Manfaat Bunga Lavender Tak Hanya untuk Usir Nyamuk

Manfaat bunga lavender
Ilustrasi manfaat bunga lavender. Foto: Istimewa

Banyak orang yang mengenal manfaat bunga lavender untuk mengusir nyamuk. Namun siapa sangka jika aromanya yang wangi membuat bunga lavender bisa berkhasiat memberikan efek relaksasi yang menenangkan.

Lavender (Lavandula spica) adalah tanaman berbunga tahunan yang masuk dalam suku Lamiaceae. Tumbuhan yang berasal dari kawasan Meditrania kemudian menyebar di Eropa hingga Amerika.

Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan lavendel atau lavandula. Istilah lavender itu sendiri merupakan bahasa latin dari kata Lavo atau Lavare yang artinya sarana untuk mencuci atau membersihkan.

Selama ini manfaat bunga lavender telah digunakan di industri kosmetik, makanan, hingga untuk obat nyamuk. Sejumlah negara juga memanfaatkan tanaman ini untuk penyedap masakan.

Tanaman lavender juga lama dikenal sebagai herbal dalam pengobatan tradisional. Sejumlah riset menemukan kandungan tanaman ini yang sangat baik untuk kesehatan, khususnya kandungan kimianya.

Lavender kaya dengan minyak atsiri dengan aroma khas lavender yang berwarna kuning bening. Kandungan kimia dalam minyak atsiri lavender juga terbilang beragam, seperti linalyl acetate, linalool, lavendulyl acetate, lavandulol, dan camphor.

Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

Kandungan minyak atsiri lavender yang banyak sangat berguna untuk kehidupan manusia. Di bawah ini berbagai manfaat bunga lavender untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Mengobati Luka dan Gigitan Serangga

Kandungan kimia dalam minyak lavender sangat ampuh dalam menyembuhkan luka maupun karena gigitan serangga. Tinggal oleskan saja minyak lavender pada kulit yang sakit. Namun minyak herbal ini sebaiknya tidak digunakan untuk bayi.

Ampuh Mengusir Nyamuk

Manfaat bunga lavender untuk mengusir nyamuk sangatlah populer. Banyak penelitian yang membuktikan minyak bunga lavender mampu mengumpulkan reseptor kimia pada antena nyamuk, sehingga tak akan mengganggu tidur kita.

Mengusir Jerawat yang Membandel

Minyak bunga lavender ternyata juga efektif untuk mengatasi jerawat yang banyak dialami remaja. Sifat anti-inflamasi dan antiseptik dalam minyak atsiri lavender mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Menguatkan Rambut dan Mengatasi Ketombe

Manfaat bunga lavender juga telah digunakan dalam pembuatan shampo. Hal ini karena kandungan kimianya sangat baik dalam melindungi rambut dari kerontokan sekaligus menguatkan akar rambut dan mengusir ketombe.

Mengatasi Stress dan Depresi

Minyak atsiri lavender ternyata bersifat menenangkan. Minyak ini sangat baik untuk pemijatan tubuh dan perawatan tubuh. Tinggal lulurkan saja minyak herbal ini sambil memijit tubuh yang lelah agar segar kembali.

Anda juga bisa memetik beberapa tangkai bunga lavender untuk diletakkan di ruang keluarga atau kamar tidur sebagai aroma terapi. Baunya yang harum sangat menenangkan dan memberikan efek relaksasi.

Menyembuhkan Insomnia

Manfaat bunga lavender yang menenangkan juga sangat berguna untuk mengatasi insomnia. Minum saja teh bunga lavender sebelum tidur yang akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Mengatasi Eksim

Senyawa kimia dalam minyak bunga lavender juga ampuh dalam mengatasi eksim. Selain meredakan rasa gatal akibat penyakit kulit ini, herbal ini juga mampu mencegah serangan penyakit eksim.

Manfaat Bunga Lavender untuk Kecantikan

Masih banyak manfaat bunga lavender lainnya khususnya untuk kecantikan. Diantaranya bisa sebagai parfum alami yang wangi dan menyehatkan, sebagai kondisioner rambut, maupun sebagai toner untuk perawatan kulit.

Mengatasi Kembung dan Mual

Senyawa kimia dalam minyak lavender juga ampuh dalam mengatasi rasa mual dan mabuk perjalanan. Kandungan polifenol-nya juga efektif mengusir bakteri yang menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat bunga lavender untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk memudahkan dalam memanfaatkan tanaman herbal ini Anda bisa menanamkan di halaman rumah. (R9/HR-Online)