Dianggap Tanaman Pagar, Manfaat Daun Kalikiria Ampuh Atasi Penyakit Kuning Hingga Rematik

Dianggap Tanaman Pagar, Manfaat Daun Kalikiria Ampuh Atasi Penyakit Kuning Hingga Rematik
Dianggap tanaman pagar, manfaat daun kalikiria ternyata ampuh atasi berbagai penyakit seperti penyakit kuning hingga rematik. Foto:Ist/Net

Manfaat daun kalikiria mungkin belum banyak orang yang tahu. Dari namanya saja, banyak orang yang merasa asing dengan tanaman kalikiria? Padahal tanaman kalikiria tumbuh subur hampir di seluruh Indonesia.

Tanaman ini memiliki nama ilmiah gliricidia sepium. Di tataran sunda atau Jawa Barat, tanaman ini dikenal dengan nama kalikiria. Namun, di beberapa daerah kalikiria juga dikenal dengan nama gamal. Tanaman ini bisa kita jumpai di perkebunan yang ada di kampung atau desa.

Di perdesaan, kalikiria biasa dijadikan tanaman pelindung batas kebun. Kendati merupakan tumbuhan liar, manfaat daun kalikiria ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

Kalikiria juga dapat tumbuh subur di lahan yang gersang. Kalikiria menjadi tanaman pembasmi alami alang-alang yang biasa tumbuh subur di daerah perkebunan. Jika dibiarkan, alang-alang dapat menghambat pertumbuhan tanaman lain.

Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan

Tanaman kalikiria selain bermanfaat sebagai pagar hidup, juga kerap dijadikan pupuk kompos alami dan pakan ternak. Lalu apa sajakah manfaat daun kalikiria untuk kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber berikut kami uraikan beberapa manfaatnya:

1. Mengobati Sakit Kuning

Penyakit kuning terjadi akibat fungsi hati tidak berfungsi secara normal. Untuk menormalkan kembali fungsi hati, anda bisa mencoba mengonsumsi daun kalikiria. Caranya, ambil beberapa helai daun kalikiria, lalu tumbuk sampai halus kemudian campurkan dengan air kelapa hijau lalu saring. Untuk memaksimalkan ramuan tersebut, air saringan tersebut bisa diminum bersama madu.

2. Mengurangi Nyeri pada Rematik

Manfaat daun kalikiria kedua yakni bisa mengobati dan mengurangi rasa nyeri akibat rematik. Menurut penelitian beberapa medis, daun kalikiria mengandung anti inflamasi yang berperan untuk mengurangi peradangan. Dengan anda mengkonsumsi rebusan daun kalikiria, anda bisa terbebas dari rasa sakit yang oleh rematik.

3. Obat Alami Batuk

Anda bisa memanfaatkan daun kalikiria untuk mengobati sakit batuk yang anda derita. Daun kalikiria dipercaya mampu meluruhkan dahak ketika batuk. Batuk karena flu memang bukan masalah serius pada kesehatan, namun kondisi batuk sangat mengganggu aktivitas apalagi yang berdahak. Agar terbebas dari batuk berdahak, anda cukup konsumsi rebusan daun kalikiria.

4. Mengobati Radang Tenggorokan

Selain mengobati batuk, manfaat daun kalikiria lainnya yakni mampu mengobati radang tenggorokan. Sama halnya seperti batuk, radang tenggorokan bukan tergolong penyakit berbahaya, namun sangat menganggu. Cobalah rebusan daun kalikiria untuk mengobati sakit radang tenggorokan anda. Daun kalikiria mengandung anti inflamasi yang berfungsi sebagai anti radang.

5. Mengobati Sakit Mata

Daun kalikiria ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati sakit mata secara alami. Sakit mata yang bisa disembuhkan daun kalikiria yaitu belekan. Hanya saja, untuk mengobati sakit mata, anda jangan menggunakan daunnya, tapi anda gunakan cairan yang keluar dari dalam batang pohon kalikiria lalu teteskan ke bagian mata yang sakit. Untuk mendapatkan cairan dari dalam batang pohon kalikiria, anda cukup menebang atau memangkas bagian batang pohonnya.

6. Mengatasi Anemia

Manfaat daun kalikiria berikutnya yakni mampu mengatasi anemia atau kekurangan darah. Kandungan zat besi dan anti oksidan pada daun kalikiria dipercaya ampuh mengatasi anemia secara tradisional.

Namun, anda harus secara rutin meminum air rebusan daun kalikiria ini agar produksi sel darah merah terus bertambah dan anda terhindar dari risiko anemia.

7. Melancar ASI

Manfaat daun kalikiria selanjutnya yakni bagus untuk ibu yang tengah menyusui. Sama halnya dengan daun turi, meminum air rebusan daun kalikiria melancarkan ASI, namun harus dicatat, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi daun kalikiria, karena rasa pahitnya justru akan membuat bayi sakit perut.

8. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Selain baik untuk melancarkan produksi ASI, daun kalikiria juga baik untuk kesehatan reproduksi. Saat anda kaum perempuan haid, biasanya dibarengi rasa nyeri bisa yang sangat menganggu aktifitas anda. Untuk mengurangi rasa nyeri saat haid, anda perlu mencoba mengonsumsi rebusan ain kalikiria, karena akan membantu anda memperlancar haid dan mengurangi nyeri.

9. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Manfaat daun kalikiria juga baik untuk kesehatan kulit wajah.Mengandung akti oksidan yang cukup tinggi, daun kalikiria bisa anda gunakan sebagai masker alami agar wajah anda lebih cerah dan noda-noda hitam pada wajah bisa berkurang.  

10. Menyuburkan Rambut

Daun kalikiria juga berguna untuk menyuburkan pertumbuhan rambut. Bagi anda yang memiliki anak yang rambutnya tak kunjung tumbuh, anda jangan khawatir. Cobalah menggunakan daun kalikiria sebagai obat alami penyubur rambut anak anda. Caranya, tumbuh beberapa helai daun kalikiria, lalu oleskan pada bagian kepala anak kita. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda harus secara rutin melakukannya, agar rambut anak anda bisa tumbuh lebat, hitam dan alami.

11. Menghilangkan Kutu Kulit dan Jamur

Manfaat daun kalikiria yang paling populer yakni ampuh mengatasi beberapa penyakit yang diakibatkan kutu kulit atau jamur. Dengan menggosokan daun kalikiria ke kulit yang terinfeksi, anda akan terbebas dari penyakit kulit yang mengganggu.

Daun kalikiria mengandung anti bakteri dan anti jamur ampuh membunuh kuman dan bakteri pada kulit yang menjadi penyebab gatal-gatal.

12. Penambah Stamina

Manfaat daun kalikiria yang terakhir yakni mampu untuk meningkatkan stamina tubuh. Jika stamina anda meningkat, anda akan lebih aktif dan energik dalam melakukan aktivitas. Anda bisa mencoba ramua ini dengan merebus bagian akar, batang, dan daunnya.

Rebus hingga mendidih selama kurang lebih 20 menitan. Setelah matang, diamkan beberapa saat hingga agak dingin lalu saring. Rebusan daun, batang dan akar kalikiria ampuh meningkatkan stamina tubuh Anda.

Itulah beberapa manfaat daun kalikiria yang bisa kami sampaikan. Bila anda masih ragu-ragu untuk mengonsumsi daun kalikiria, cobalah konsultasi dulu dengan dokter. Semoga bermanfaat, terimakasih! (Jujang/R8/HR Online)