Manfaat Chia Seed, Superfood Ajaib untuk Jalani Gaya Hidup Sehat

manfaat chia seed
Ilustrasi manfaat chia seed. Foto: Istimewa

Manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh kini mulai dikenal berbagai kalangan, bahkan tak sedikit orang penasaran ingin mengetahui khasiatnya. Chia seed kabarnya merupakan superfood yang makin disukai orang dalam menjalani gaya hidup sehat.

Chia seed atau biji chia diperoleh dari tanaman Chia (salvia hispanica) yang asalnya dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tumbuhan dari keluarga mint (Lamiaceae) ini mirip biji selasih sehingga banyak yang salah paham.

Menurut sejumlah referensi, termasuk dari Wikipedia disebutkan jika biji chia merupakan herbal yang telah digunakan suku Maya dan Aztec untuk menguatkan kekebalan tubuh.

Manfaat chia seed untuk kesehatan terutama karena kandungan nutrisinya yang terbilang lengkap. Karena itulah herbal ini juga dikatakan sebagai superfood karena manfaatnya yang begitu besar.

Seperti dikutip dari USDA National Nutrient, chia seed mengandung energi, protein, karbohidrat, asam folat, niasin, riboflavin, thiamin, vitamin A, C, dan vitamin E. Herbal ini juga kaya omega dan antioksidan.

Biji chia juga mengandung beragam mineral dan elektrolit seperti kalsium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, seng, fosfor, selenium, sodium dan kalium. Biji ini juga kaya serat makanan namun tidak mengandung kolesterol.

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Akhir-akhir ini makin banyak riset dilakukan terhadap kandungan biji chia dan manfaatnya untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat chia seed untuk kesehatan tubuh yang layak dikatakan sebagai superfood.

Mencegah Penyakit Jantung

Chia seed menjadi populer karena kabar kandungan omega 3 yang berkhasiat dalam menurunkan kolesterol. Karena itu konsumsi makanan ini berguna untuk mencegah gangguan jantung dan mencegah tekanan darah tinggi.

Menangkal Kanker

Kandungan omega 3 chia seed lebih banyak dibandingkan ikan salmon. Manfaat chia seed untuk kanker juga karena asam linoleat (ALA) yang bersifat anti-inflamasi untuk mencegah stroke, kanker payudara, prostat dan usus besar.

Menjaga Metabolisme dan Memulihkan Energi

Chia seed juga kaya dengan kandungan vitamin B, magnesium, zat besi, seng yang berkhasiat memulihkan energi tubuh. Makanan ini juga dapat mengoptimalkan fungsi metabolisme tubuh.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat chia seed juga dari kandungannya yang kaya kalsium dan fosfor. Nutrisi ini sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi serta meredakan gangguan nyeri sendi.

Mengontrol Gula Darah dan Diabetes

Biji chia juga ampuh dalam menjaga kadar gula darah sekaligus bisa meredakan penyakit diabetes. Karena itu penderita diabetes disarankan mengonsumsi hebal ini yang juga ampuh menekan tekanan darah.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat chia seed juga dikenal ampuh sebagai pencahar alami. Terlebih dengan kandungan seratnya yang berkhasiat mengobat sembelit, diare, gangguan BAB dan gangguan pencernaan.

Meningkatkan Mood dan Mengatasi Insomnia

Superfood ini juga dikenal berkhasiat dalam meningkatkan mood dan meningkatkan gairah. Sifat makanan ini yang menenangkan juga sangat baik dikonsumsi sebelum tidur untuk mengatasi insomnia.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat chia seed juga karena kandungan serat makanan yang berguna untuk mendukung program diet. Karena itu makanan ini sebaiknya dimasukkan dalam menu diet Anda untuk menurunkan berat badan.

Membuat Kulit Lebih Cerah

Kandungan asam lemak omega 3 membuat chia seed juga berkhasiat menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan. Kandugan omega 3 juga berguna membuat kulit wajah makin cerah dan kencang.

Mengatasi Dislipidemia

Manfaat chia seed juga ampuh mengatasi dislipidemia, yaitu gangguan metabolisme lipid karena naiknya trigliserida dan rendahnya kolesterol-HDL. Minum chia seed mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Baik untuk Minuman Kebugaran

Minuman biji chia juga sangat baik untuk Anda yang senang berolahraga atau fitnes. Selain untuk mengembalikan kebugaran tubuh, minuman ini juga berguna untuk membuat tubuh tidak lemas.

Itulah beragam manfaat chia seed untuk kesehatan yang sangat baik. Mengkonsumsi makanan ini akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran serta menjauhkan dari beragam penyakit. (R9/HR-Online)