Meski Bau, Manfaat Daun Walang Sangit Ampuh Atasi Bau Badan dan Cegah Penuaan Dini

Meski Bau, Manfaat Daun Walang Sangit Ampuh Atasi Bau Badan dan Cegah Penuaan Dini
Meski bau, manfaat daun walang sangit ampuh atasi berbagai masalah kesehatan. Foto:Ist/net

Manfaat daun walang sangit ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Bagi kebanyakan orang, selama ini daun walang identik dengan tanaman yang biasa dijadikan campuran umpan untuk mancing ikan nila.

Tanaman walang sangit yang dalam bahasa asingnya bernama achasma walang (Blume), biasanya tumbuh di pekarangan rumah. Walang sangit hampir tumbuh di seluruh wilayah di Indonesia. Dau walang sangit memiliki aroma yang khas.

Daun walang memiliki aroma bau yang mirip dengan binatang walang sangit apabila diremas. Aroma tersebut kuat sekali menusuk hidung. Saking bau, jika terkena tangan baunya akan hilang cukup lama. Kendati baunya tidak sedap dan kerap disepelakan, namun manfaat daun walang sangit ternyata sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun walang berukuran kecil mirip daun singkong namun pinggir daunnya bergerigi. Daun walang ini mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, magnesium, kalsium, fosfor dan berbagai mineral lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Daun Walang Sangit untuk Kesehatan

Dengan banyaknya nutrisi yang ada pada walang sangit, tak heran jika daun yang satu ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja khasiat daun walang sangit untuk kesehatan? Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami rangkum manfaat daun walang sangit untuk kesehatan:

1. Menghilangkan Bau Badan

Meski memiliki bau yang tidak sedap, ternyata daun walang sangit ampuh menghilangkan bau badan. Hal tersebut karena daun walang sangit mengandung aldehid yang dapat menghilangkan bau badan.

Untuk merasakan khasiatnya, Anda cukup merebus beberapa lembar daun walang walang sangit dengan air secukupnya hingga mendidih. Tunggu air rebusan hingga dingin, lalu minum secara rutin dan rasakan bedanya. Bau badan anda akan sedikit demi sedikit menghilang.

2. Mencegah Penuaan Dini dan Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun walang sangit berikutnya yaitu mampu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin dan berbagai mineral yang ada pada daun walang sangit berperan menjaga kesehatan kulit anda. Tak hanya mencegah kerusakan sel kulit, daun walang sangit juga mampu mencegah penuaan dini, mengatasi kulit kusam, menghilangkan kulit keriput dan sebagainya.

TCL

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Daun walang sangit ternyata mampu menjaga dan menyehatkan kekuatan tulang. Kandungan kalsium, fosfor dan magnesium, pada daun walang sangat ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang anda.

4. Menyehatkan Gigi

Manfaat daun walang sangit selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan gigi. Hal tersebut karena daun walang sangit memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan gigi. Dengan rajin mengonsumsi daun walang sangit dijadikan rebusan, anda akan memiliki gigi yang lebih kuat dan tidak mudah keropos.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Dengan konsumsi daun walang sangit secara tepat dan teratur, sirkulasi darah pada tubuh anda akan lebih lancar. Daun walang sangit mengandung berbagai vitamin seperti zat besi dan fosfor, yang dapat melnacarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar tentu akan membuat tubuh kita lebih sehat. Dengan sirkulasi darah yang lancar, organ-organ tubuh tidak akan mudah terganggu.

6. Mencegah Anemia

Manfaat daun walang sangit berikutnya yakni mampu mencegah anemia. Mengandung zat besi, daun walang mampu memperlancar sirkulasi darah. Zat besi dalam daun walang juga membantu tubuh membentuk hemoglobin. Jika hemoglobin atau eritrosit terpenuhi dengan cukup, maka masalah anemia tidak akan terjadi.

7. Menetralkan Racun dalam Tubuh

Beberapa penelitian menyebut, daun walang sangit bisa digunakan untuk menetralisir racun atau toksin dalam tubuh. Racun tersebut akan keluar saat kita buang air kecil.

8. Mengatasi Maag

Manfaat daun walang sangit ternyata baik untuk penderita maag. Hal tersebut karena daun walang sangit emiliki senyawa sulfonylurea dan soudium sulfure. Kedua senyawa tersebut terkandung dalam berbagai obat untuk sakit penyakit maag dan diabetes.

9. Menjaga Kekebalan dan Vitalitas Tubuh

Berbagai kandungan vitamin yang cukup tinggi pada daun walang sangit, berperan aktif dalam menjaga kekebalan dan vitalitas tubuh kita. Cobalah rutin minum rebusan daun walang untuk mendapatkan khasiatnya.

10. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun walang sangit selain baik untuk kesehatan, juga dipercaya ampuh menjadi obat penambah nafsu makan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Clinical Of Food & Nutrition pada tahun 2001, menyebutkan bahwa kandungan momordicin dan asam trichosanic pada daun walang sangit berperan menambah nafsu makan anda.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Mengandung vitamin A yang cukup tinggi, daun walang sangit sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Itulah beberapa rangkuman manfaat daun walang sangit yang bisa kami sampaikan. Jika anda ragu-ragu mengonsumsi daun walang sangit ini, anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter, untuk menghindari berbagai kemungkinan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...