Manfaat Minum Teh Tawar Ampuh Lindungi Otak Hingga Anti Penuaan Dini

manfaat minum teh
Ilustrasi manfaat minum teh. Foto: Istimewa

Manfaat minum teh mungkin lebih dirasakan karena kenikmatannya saat diminum hangat atau kesegarannya dengan ditambah es. Namun banyak yang belum memahami minum teh setiap hari juga baik untuk kesehatan tubuh.

Teh merupakan jenis minuman yang sangat populer dan hampir setiap hari kita minum. Baik di rumah, di kantor, bahkan saat traveling pun kita lebih memilih jajan di rumah makan dengan minum teh.

Teh hitam atau teh merah merupakan jenis teh yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Begitu pun teh yang banyak dijual di pasaran merupakan hasil racikan dari sejumlah jenis daun teh yang berbeda.

Selain sangat disukai di Indonesia, manfaat minum teh juga sangat populer di seluruh belahan dunia. Ada banyak bentuk tradisi minum teh yang telah berusia ratusan tahun dan masih terus dipelihara hingga kini.

Indonesia adalah salah satu penghasil teh terbesar kelima di dunia. Namun sayangnya, jumlah konsumsi teh di tanah air ternyata masih rendah dan jauh di bawah negara lain, khususnya Eropa dan Amerika.

Selain mengetahui manfaat minum teh, Anda juga harus tahu asal mula dari minuman ini. Minuman teh dibuat dari pucuk atau tangkai daun pohon teh (Camellia sinensis) yang telah dikeringkan. Negeri Tiongkok, seperti dikutip dari Wikipedia, diketahui sebagai tempat lahirnya teh.

Minuman teh ini pertama kali ditemukan oleh terapis herbal China pada sekitar abad ke-8 SM dan awalnya digunakan sebagai minuman herbal. Dalam perkembangannya teh diolah lebih sederhana menjadi minuman yang menyehatkan.

Mengoptimalkan Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan

Saat ini banyak orang yang minum teh dengan menambahkan gula agar rasanya lebih enak. Namun agar khasiat minum teh untuk kesehatan lebih optimal sebaiknya lakukan tanpa menambahkan gula atau menggantinya dengan madu.

Di balik manfaat minum teh, ternyata terkandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya ada kandungan karbohidrat, protein, asam amino, vitamin A, B1, B2, C, E, dan K.

Teh juga mengandung polifenol (katekin dan flavanol), pektin, alkaloid-kafein, mineral, asam organik, substansi resin, dan sejumlah enzim seperti invertase, protease, amilase, a-glukosidase, peroksidase, dan oximetilase.

Teh juga merupakan minuman rendah kalori sehingga sangat baik dikonsumsi tanpa gula. Nah, berikut ini berbagai manfaat minum teh setiap hari untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Sejumlah penelitian membuktikan minum teh secara rutin ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Bahkan minum lima cangkir teh hitam setiap hari mampu mengurangi kolesterol LDL sampai 11 persen.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat minum teh hitam juga karena kandungan flavonoid. Senyawa antioksidan ini berkhasiat dalam menangkal penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

Mengatasi Kanker

Penelitian National Cancer Institute (NCI) menemukan khasiat polifenol dalam minuman teh yang efektif mencegah pertumbuhan tumor. Minum teh hitam tawar juga ampuh mencegah kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat dan kanker paru.

Anti Radikal Bebas dan Menangkal Diabetes

Kandungan antioksidan dan senyawa kimia dalam minuman teh juga berkhasiat dalam mencegah risiko diabetes. Selain mencegah radikal bebas, manfaat minum teh secara rutin juga baik untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Baik untuk Program Diet

Kandungan polifenol pada teh juga efektif dalam membakar kalori dan mengatasi lemak tubuh. Karena itu minum teh tawar baik untuk menu diet dalam menurunkan berat badan.

Melindungi Otak dan Mencegah Alzheimer

Manfaat minum teh juga dari kandungan kafeinnya yang diketahui merupakan stimulan otak yang berguna untuk melindungi dan memperbaiki fungsi otak. Minum teh hitam secara rutin memberikan efek relaksasi dan mencegah alzheimer.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam teh juga berkhasiat dalam mengatasi jerawat dan menyehatkan kulit. Senyawa polifenol-nya juga berguna untuk membuat kulit lebih kencang.

Itulah berbagai manfaat minum teh untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Minum teh secara rutin sebaiknya dilakukan tanpa gula agar khasiatnya lebih optimal. (R9/HR-Online)

Loading...