Manfaat Daun Kirinyuh, Selamatkan Penderita Diabetes dari Amputasi

Manfaat Daun Kirinyuh, Selamatkan Penderita Diabetes dari Amputasi
Manfaat daun kirinyuh ternyata sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Foto:Ist/Net

Pernah dengar tanaman bernama kirinyuh? Ternyata manfaat daun kirinyuh sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Bahkan, dilansir dari berita di laman liputan6, tanggal 30 November 2013 silam, seorang penderita diabetes asal Dusun Nangsi RT 01 RW 03, Desa Mekarbakti, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, bernama Didi, kakinya tidak jadi diamputasi, lantaran rajin meminum rebusan daun kirinyuh.

Padahal selama 3 bulan terakhir, akibat diabetes, kaki kanannya borok sebesar lubang gelas, boroknya disertai nanah, dan belatungan. Dokter pun memvonis kaki Didi harus segera diamputasi. Saat itu kondisi Didi sudah parah, diabetes menggerogoti tubunya hingga kurus kering.

Karena enggan diamputasi, Didi mencoba manfaat daun kirinyuh sebagai ramuan tradisional dicampurkan dengan kunyit, garam, minyak keletik, dan kapas. Daun kirinyuh tersebut dikeringkan lalu direbus dengan air hingga matang, lalu diminum Didi setiap hari.

Sementara untuk luka boroknya, Didi menggunakan kunyit yang di parut lalu diperas. Air dari perasan kunyit tersebut kemudian ditambah garam sedikit dan minyak keletik, kemudian dituangkan ke kapas. Kapas dibasahi dengan air kunyit yang dicampur garam lalu ditempelkan pada bagian kaki yang borok. Air kunyit ini, berperan mematikan belatung dalam borok.

Pengobatan tradisional tersebut dilakukan Didi setiap hari dibantu istrinya. Dengan manfaat daun kirinyuh, dan ramuan kunyit tersebut, luka borok di kaki Didi berangsur-angsur sembuh dan tidak harus diamputasi. Namun selama pengobatan tersebut, Didi tidak makan nasi atau makanan lain. Didi hanya makan kentang dan tahu rebus yang disiram dengan air panas tanpa garam.

Dari berita diatas, dapat disimpulkan bahwa daun kirinyuh cukup ampuh mengobati seseorang yang menderita diabetes. Daun kirinyuh mengandung bahan alami yang dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga anda bisa sembuh dengan rutin minum rebusan daun kirinyuh.

Apa Itu Daun Kirinyuh?

Daun kirinyuh Chromolaena odorata L atau biasa disebut gulma siam  berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, lalu menyebar ke daerah tropis seperti Asia, Afrika, dan Pasifik. Tanaman ini digolongkan sebagai gulma invasif. Kirinyuh tak yang hanya ditemukan di daerah pegunungan, namun di dataran rendah juga sering kita jumpai tanaman kirinyuh ini. Lalu apa saja manfaat daun kirinyuh untuk kesehatan selain obat alami diabetes?

Dau kirinyuh berbentuk agak panjang dengan ujung tajam dan bergerigi di ujung tepi daunnya. Daun kirinyuh ini berwarna hijau dan memiliki aroma khas. Beberapa penelitian medis menyebut, banyak sekali manfaat dari daun kirinyuh untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daun kirinyuh didapat karena dalam daun ini mengandung berbagai senyawa alami yang mampu menyembuhkan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Karena itu, selama ini banyak masyarakat yang menggunakan ramuan herbal alami berbahan dasar daun kirinyuh untuk mengobati penyakit.

Daun kirinyuh memiliki berbagai kandungan zat mulai dari minyak atsiri, alkaloid, fenolik, flavonoid, steroid, saponin dan tanin. Daun kirinyuh juga memiliki zat-zat anti bakteri yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

Manfaat Daun Kirinyuh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami rangkum beberapa manfaat daun kirinyuh untuk kesehatan:

1.Anti Diabetes

Seperti sudah kita jelaskan diatas, daun kirinyuh dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Daun kirinyuh mampu mengendalikan kadar gula darah secara maksimal, sehingga mampu melindungi tubuh dari ancaman diabetes.

2. Mengatasi Vertigo

Manfaat daun kirinyuh kedua yakni mampu mengatasi vertigo. Vertigo adalah kondisi dimana seseorang mengalami pusing, sampai merasa dirinya dan sekelilingnya berputar. Jika terkena vertigo maka akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Cobalah minum rebusan daun kirinyuh untuk menghilangkan sakit vertigo.

3. Obat Maag

Daun kirinyuh juga baik untuk kesehatan lambung anda. Bagi penderita maag tidak ada salahnya mencoba daun kirinyuh. Daun kirinyuh ini mampu menyeimbangkan kadar asam di lambung, sehingga sakit maag anda akan berangsur membaik.

4. Mencegah Kanker Serviks

Manfaat daun kirinyuh selanjutnya yakni mampu melawan kanker serviks. Kanker ini sering sekali menyerang kaum hawa tanpa disadari.

5. Menyehatkan Jantung

Daun kirinyuh ternyata mampu menyehatkan jantung. Bagi anda yang tidak ingin memiliki penyakit jantung, bisa secara rutin mengonsumsi ramuan daun kirinyuh.

6. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun kirinyuh selain menyehatkan jantung, juga mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Daun kirinyuh secara aktif akan mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh, jika anda sering mengonsumsinya.

7. Anti Hipertensi

Selain menurunkan kolesterol berlebih, daun kirinyuh juga mencegah anda terkena darah tinggi atau hipertensi. Daun ini bisa mencegah tekanan darah agar tidak naik terlalu tinggi. Banyak pengobatan alternatif yang merekomendasikan penggunaan daun kirinyuh untuk mereka yang dilanda masalah hipertensi.

8. Mengatasi Asam Urat

Jika anda seorang yang menderita asam urat, namun tak kunjung sembuh. Anda perlu mencoba manfaat daun kirinyuh. Daun kirinyuh memiliki zat kuat yang dapat mengurangi asam urat dalam tubuh.

9. Mencegah Kanker Payudara

Daun kirinyuh juga baik untuk kesehatan payudara wanita. Dengan sering mengonsumsi rebusan daun kirinyuh akan mencegah anda terkena kanker payudara.

Nah itulah beberapa manfaat daun kirinyuh yang dapat kami sampaikan. Apakah anda tertarik untuk mencoba ramuan herbal berbahan daun kirinyuh. Jika masih ragu, anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter. Terimakasih dan selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...