Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Gandum Bagi Tubuh Tak Sekedar Bikin Kenyang

Manfaat Gandum Bagi Tubuh Tak Sekedar Bikin Kenyang

Manfaat gandum bagi tubuh selama ini lebih sering dipahami sebagai makanan sumber karbo pengganti nasi. Padahal gandum juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya yang berguna untuk kesehatan. Karenanya gandum menjadi komoditas perdagangan dunia yang sangat penting serta dibutuhkan banyak negara.

Gandum merupakan tanaman yang menghasilkan biji gandum dan umumnya diolah menjadi makanan pokok. Biji gandum harus digiling terlebih dahulu untuk dijadikan tepung gandum. Tepung inilah yang bisa diolah menjadi beragam produk makanan, seperti roti, sereal, cookies, pai, aneka kue, hingga mie.

Selain menjadi bahan utama untuk makanan manusia, gandum yang termasuk suku padi-padian ini juga banyak digunakan untuk pakan ternak, bahan tekstil, minuman seperti wiski atau bir, hingga untuk pembuatan plastik.

Manfaat gandum bagi tubuh juga besar karena nutrisinya. Kandungan gandum yang dihasilkan dari tanaman serealia ini diantaranya protein, karbohidrat, vitamin A, C, E, l, K, vitamin B kompleks dan serat.

Yang menarik, meski mempunyai kesamaan unsur dengan padi, namun gandum mengandung 17 jenis asam amino pembangun protein. Besarnya kandungan protein membuat makanan ini menjadi pilihan penting sebagai makanan pokok.

Manfaat Gandum bagi Tubuh dan Kesehatan

Gandum merupakan bahan makanan utama alternatif selain nasi. Berikut ini berbagai manfaat gandum bagi tubuh dan kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan gandum yang kaya serat sangat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Mengonsumsi gandum juga efektif mengatasi gangguan diare, semblit atau BAB tak lancar.

Mengatasi Perut Buncit

Buat Anda yang memiliki perut buncit sangat disarankan mengganti konsumsi nasi dengan gandum. Kandungan serat dan nutrisinya berguna untuk mengatasi perut buncit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat gandum yang utama adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan gandum yang mampu dalam mencegah tubuh menyerap kolesterol dari makanan.

Mencegah Batu Empedu

Gandum yang banyak mengandung serat larut juga ampuh dalam menekan produksi sekresi asam empedu secara berlebihan. Hal inilah yang bisa mencegah terjadinya pembentukan batu empedu.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi gandum utuh secara rutin juga efektif menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi maupun kadar gula darah. Selain mampu mencegah hipertensi, manfaat gandum bagi tubuh juga mampu mencegah serangan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Gandum juga disarankan dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya selain akan membuat cepat kenyang, makan gandum juga membuat kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan makan lainnya.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat gandum untuk tubuh cantik karena kandungan protein dan enzimnya. Gandum bukan hanya berguna untuk meningkatkan kelembapan kulit, namun juga mampu menjaga keseimbangan PH kulit dan melindungi epidermis.

Efek Samping Gandum

Di balik manfaat gandum bagi tubuh, namun ada sejumlah efek samping yang sebaiknya dikenali. Bahkan tak sedikit kasus alergi yang dialami setelah mengonsumsi makanan ini.

Salah satunya karena gandum mengandung protein gluten yang tidak setiap orang bisa mengonsumsinya. Penderita penyakit celiac maupun kondisi tubuh yang intoleransi terhadap gluten bisa menyebabkan alergi.

Beberapa gejala alergi ini diantaranya perut kembung, gangguan usus, kulit gatal, hingga muntah. Namun sejumlah studi menemukan bahwa alergi ini terjadi akibat ekstrak dari strain gandum dan bukan dari gandum utuh.

Sayangnya tak sedikit roti gandum yang dijual di pasaran tidak dibuat dari gandum utuh. Karena itu untuk menghindari timbulnya alergi dan agar manfaat gandum bagi tubuh optimal, sebaiknya pilih makanan yang dibuat dari gandum utuh. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru