Manfaat Bunga Telang, Kembang Cantik yang Ampuh untuk Detoksifikasi Tubuh

Manfaat Bunga Telang
Ilustrasi Manfaat Bunga Telang. Foto: Istimewa

Masyarakat sebenarnya telah lama mengenal manfaat bunga telang untuk mengobati berbagai penyakit. Namun karena bunga telang yang cantik ini lebih sering digunakan sebagai tanaman hias membuat jarang digunakan sebagai herbal untuk pengobatan.

Bunga telang (Clitoria ternatea) merupakan jenis tanaman merambat yang masuk dalam keluarga polong-polongan. Tumbuhan asal Asia tropis ini cukup banyak ditemukan di pekarangan rumah. Bunganya berwarna biru, ungu, merah muda dan putih.

Bunga telang juga populer dengan sebutan kembang telang atau teleng. Tanaman ini juga populer di Asia sebagai aparajita (Hindi) atau dok anchan (Thailand). Dalam bahasa Inggris disebut blue pea vine, butterfly pea atau pigeon wings.

Di beberapa negara tetangga, manfaat bunga telang ini untuk pewarna kue atau makanan. Masyarakat Thailand juga menggunakannya sebagai teh dan minuman penyegar berwarna biru.

Tanaman bunga telang juga diketahui sangat kaya dengan kandungan farmakologis. Kandungannya diantaranya saponin, tanin, triterpenoid, plobatanin, flavonoid, fenol, steroid, alkaloid, antosianin, antrakuinon, flavonol glikosida, minyak esensial dan stigmas-4-ena-3,6-dion.

Tak sedikit penelitian yang menemukan kandungan fitokimia herbal ini yang bersifat antioksidan, anti inflamasi, antikanker, antimikrobial, antisida, antipiretik, analgesik dan bersifat antidiabetik.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

Bentuk bunganya yang cantik dan kandungan nutrisinya membuat tanaman ini berguna untuk dikonsumsi. Berikut ini berbagai manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tanaman kembang telah juga diketahui mengandung seyawa antosianin, flavonoid dan senyawa fenolik yang bersifat antioksidan. Flavonoid ini juga bersifat anti inflamasi yang sangat baik untuk imunitas tubuh.

Mengobati Bisul (Abses)

Kembang telang telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan bisul atau abses. Masyarakat dulu sering menumbuk bunga biru ungu ini dengan gula aren untuk dibalurkan pada tubuh yang sakit.

Mengatasi Bronkitis

Manfaat bunga telang juga ampuh dalam mengatasi radang saluran pernapasan dan bronkitis. Caranya dengan merebus 30 gram bagian akar tanaman ini dengan 4 gelas air sampai tersisa setengahnya dan minum.

Detoksifikasi Tubuh

Minuman teh yang dibuat dari bunga talang juga berkhasiat dalam mengusir racun dari dalam tubuh. Ambil beberapa kuncup bunga telang biru lalu seduh dengan air panas. Tambahkan madu agar lebih enak dan minum airnya.

Mengatasi Gangguan Seksual Wanita

Selain itu manfaat bunga telang juga diyakini ampuh dalam mengatasi kram menstruasi atau infertilitas. Senyawa aktif dalam herbal ini juga baik digunakan untuk mengatasi gangguan seksual pada perempuan.

Menyembuhkan Batuk dan Asma

Masyarakat juga sering menggunakan bagian akar tanaman kembang telang untuk mengobati batuk rejan (pertusis). Senyawa elektrolit dalam serbuk akar herbal ini juga efektif untuk menyembuhkan penyakit asma.

Melancarkan Haid dan Mengatasi Darah Kotor

Ramuan herbal tanaman bunga telang juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk melancarkan haid. Minuman teh bunga biru ini juga bermanfaat untuk membersihkan darah kotor.

Menghitamkan Rambut

Manfaat bunga telang juga baik untuk perawatan rambut, baik untuk menghitamkan maupun menguatkan akar rambut. Gunakan saja tumbukan bagian bunganya yang cantik untuk dijadikan sebagai shampo.

Melancarkan Kencing

Kandungan fitokomia bunga telang yang bersifat diuretik juga berkhasiat dalam melancarkan urin. Minum rebusan akar bunga telang yang telah dikeringkan dan sangat berguna untuk menyembuhkan gangguan buang air kecil.

Menyembuhkan Luka

Luka yang disebabkan karena jatuh, terkena benda tajam, atau akibat lecet juga bisa disembuhkan dengan herbal berkhasiat ini. Kandungan fitokimianya juga efektif untuk mencegah infeksi.

Itulah beragam manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh maupun mengobati berbagai jenis penyakit. Gunakan herbal ini untuk kondisi darurat sebelum berobat ke dokter. (R9/HR-Online)

Loading...