Jangan Malas, Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur Bisa Usir Jerawat dan Kerutan Lho!

Jangan Malas, Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur Bisa Usir Jerawat dan Kerutan Lho!
Mencuci muka sebelum tidur tak hanya membuat wajah bersih, namun juga bisa memberikan berbagai efek baik untuk kesehatan kulit wajah anda. Foto:Ist/Net

Manfaat cuci muka sebelum tidur tak hanya membuat wajah bersih, namun juga bisa memberikan berbagai efek bagus untuk kulit wajah anda. Beraktivitas seharian di bawah terik matahari dan terpaan debu-debu jalan mungkin sangat melelahkan, dan membuat wajah anda kusam dan kotor.

Maka dari itu jangan lupa, sebelum anda tidur baiknya mandi dulu atau cuci muka. Mencuci muka sebelum tidur ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah.

Manfaat cuci muka sebelum tidur salah satunya bisa mencegah kemunculan jerawat dan kerutan di wajah. Tidak percaya? Nanti kita bahas satu persatu apa saja manfaatnya cuci muka sebelum tidur.

Dalam islam, mencuci wajah sebelum tidur yang dimaksud adalah berwudhu. Nabi besar Muhammad SAW juga menganjurkan umatnya berwudhu sebelum tidur. Hal tersebut dikatakan Rasul dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibrnu Hibban dari Ibnu Umar RA.

Dalam hadistnya, Rasulullah SAW mengatakan, “Barangsiapa yang tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudu), maka para malaikat akan tetap mengikutinya. Saat ia bangun, niscaya malaikat itu akan berdo’a. Ya Allah ampunilah hamba mu sifulan, sebab dia tidur di malam hari dalam keadaan suci”.

Selain menurut hadist Rasululloh SAW, manfaat mencuci muka sebelum tidur memang baik untuk kesehatan wajah, hal tersebut juga dibenarkan sejumlah pakar kesehatan di dunia. Selain mencuci muka, kita dianjurkan mencuci mulut, tangan dan kaki. Hal tersebut ternyata serupa dengan aktivitas wudhu bagi umat muslim.

Secara jasmani, memang manfaat wudhu sebelum tidur akan mempu menenangkan otot-otot wajah. Kedua dengan berwudhu wajah kita akan lebih cerah, karena saat wudhu kotoran dalam wajah akan hilang terbawa air.

Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur untuk Kesehatan Wajah

Mencuci muka memang menjadi salah satu kebiasaan kita semua, apalagi umat islam. Umat islam sedikitnya akan melakukan cuci muka lima kali sehari, sesuai dengan waktu ibadah solat.

Lalu, apa sajakah manfaat mencuci muka sebelum tidur? Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami rangkum manfaat cuci muka sebelum tidur:

1. Mengurangi Risiko Munculnya Jerawat di Wajah

TCL

Selain memberikan efek bersih pada wajah, mencuci muka sebelum tidur akan mengurangi resiko munculnya jerawat pada wajah Anda. Seharian beraktivitas, tentu minyak, debu, dan kotoran akan mudah menempel pada wajah anda. Belum lagi, wajah yang terkena sentuhan tangan anda.

Biasanya pada tangan akan menempel kuman-kuman yang akan dengan mudah berpindah ke kulit wajah, saat anda menyentuh bagian wajah. Jika anda biarkan dan tidak mencuci wajah, maka kuman tersebut berpotensi menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Manfaat cuci muka sebelum tidur pada malam hari akan mengurangi bakteri dan minyak berlebih yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Dapat Mengurangi Kerutan Pada Wajah

Dengan rutin mencuci muka sebelum tidur, kerutan di wajah kita akan semakin berkurang. Kulit wajah menjadi keriput terjadi karena seringnya terkena paparan sinar UV. Jika keseringan terpapar sinar UV, maka wajah anda akan keriput dan mengalami penuaan dini.

Hal tersebut karena sinar UV, mampu memecah jaringan ikat kulit pada wajah, seperti kolagen dan elastin yang terletak pada lapisan kulit wajah bagian dalam. Apabila jaringan ikat kulit terpecah, kulit wajah anda akan kehilangan fleksibilitas dan rentan mengalami kerutan.

Selain itu, radikal bebas juga mengganggu kesehatan kolagen pada wajah. Nah, manfaat cuci muka sebelum tidur, akan menangkal radikal bebas yang menempel pada kulit. Sehingga kerutan di wajah anda akan bisa diminimalisir.

3. Membantu Melembapkan Kulit Wajah

Meski kulit wajah sering terkena debu, kotoran, polusi dan paparan sinar UV di siang hari , namun kulit akan secara alami memperbaiki dan memulihkan dirinya saat kita terlelap tidur di malam hari.

Manfaat cuci muka seelum tidur di malam hari akan membantu mengendalikan kerusakan kulit wajah. Selain itu, mencuci muka malam hari akan menghilangkan efek dari produk perawatan wajah semisal pelembap wajah.

Menggunakan pelembap wajah sesudah kita mencuci muka, akan membuat kulit kita terhindar dari kekeringan. Pelembap wajah yang digunakan pada malam hari akan secara maksimal menyerap ke dalam kulit, sehingga anda akan terhindar dari efek jelek pelembap.

4. Mencegah Infeksi Mata

Manfaat cuci muka sebelum tidur yang terakhir yakni mampu mencegah terjadinya infeksi pada mata. Jika anda selalu malas mencuci wajah sebelum tidur, anda akan berpotensi terkena infeksi pada mata.

Ahli Dermatologi dari New York dr. Eric Schweiger, dalam sebuah terbitan Huffpost menyebut, efek samping bisa muncul apabila anda jarang mencuci muka sebelum tidur. Apalagi bagi anda kaum perempuan yang biasa memakai maskara dan eyeliner. Jika anda tidak menghapus maskara dan eyeliner sebelum tidur, mata anda bisa saja terkena infeksi.

Hal tersebut bisa terjadi karena riasan mata bisa masuk ke mata, ketika Anda menggosok mata saat terlelap tidur. Itu akan berakibat pada iritasi yang terjadi pada kelopak mata. Iritasi ini jika dibiarkan akan menyebabkan infeksi bahkan lebih parahnya menimbulkan benjolan kecil pada kelopak mata.

Mencuci muka sebelum tidur akan menghindarkan anda dari berbagai kemungkinan buruk yang terjadi karena efek samping pengaruh riasan mata, seperti maskara atau eyeliner.

Nah itulah beberapa manfaat cuci muka sebelum tidur yang bisa kami sampakan. Mulai saat ini, usir rasa malas dan biasakan diri anda untuk mencuci wajah sebelum tidur. Jika Anda masih- ragu-ragu, berkonsultasilah dulu dengan dokter atau ahli dermatologi untuk menentukan perawatan kulit apa yang cocok diterapkan untuk kulit wajah Anda. Terima kasih! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...