Manfaat Daun Mint yang Makin Disuka untuk Infused Water

manfaat daun mint
Ilustrasi manfaat daun mint. Foto: Istimewa

Manfaat daun mint bisa ditebak dari aromanya yang wangi dan semriwing. Bau semacam ini menandakan kandungan senyawa kimia minyak asiri dalam daun mint yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran apabila daun ini sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan.

Daun mint (Mentha piperita L) merupakan jenis tanaman yang populer dengan sebutan pepermin. Tanaman ini banyak ditemukan di Eropa yang telah lama dimanfaatkan untuk minuman atau untuk pengobatan tradisional.

Daun berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi ini memiliki rasa dingin dan semriwing bau wanginya. Hal ini karena kandungan daun mint yang kaya minyak menthol dan asiri, flavonoida, saponin dan polifenol.

Manfaat daun mint juga karena herbal ini banyak mengandung provitamin A, vitamin C, kalsium, besi, fosfor, dan potassium. Herbal ini juga diketahui kaya dengan kandungan fitonutrien, klorofil dan serat.

Di kalangan industri, daun mint telah banyak digunakan untuk pembuatan produk pasta gigi, sampo dan produk kecantikan lainnya. Peppermint juga dimanfaatkan untuk membuat permen karet dan produk makanan.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan

Masyarakat telah lama mengenal tanaman ini karena mudah dikenali dari aroma dan rasanya. Berikut ini beragam manfaat daun mint untuk kesehatan dan kecantikan yang sebaiknya Anda tahu.

Merawat Rambut dan Mengatasi Ketombe

Daun mint cukup populer untuk perawatan rambut khususnya untuk mengatasi ketombe dan gatal rambut. Rendam saja daun ini dalam air dan diamkan seminggu. Setelah itu gunakan sebagai kondisioner setelah keramas.

Mengatasi Rasa Lapar

Penelitian Wheeling Jesuit University AS menemukan bahwa menghirup minyak esensial dari daun mint setiap beberapa jam mampu menekan rasa lapar sehingga baik untuk orang yang menjalani program diet.

Mengatasi Sakit Perut

Manfaat daun mint yang direbus sangat ampuh dalam mengatasi kram, mual, atau sakit perut. Kandungan asirinya mampu membuat rileks otot pencernaan sekaligus menyembuhkan kram dan gangguan pencernaan.

Mengatasi Nyeri Otot

Kandungan minyak asiri dalam daun mint juga banyak digunakan sebagai minyak pijat untuk meredakan nyeri dan kaku otot. Saat ini bahkan banyak dijual minyak pijat dari daun herbal ini.

Meredakan Stres

Sifat sedatif dan aktivitas antispasmodic daun mint juga berkhasiat meredakan ketegangan atau stres dengan memberikan rasa tenang. Untuk memperoleh manfaat daun mint ini bisa dengan minum air rebusannya.

Untuk Perawatan Gigi

Daun mint juga banyak digunakan dalam produk pasta gigi atau obat kumur. Selain menyegarkan mulut, kandungan daun mint juga ampuh membunuh bakteri di dalam mulut, gusi dan gigi.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dan vitamin A dalam daun mint juga berkhasiat untuk mengatasi sakit mata sekaligus meningkatkan ketajaman mata. Konsumsi teh daun mint berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Meredakan Heartburn

Manfaat daun mint juga karena kandungannya yang bersifat antispasmodicnya yang berkhasiat meredakan gejala heartburn (sensasi panas dan perih di bagian dada). Minum segelas teh daun mint sehari mampu mengatasi gangguan ini.

Membuat Kulit Lebih Sehat dan Cerah

Daun mint juga mengandung asam lemak omega-3, folat, vitamin A dan C yang berkhasiat melindungi serta meningkatkan kesehatan kulit. Dengan membalurkan tumbukan daun mint akan melindungi kulit dari sinar UV sekaligus mencerahkannya.

Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya

Kandungan nutrisi dan senyawa aktif dalam daun mint membuatnya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mengambil manfaat daun mint dan cara mengolahnya bisa dengan dijadikan infused water.

Untuk membuat infused water daun mint tinggal mencuci bersih beberapa lembar daun mint dan masukkan ke dalam 500 ml air putih matang. Diamkan semalaman. Paginya air disaring dan tambahkan madu lalu diminum habis.

Ada banyak manfaat daun mint dalam infused water untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Minum infused water ini mampu menjauhkan tubuh dari sakit flu, pilek, demam, hingga stres. (R9/HR-Online)