Jangan Sepelekan, Manfaat Kencur Bisa Cegah Kanker Lambung Lho!

Manfaat Kencur Bisa Cegah Kanker Lambung Lho!
Manfaat kencur ternyata baik untuk kesehatan, salah satunya bisa mencegah kanker lambung. Foto:Ist/Net

Manfaat kencur untuk kesehatan mungkin sudah banyak yang mengetahui. Kencur merupakan salah satu rempah-rempah yang cukup populer di dunia terutama di Indonesia.

Tanaman yang bernama latin kaempferia galangal ini selain sering digunakan bumbu masak, juga dapat dijadikan obat herbal alami berbagai jenis penyakit.

Manfaat kencur dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit ringan seperti mulas-mulas (diare) hingga penyakit akut seperti kanker, juga bisa diobati dengan memanfaatkan kencur.

Kencur tak hanya bisa kita ambil manfaatnya dari rimpangnya saja, namun daunnya juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Sebelum kita bahas, berbagai manfaat kencur untuk kesehatan, akan kita uraikan dulu berbagai kandungan yang ada dalam kencur.  

Kencur diketahui memiliki banyak kandungan yang sbaik untuk kesehatan diantaranya, pati, mineral, sineol, alkaloid, gom, kamphene, paraeumarin ,etil ester, borneol, sitotoksik, antibakteri, asam anisat, asam sinamat  dan asam metil kanil dan penta dekaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami uraikan beberapa manfaat kencur untuk kesehatan;

Manfaat Kencur untuk Atasi Berbagai Penyakit

1. Mengatasi Batuk-batuk

Kencur dipercaya sejak dulu mampu menjadi obat alami batuk. Kencur akan membuat tenggorokan anda terasa hangat. Kencur akan sangat berkhasiat bagi anda yang menderita batuk berdahak.

Untuk mendapatkan manfaat kencur sebagai obat batuk alami, anda cukup mengolah kencur degan cara sederhana. Haluskan beberapa biji kencur dengan garam, setelah itu telan mentah-mentah.

2. Mengobati Penyakit Diare

Dalam sebuah studi yang dilakukan International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, minum air sari kencur ternyata ampuh mengobati penyakit diare. Kandungan sitotiksik dan antibakteri yang ada pada kencur, bisa membunuh bakteri jahat dalam tubuh dan mencegahnya agar tidak datang kembali. Caranya, anda cukup mengambil sari kencur dan mencampurkannya dengan air hangat. Minum setiap pagi hingga rasa mulas itu perlahan hilang.

3. Mencegah Kanker Lambung

Manfaat kencur yang tak kalah penting lainnya yakni dapat mencegah kanker lambung. Kanker lambung bisa dipengaruhi akibat adanya bakteri H. Pylori sebuah bakteri ganas yang bisa menyerang lapisan lendir lambung ataupun dinding usus.

Bakteri ini bertanggung jawab atas timbulnya gejala kanker pada lambung, sehingga tentu saja membahayakan nyawa seorang manusia. Untuk mencegah anda agar tidak terkena penyakit kanker lambung, anda harus rutin minum sari kencur yang dicampurkan dengan setengah gelas air hangat , kemudian minumlah stau kali sehari.

4. Menghilangkan Stres

Manfaat kencur lainnya yakni bisa menghilangkan rasa stres.  Penelitian yang dilakukan Universitas Jahangirnagar Bangladesh menyebutkan, sifat antidepresan pada kencur dapat menenangkan saraf-saraf yang tegang pada tubuh manusia.

Untuk menghilangkan rasa stres, anda bisa minum ramuan kencur dengan cara mencampurkan sari kencur dengan air jahe, perasan lemon, madu, dan air hangat. Setelah itu, anda minum secara rutin setiap hari.

5. Mencegah Karies Gigi

Manfaat kencur selanjutnya yakni mampu mencegah karies pada gigi. Kencur diketahui memiliki sifat antimikroba. Antimikroba ini akan mencegah bakteri dan mikroba jahat pada mulut, sehingga apabila anda mengonsumsi kencur, mulut anda agar selalu sehat dan terbebas dari berbagi bakteri.

Apabila bakteri jahat tersebut bersarang pada mulut dan gigi kita, maka akan menyebabkan karies gigi, pembengkakan gusi, lebih parahnya bisa menyebabkan kanker mulut. Selain anda bisa meminum air sari kencur, anda juga bisa menggunakan larutan kencur untuk obat kumur-kumur.

6. Menambah Nafsu Makan

Manfaat kencur lainnya yakni bisa memperbaiki nafsu makan anda. Kencur sudah menjadi rempah pilihan nenek moyang dulu untuk meningkatkan nafsu makan yang hilang.

Orang zaman dulu kerap meminum jamu beras kencur, ramuan ini berasal dari campuran beras, kencur, asam jawa, dan gula merah. Konsumsi beras kencur secara rutin dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anda.

7. Obat Nyeri

Manfaat kencur untuk kesehatan yang terakhir yakni menjadi obat anti nyeri. Jika anda sering mengalami pegal-pegal atau nyeri badan, cobalah konsumsi sari kencur dengan air hangat. Ini akan membantu.

8. Dijadikan Masker untuk Kecantikan

Selain dikonsumsi, kamu juga bisa memanfaatkan kencur untuk obat luar. Anda bisa mencampurkan kencur yang sudah dihaluskan dengan minyak pijat. Jika anda mengalami masalah pada kantung mata atau lingkaran hitam di daerah bawah mata, anda bisa menggunakan masker beras kencur untuk kesehatan kulit wajah.

Masker kencur saat ini sudah banyak dijual di apotek-apotek. Anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah dari sari perasan kencur yang dicampur dengan air rendaman beras.

Manfaat kencur yang dijadikan masker wajah ini akan berguna untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, serta meratakan tekstur wajah anda. Dengan rutin menggunakan masker kencur, anda juga akan terhindar dari penuaan dini, menghilangkan jerawat, menghilangkan minyak berlebih, mencerahkan warna kulit dan mengencangkan kulit. (Jujang/R8/HR Online)