Rabu, Januari 26, 2022
BerandaArtikelMeski Pahit, Manfaat Jus Pare Ampuh Atasi Diabetes Hingga Sakit Jantung

Meski Pahit, Manfaat Jus Pare Ampuh Atasi Diabetes Hingga Sakit Jantung

Meski pahit, manfaat jus pare ternyata ampuh mengatasi berbagai macam penyakit. Buah sayuran berwarna hijau ini memang sudah terkenal dan begitu lekat dengan ibu-ibu. Masyarakat Indonesia kerap memasak pare menjadi tumis, sayur ataupun langsung dijadikan lalapan.

Rasa pahit yang timbul pare justru menjadi ciri khas tersendiri, sehingga meski pahit pare banyak disukai masyarakat. Selain dijadikan bahan penangan, pare juga dianggap berkhasiat untuk kesehatan. Sudah sejak jaman dulu, pare sudah digunakan untuk pengobatan tradisional di berbagai negara.

Selain diolah menjadi hidangan masakan, anda bisa mencoba membuat jus pare. Jus pare sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengobati beberapa macam penyakit. Sebelum kita menjelaskan beberapa manfaat jus pare, akan kita bahas dulu kandungan apa saja yang  terdapat dalam buah pare.

Kandungan Gizi dan Manfaat Jus Pare

Pare merupakan tumbuhan merambat yang mudah kita temukan di negara tropis seperti Indonesia. Meski melimpah, pare tidak banyak disukai karena rasanya yang pahit. Namun siapa sangka, di dalam 100 gram buah pare mengandung karbohidrat (4,32 gram), kalori 19 kkal, protein (0,84 gram), dan gula (1,95 gram). Sedangkan dalam kandungan mineralnya terdapat kalsium, magnesium, potassium (kalium), fosfor, zat besi, seng (zinc) dan mangan.

Buah pare juga kaya akan serat dan rendah lemak. Selain itu, buah pare kaya akan vitamin A, C, E, K, B1 (Thiamine), B5 (Pantothenic acid), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B6, dan vitamin B9. Karena banyaknya kandungan tersebut, saat ini banyak masyarakat yang mencoba manfaat jus pare.

Lalu apa sajakah manfaat buah pare? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat pare;

1. Mengontrol Gula Darah Dan Mencegah Diabetes

Manfaat jus pare yang pertama yakni mampu mengontrol gula darah dan mencegah diabetes. Pare diketahui mengandung kinase yang dipercaya ampuh mengontrol gula darah. Selain itu, kinase dalam buah pare mampu mengendalikan diabetes. Bahkan, di negara Cina dan India, pare menjadi salah satu ramuan utama untuk mengobati diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mampu mengontrol kadar gula, konsumsi pare juga akan menyehatkan jantungmu anda. Apabila anda punya riwayat sakit jantung, cobalah rutin konsumsi pare baik dijadikan jus ataupun ditumis. Konsumsi pare akan membuat kesehatan jantungmu lebih baik.

3. Membantu Kerja Ginjal Lebih Efektif

Manfaat jus pare berikutnya yakni membantu kinetja ginjal agar lebih efektif. Konsumsi pare akan membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan sangat baik. Manfaat pare yang secara alami mampu mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh, tentu akan mempermudah ginjal menyaring darah.

4. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam

Jika anda mempunyai masalah dengan jerawat dan flek hitam pada wajah, tidak ada salahnya mencoba manfaat buah pare. Konsumsi buah pare akan secara alami membersihkan darah dan berbagai penyakit yang diakibatkan gangguan saluran pada peredaran darah seperti bisul, kudis, gatal, dan penyakit lainnya yang diakibatkan oleh jamur.

5. Baik untuk Program Menurunkan Berat Badan

Manfaat jus pare selanjutnya yakni bisa menjadi ramuan untuk membantu anda menurunkan berat badan. Konsumsi satu gelas jus pare pada pagi hari, akan sangat baik untuk anda yang tengah melaksanakan program diet. Segelas jus pare ternyata mengandung kalori yang sangat tinggi, sehingga apabila anda tengah menjalankan program diet, jus pare akan membuat anda terhindar dari rasa lapar untuk waktu yang cukup lama.

6. Baik untuk Penderita Asma

Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pare tmampu meningkat respons indera pengecap pada tubuh. Konsumsi pare dipercaya mampu memperlancar sel pada saluran pernafasan.

7. Mencegah Perkembangan Kanker di Dalam Tubuh

Manfaat jus pare yang tak kalah pentingnya, yakni mampu mencegah perkembangan kanker dalam tubuh. Masyarakat jaman sekarang kebanyakan megonsumsi makanan siap saji, sehingga berdampak besar pada perkembangan kanker dalam tubuh. Pare mengandungan zat lesichin yang cukup tinggi sehingga akan mampu mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh.

Kandungan mineral penting seperti kalsium dan fosfor serta sifat antioksidan yang terkandung dalam buah ini berkhasiat dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, melancarkan metabolisme dan pencernaan.

Selain itu, buah pare ternyata dipercaya mampu menyembuhkan demam, nyeri haid,reumatik, sakit perut, maupun bronchitis. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda bisa merebus pare dan air rebusannya diminum. Senyawa likopen, albiminoid dan fitokimia pada pare juga berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing manis dan juga mampu merangsang nafsu makan.

Ternyata banyak juga ya manfaat jus pare. Apakah anda tertarik mencobanya? Pare walaupun pahit tidak beracun lho. Jadi anda jangan takut konsumsi pare, justru dnegan rutin konsumsi pare, tubuh anda akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -