Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Harendong, Ampuh Cegah Keputihan dan Haid Berlebih

Manfaat Daun Harendong, Ampuh Cegah Keputihan dan Haid Berlebih

Manfaat daun harendong ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Daun harendong mungkin terdengar familiar di kalangan masyarakat sunda atau Jawa Barat. Harendong merupakan tanaman perdu yang mudah kita jumpai di seluruh Indonesia.

Di daerah lain, daun harendong dikenal dengan nama senggani, senduduk dan cengkodok (daerah Kalimatan Barat, melayu), kluruk (Jawa), ndusuk (Bahasa Manggarai, Flores), kemanden (Madura), kedebik (Bangka) dan yeh mu tan (China).

Siapa sangka, daun harendong yang berbentuk oval dengan tekstur kasar ini ternyata merupakan salah satu tanaman herbal, yang kerap digunakan orang zaman dulu, untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Lalu apa sajakah manfaat daun harendong untuk kesehatan?

Sebelum kita bahas manfaatnya, terlebih dahulu akan kita bahas tanaman harendong. Harendong adalah tanaman perdu tegak biasanya tumbuh dengan tinggi 0,5m – 4m. Harendong ini tanaman yang bercabang banyak, biasanya tumbuh di lahan yang terpapar sinar matahari, seperti di lereng gunung, semak belukar, lapangan yang tidak gersang, atau ditanam di daerah yang berad di ketinggian 1.650 di atas permukaan laut.

Manfaat daun harendong untuk kesehatan didapat lantaran tanaman ini mengandung  kandungan kimia alami antara lain saponin, tanin dan flavonoid. Masyarakat sunda memanfaatkan daun harendong sebagai obat penyembuhan alami.

Manfaat Daun Harendong untuk Kesehatan

Daun Harendong diklasifikasikan sebagai salah satu daun herbal yang memiliki kandungan alami di untuk mengatasi dan mencegah berbagai jenis penyakit. Apabila anda mengalami keluhan beberapa penyakit, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi daun harendong.

Harendong sangat mudah dijumpai di perdesaan. Biasanya tumbuh di kebun warga. Anda pun bisa menanam sendiri pohon harendong di halaman atau pekaranga rumah. Selain manfaat daun harendong baik untuk mengobati penyakit, konsumsi daun harendong akan membuat badan anda lebih sehat dan kuat.

1. Mencegah Keputihan

Keputihan menjadi hal yang cukup menyebalkan bagi wanita. Keputihan kerap menjadi masalah yang diderita wanita, akibat berbagai faktor seperti stres dan kurangnya menjaga kebersihan serta asupan makanan. Jika anda seorang wanita yang sering mengalami keputihan, anda perlu mencoba konsumsi daun harendong.

Untuk mencoba manfaat daun harendong, anda cukup menyiapkan segenggam daun harendong, bengle, dan sepotong jahe. Bersihkan dan potong-potong. Rebus dengan air secukupnya hingga matang. Tunggu sampai dingin dan saring lalu minum secara rutin dua kali sehari.

2. Menstruasi Berlebihan

Daun harendong bisa digunakan untuk anda yang sering mengalami menstruasi atau haid berlebih. Hadi berlebih sangat menganggu aktivitas anda, karena akan terasa becek dan tdak nyaman pada bagian mrs V. Cobalah minum rebusan daun harendong, caranya sama seperti yang diatas.

3. Mengatasi Nyeri

Manfaat daun harendong lainnya yaitu ampuh mengatasi rasa nyeri. Jika anda sering mengalami nyeri pada otot dan tubuh serta nyeri haid, cobalah minum rebusan daun harendong secara rutin, hingga rasa nyeri itu berangsur menghilang.

4. Baik untuk Saluran Kemih

Daun harendong ternyata menjadi salah satu obat alami untuk menyehatkan saluran kemih. Daun harendong berfungsi sebagai pembersih saluran kemih dari kuman dan bakteri.

5. Mengatasi Peradangan

Manfaat daun harendong ternyata bagus untuk mengobati peradangan. Daun harendong memiliki anti inflamasi yang baik untuk mengobati tubuh dari peradangan.

6. Obat Diare

Daun harendong dipercaya ampuh mengobati sakit diare. Daun harendong mengandung zat penghambat kuman, yang berperan membunuh kuman penyebab diare.

7. Mencegah Hepatitis

Manfaat daun harendong yang tak kalah penting yakni mampu mencegah hepatitis atau penyakit kuning atau. Dalam sebuah penelitian, daun harendong memliki zat sehat yang dapat mengantisipasi terjadinya sakit kuning atau hepatitis.

8. Mengatasi Mimisan

Daun harendong juga ampuh mengatasi mimisan. Caranya, ambil dua lembar daun harendong, lalu gulung dan tempelkan di hidung, cara ini ampuh mencegah darah agar tidak keluar lagi saat mimisan.

9. Mengatasi Racun Dalam Tubuh

Manfaat daun harendong juga ampuh mengatasi racun jahat yang ada dalam tubuh. Mengandung sifat anti-toksik, daun harendong dipercaya ampuh menetralkan racun-racun  yang mengendap pada tubuh.

10. Obat Bisul Pada Kulit

Daun harendong ternyata ampuh juga mengobati penyakit kulit seperti bisul? Daun harendong dapat mematangkan bisul dan mencegah infeksi kulit. Caranya, anda tinggal minum rebusan daun harendong, lalu daun sisa rebusan tersebut tempelkan ke bagian tubuh yang bisul.

11. Melancarkan ASI

Selain kelor, manfaat daun harendong juga baik untuk melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Daun ini ternyata efektif untuk meningkatkan produksi ASI.

12. Mengatasi Pendarahan

Wanita hamil biasanya sering mengalami pendarahan. Ini disebabkan karena aktivitas ibu hamil yang melelahkan dan berlebihan. Bagi ibu hamil yang sering mengalami pendarahan, cobalah konsumsi rebusan daun harendong untuk menguatkan fisik agar tidak mudah lelah dan mengalami pendarahan.

13. Melancarkan Pencernaan

Lambung biasanya mengalami masalah, sehingga sulit mencerna makanan. Konsumsi daun herendong secara teratur ternyata ampuh untuk memperlancar pencernaan makanan.  Itulah beberapa manfaat daun harendong yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Apabila anda masih ragu-ragu, cobalah konsultasikan dulu dengan dokter. Terimakasih! (Jujang/R8/HR Online)