Percaya Tidak, Manfaat Hujan-hujanan Baik Untuk Kesehatan?

Percaya Tidak, Manfaat Hujan-hujanan Baik Untuk Kesehatan
Hujan-hujanan ternyata memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Foto:Ist/net

Manfaat hujan-hujanan ternyata baik untuk kesehatan lho! Gak percaya kan? Memang selama ini masyarakat menganggap jika seseorang kehujanan, maka orang itu akan terkena sakit flu atau masuk angin.  

Musim hujan memang identik dengan munculnya berbagai jenis penyakit menular seperti flu, batuk, demam, dan meriang. Namun jangan salah, terkena guyuran air hujan secara langsung dari langit, ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, manfaat hujan-hujanan didapat dari kesegaran udara selama dan setelah hujan. Udara saat hujan benar-benar bersih. Hujan turun melalui atmoster, dan mampu menarik berbagai ratusan partikel polusi, seperti debu, bakteri, dan lainnya sebelum menyentuh tanah.

Untuk mendapat manfaat kesehatan dari air hujan, anda mesti secara langsung diguyur air hujan yang turun dari atas langit. Mungkin agak sedikit aneh, jika kita sengaja berjalan dibawah guyuran hujan tanpa sebab. Pasti akan banyak orang yang beranggapan lain jika kita melakukan hal demikian.

Nah, apakah anda berani mencoba hujan-hujanan di lapang terbuka atau pekarangan rumah untuk mendapat manfaatnya? Kami sarankan anda mencobanya tanpa rasa malu, karena anda akan mendapat manfaat hujan-hujanan yang tidak anda sangka-sangka.

Manfaat Hujan-hujanan Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Stres

Hujan-hujanan dibawah langit terbuka ternyata bisa mengurangi stres. Bermain air hujan akan membuak diri kita rileks dan tenang. Air hujan yang mengalir dari ujung kepala hingga ujung kaki akan membuat pikiran kita makin nyaman dan tenang. Bukan hanya itu, air hujan yang akan membuat tubuh makin segar, walau awalnya memang sangat dingin.

2. Menguatkan Tulang

Manfaat hujan-hujanan kedua yakni bisa menyehatkan dan menguatkan tulang. Beberapa hasil penelitian study menyebut, ion negatif yang terkandung dalam air hujan mampu menguatkan tulang kita. Hal tersebut karena reaksi biokimia yang mampu menetralkan keasaman tubuh dan mampu menghancurkan radikal bebas penyebab rapuhnya tulang.

Dinginnya air hujan juga membantu tubuh menetralkan suhu tubuh dan melancarkan sistem peredaran darah pada tubuh. Apabila anda ingin memiliki tulang yang kuat, cobalah sesekali melakukan aktivitas hujan-hujanan.

3. Menghilangkan Toksin (Racun) Pada Tubuh

Manfaat hujan-hujanan selanjutnya yaitu bisa menghilangkan toksin atau racun pada tubuh. Hebatnya lagi, selain bisa menghilangkan racun dalam tubuh, jika kita sering hujan-hujanan, makan sistem kekebalan tubuh kita akan semakin baik dan tidak akan mudah sakit.

4. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Air hujan merupakan air yang paling murni karena mengalami beberapa proses sebelum menjadi air hujan. Air hujan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan anda hujan-hujanan atau mandi menggunakan air hujan, anda akan merasakan kulit yang semakin segar bersih dan lembab. Hanya saja, perlu diingat air hujan yang baik untuk kesehatan adalah air hujan yang ada di daerah yang tidak tercemar polusi, seperti daerah perdesaan dan pegunungan.

5. Hujan-hujanan Membakar Kalori

Manfaat hujan-hujanan berikutnya yakni mampu membakar kalori dalam tubuh. Para peneliti Jepang menyebut, seseorang yang melakukan aktivitas fisik dibawah guyuran hujan, akan lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan aktivitas di cuaca biasa.

6. Berjalan Saat Hujan Membantu Mental Menerima Sesuatu

Jika anda memiliki sebuah masalah, cobalah berjalan di bawah guyuran air hujan. Saat Anda berjalan dibawah guyuran air hujan, secara tidak langsung itu akan membantu anda melatih pikiran, melepaskan dan mengendalikan emosional pada diri. Saat hujan-hujanan, anda juga akan sadar bahwa setiap masalah akan berakhir sama seperti hujan.

Hujan-hujanan Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Sebagian besar orang tua pasti enggan membiarkan anaknya main hujan-hujanan di luar rumah, dengan alasan takut anaknya sakit. Padahal manfaat hujan-hujanan bagi si Kecil saat bermain akan membuat dia gembira malahan terhindar dari sakit.

Namun sebelum anda membiarkan si kecil hujan-hujanan pastikan di waktu yang tepat dan keadaan si kecil dalam kondisi sehat. Pastikan juga saat hujan tidak terjadi petir dan angin kencang.

Berikut ini kami sampaikan manfaat hujan-hujanan bagi anak.

1. Menstimulasi Kemampuan Motorik Anak

Saat anak bermain hujan-hujanan, seluruh tubuhnya akan bergerak dan melompat melihat air hujan yang turun dari langit. Daya gerak dan aktivitas anak saat hujan-hujanan akan menstimulasi kemampuan fisik motoriknya agar berkembang secara optimal.

2. Merangsang Kreativitas dan Imajinasi si Kecil

Manfaat hujan-hujanan akan membuat anak lebih kreatif, karena dengan hujan-hujanan akan mucul berbagai imajinasi dengan sendirinya.

Contohnya, saat dibawah guyuran air hujan, si anak akan mengumpamakan dirinya sebagai seorang jagoan atau penari. Semua itu akan berdampak positif bagi perkembangan daya imajinasi dan tingkat kecerdasan naturalnya.

3. Membuat Rambut Bersinar

Manfaat hujan-hujanan bagi anak juga dapat membuat rambut mereka lebih bersinar. Hal tersebut karena air hujan mempunyai kadar kenetralan PH yang sempurna, bebas mineral buruk dan bebas dari garam. Ini akan membuat rambut anak kita bersinar dan tidak rontok.

Itulah beberapa manfaat hujan-hujanan yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Namun jika anda ingin mencoba hujan-hujanan, pastikan anda benar-benar sehat. Karena jika dalam keadaan kurang fit, malah akan memperburuk kesehatan anda. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...