Kerap Dianggap Mistis, Manfaat Bunga Kantil Ternyata Ampuh Atasi Vertigo Hingga Perut Kembung

Kerap Dianggap Mistis, Manfaat Bunga Kantil Ternyata Ampuh Atasi Vertigo Hingga Perut Kembung
Kerap dianggap mistis, manfaat bunga kantil ternyata ampuh atasi vertigo hingga perut kembung. Foto:Ist/Net

Tahu bunga kantil? Bunga yang kerap dikaitkan dengan hal berbau mistis ini, ternyata memiliki banyak manfaatnya. Manfaat bunga kantil, tak hanya digunakan sebagai syarat ritual mistis semata, namun juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Gak percaya kan? Memang selama ini bunga kantil atau cempaka putih ini dianggap tanaman horor oleh masyarakat Indonesia. Betapa tidak, pohon kantil yang memiliki nama latin michelia alba ini tumbuh di area pemakaman.

Meski bunganya harum, namun biasanya orang Indonesia akan merinding ketika mencium bau bunga kantil. Bahkan dalam film horor jaman dulu, Suzzana kerap berakting dengan mengemil kembang atau bunga kantil. Walau kerap dianggap mistis, manfaat bunga kantil ternyata baik untuk kesehatan, salah satunya bisa mengatasi vertigo dan perut kembung.

Namun sebelum kita bahas apa saja manfaat kembang kantil untuk kesehatan, kita akan bahas dulu mitos yang selama ini beredar di masyarakat tentang bunga kantil. Bunga kantil pohonnya bisa tumbuh hingga puluhan meter dengan batang kayu cukup besar, berdaun tunggal dan memiliki bungan putih dengan kelopak kecil, lancip dan panjang. Pohon kantil tidak berbuah, namun pada rantingnya ditumbuhi bulu-bulu halus berwarna keabuan.

Mitos yang Beredar di Masyarakat Tentang Bunga Kantil

  1. Syarat Pelet

Manfaat daun kantil dipercaya orang Indonesia bisa menjadi sarana dan syarat pelet. Kembang kantil biasanya dijadikan salah satu susuk untuk membuka aura kecantikan atau ketampanan seseorang. Dengan bunga kantuil ini, wanita atau pria yang diincar akan takluk dalam pelukan si pemelet.

Seorang wanita atau pria yang sudah terkena pelet akan terus menerus mengingat orang yang menjampi-jampinya. Itu sebabnya nama kantil sendiri diambil dari Bahasa Jawa, yakni kemantil- mantil yang artinua selalu teringat.

2. Menjadikan Awet Muda

Beberapa masyarakat masih percaya, manfaat bunga kantil bisa membuat awet muda. Bunga kantil biasanya dimakan mentah-mentah oleh orang yang percaya mitos tersebut. Dalam film horor, Suzzana sering sekali memakan buah kantil mentah-mentah. Mitos memakan bunga kantil mentah bisa membuat awet muda masih dipercaya beberapa masyarakat di Indonesia.

3. Pohon Kantil Jadi Rumah yang Disukai Makhluk Halus

Banyak orang yang masih percaya, bahwa pohon kantil merupakan salah satu pohon yang disukai bangsa lelembut untuk ditinggali. Makhluk halus kerap menghuni pohon kantil, dan itu dipercaya masyarakat. Makanya, banyak orang yang merasa takut apabila malam-malam melintas ke jalan yang ada pohon kantilnya.

4. Penangkal Sawan

Manfaat bunga kantil dipercaya orang dulu bisa menyembuhkan atau menangkal sawan atau saben. Sawan merupakan fenomena aneh, biasanya menimpa bayi dan anak kecil. Anak yang kena sawan biasanya terus-terusan menangis. Suhu tubuhnya pun akan naik tanpa ada penyebab jelas.

Fenomena sawan ini kerap dihubungkan dengan adanya makhluk ghaib yang menempel pada anak tersebut. Beberapa orang percaya, makhluk gaib biasanya menempel ke anak setelah anak tersebut mendatangi tempat tertentu seperti kuburan atau rumah orang yang baru meninggal.

Manfaat bunga kantil di sini bisa digunakan untuk menangkal sawan. Itulah sebabnya pohon kantil kerap ditanam di sekitar pemakaman dan bunganya ditaburkan di pusara orang yang baru saja meninggal. Beberapa orang percaya, dengan begitu makhluk gaib tak akan ikut pulang dengan para pengantar jenazah terutama anak-anak.

5. Bisa Dipakai untuk Tes Teperawanan

Mengggelikan memang mendengarnya. Namun, orang dulu percaya, untuk mengetes seorang wanita masih perawan atau tidak yaitu dengan menggunakan bunga kantil. Berdasarkan cerita rakyat Jawa kuno, bunga kantil bisa memberi tanda seorang wanita itu masih perawan atau sudah tidak.

Caranya cukup mudah, wanita yang akan di tes keperawannya tinggal dikalungi kembang kantil. Jika kembangnya tidak lagi wangi dan mulai mekar, artinya wanita itu sudah tidak perawan. Sebaliknya, jika bunga kantil masih kuncup dan wanginya tidak hilang, artinya dia masih perawan.

Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan

Walau memiliki aura mistis yang cukup tinggi, namun manfaat bunga kantil juga cukup banyak untuk kesehatan tubuh anda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kembang kantil untuk kesehatan:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan dan Perut Kembung

Anda yang menderita gangguan pencernaan seperti sakit maag, perut mual, perut kembung dan masalah lambung lainnya cobalah meracik dan mengonsumsi ramuan berbahan bunga kantil. Pertama-tama, siapkan 5 kuntum kembang kantil, 3 butir kapulaga, 5 gram kulit jeruk keprok kering, 15 gram jahe dan 700 mili liter air. Rebus semua bahan tersebut hingga air berkurang sampai 300 ml. Saring rebusan bahan-bahan herbal tersebut lalu minum ketika sudah dingin.

2. Bisa Mengobati Vertigo

Manfaat bunga kantil kedua yakni bisa mengobati seseorang yang mengalami vertigo. Vertigo merupakan kondisi dimana kepala terasa sangat sakit dan merasa sekililingnya berputar. Untuk mengobati vertigo, anda cukup merebus 5-7 kuntum bunga kantil kering, dengan 500 ml air bersih. Rebus beberapa lama hingga airnya berkurang separuhnya. Lalu air rebusan tersebut saring dan minum selagi hangat atau sudah dingin.

3. Menyembuhkan Batuk

Bunga kantil juga bisa menjadi salah satu ramuan obat batuk alami. Caranya ambil 5 kuntum bunga kantil,  jahe dan kulit jeruk mandarin kering. Rebus semua bahan tersebut hingga airnya berkurang separuhnya. Saring lalu minum secara rutin agar batuk yang anda derita bisa segera hilang. Agar lebih sehat, anda juga bisa mencampurkan madu pada rebusan bunga kantil tersebut.

4. Bunga Kantil Sebagai Pewangi Rambut

Manfaat bunga kantil selanjutnya ternyata bagus untuk mengharumkan rambut anda. Beberapa orang masih sering menempelkan bunga kantil pada rambutnya sebagai hiasan. Ada juga yang diselipkan diatas telinga. Selain jadi hiasan, bunga kantil yang disimpan di rambut atau telinga akan membuat rambut harum. Namun apakah anda berani mencobanya? Hayoo…

5. Mengurangi Bau Badan Berlebih

Selain mengharumkan rambut, bunga kantil juga bisa digunakan untuk memberantas aroma tidak sedap pada badan. Agar bau badan anda hilang, anda cukup merebus kembang kantil lalu air rebusan pakai untuk mandi atau bisa juga diminum.

6. Melancarkan Haid dan Mengurangi Keputihan

Manfaat bunga kantil yang terakhir yakni bisa melancarkan haid dan mengurangi keputihan. Biasanya haid yag tidak lancar akibat kelelahan atau stres. Sementara keputihan berasal dari infeksi jamur pada bagian intim. Kedua permasalahan tersebut bisa anda atasi lewat manfaat bunga kantil.

Caranya mudah, anda cukup menyediakan sekitar 30 gram bunga kantil yang sudah dikeringkan, 60 gram jahe, 15 gram kulit delima kering lalu rebus dalam air panas secukupnya. Setelah itu saring air rebusan tersebut lalu dinginkan dan minum.

Itulah beberapa manfaat bunga kantil yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Namun, bila anda masih ragu-ragu untuk menggunakan kembang kantil sebagai ramuan alami, cobalah berkonsultasi dulu dengan dokter. Terimakasih! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...