiliki bentuk dan warna yang imut dan cantik. Cita rasanya yang asam manis juga sangat enak dimakan langsung dalam bentuk segar. Buah ini juga nikmat untuk dibuat es buah, minuman jus atau untuk salad.

Buah strawberry juga dikenal dengan nama stroberi, stroberi kebun, ataupun arbei. Buah yang masuk dalam keluarga Rosaceae termasuk jenis buah yang paling populer di dunia selain apel.

Selain rasanya yang enak, manfaat buah strawberry juga karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini kaya kalori, protein, karbohidrat, kaya serat, rendah lemak dan rendah gula.

Kandungan buah strawberry juga kaya vitamin A, C, E, K, B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (panthothenic acid), B6 (pyridoxine), B9 (folat), kalsium, fosfor, magnesium, kalium, zat besi, seng (zinc) dan sodium.

Manfaat Buah Strawberry bagi Kesehatan Tubuh

Buah strawberry banyak dimanfaatkan juga untuk dibuat minuman instan, selai, olahan kue dan makanan lainnya. Berikut ini beragam manfaat buah strawberry bagi kesehatan tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Makan buah strawberry sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat maupun nutrisinya akan membantu mengatasi kontipasi, radang usus dan gangguan pencernaan lainnya.

Menurunkan Berat Badan

Strawberry yang kaya serat sangat baik untuk dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Apalagi buah ini juga rendah kalori, rendah lemak dan gula sehingga bisa meningkatkan efektivitas program diet.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah strawberry juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh. Buah ini kaya vitamin C dan antioksidan yang sangat berkhasiat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium dalam strawberry sangat baik untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah. Makan buah cantik ini setiap hari mampu menurunkan dan menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah strawberry juga efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin maupun mineralnya sangat baik untuk menghalau kolesterol jahat dan mencegah peradangan.

Menangkal Radang dan Alergi

Buah imut ini ternyata juga berkhasiat dalam menangkal berbagai gangguan peradangan maupun alergi. Makan buah merah ini bisa menghindarkan Anda dari berbagai radang sendi, encok dan peradangan lainnnya.

Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil juga sangat baik. Kandungan asam folat, vitamin B, dan zat besi dalam buah ini sangat dibutuhkan ibu yang sedang hamil. Buah ini juga baik untuk otak bayi dan mencegah bayi lahir cacat.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Makan buah strawberry juga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan vitamin dan mineralnya efektif mengikis plek pada gigi sekaligus membuat gigi lebih putih dan mulut lebih segar.

Menghaluskan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Nutrisinya juga memberikan manfaat buah strawberry untuk kulit. Selain kandungan vitamin C dan E, kandungan mineralnya juga efektif untuk membuat kulit lebih halus, kulit lebih sehat dan mencegah penuaan dini.

Mengusir Jerawat

Buat Anda yang ingin memiliki wajah yang bebas jerawat, kenapa tak mencoba menggunakan buah manis asam ini? Strawberry yang mengandung vitamin E dan C sangat baik digunakan sebagai masker untuk mengusir jerawat wajah.

Itulah segudang manfaat buah strawberry untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Makan buah ini secara rutin akan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit sekaligus membuat Anda tampak cantik dan sehat. (R9/HR-Online)

Loading...