Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Puding Agar-agar Tak Hanya untuk Diet dan Melancarkan Pencernaan

Manfaat Puding Agar-agar Tak Hanya untuk Diet dan Melancarkan Pencernaan

Kebanyakan kita mungkin lebih mengenal manfaat puding agar-agar sebagai makanan penutup. Hidangan dengan rasa yang kenyal lembut dan rasanya yang manis ini memang enak dan disukai banyak orang. Namun siapa sangka di balik kenyal puding agar-agar ternyata tersimpan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Puding agar-agar merupakan makanan yang dibuat dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Untuk bahan yang digunakan cukup variatif dari tepung maizena, tepung tapioka, susu, yogurt, santan hingga telur.

Kebanyakan orang tak jarang mencampuradukkan antara puding, agar-agar, dan jelly. Puding agar-agar sendiri umumnya disajikan dengan lumuran saus vla yang gurih manis.

Namun terlepas dari perbedaan ketiganya, namun makanan kenyal ini biasanya dibuat dengan cara dan bahan yang relatif tak jauh berbeda. Apalagi manfaat puding agar-agar untuk kesehatan juga cukup banyak karena nutrisinya.

Seperti dikutip dari Wikipedia, puding agar kaya dengan kandungan kalori, karbohidrat, protein, vitamin A, B6, B12, C, D, kalsium, magnesium, zat besi, kalium dan natrium.

Yang menarik, dessert juga mengandung lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda dan tunggal, kolesterol, serat pangan, kafein dan gula. Jenis puding agar yang dibuat dari rumput laut juga kaya dengan anti oksidan.

Manfaat Puding Agar-agar Bagi Kesehatan

Selain rasanya yang manis gurih, puding agar-agar juga cukup mengenyangkan. Berikut ini berbagai manfaat puding agar-agar bagi kesehatan yang belum banyak diketahui.

Melancarkan Pencernaan

Bentuk puding agar-agar yang kenyal dan lembut sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Apalagi makanan ini juga kaya serat yang sangat berguna dalam membersihkan usus dan menjaga pencernaan selalu sehat.

Makan puding juga efektif untuk mengatasi sembelit, BAB tak lancar dan gangguan perut lainnya. Pencernaan yang lancar dan sehat bisa menjaga tubuh agar jauh dari serangan penyakit.

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Manfaat puding agar-agar yang belum banyak diketahui adalah dalam menjaga kadar kolesterol tubuh. Kolesterol jahat yang masuk dari makanan berlemak jika tidak dibersihkan bisa menumpuk dan menghambat saluran darah.

Mengendalikan kolesterol bukan saja baik untuk menjaga bentuk tubuh ideal, namun juga menjaga peredaran darah yang lancar. Hal ini sangat baik untuk menjaga organ tubuh agar berfungsi optimal.

Menangkal Kanker

Puding agar-agar instan yang banyak dijual di pasaran umumnya dibuat dari bahan rumput laut yang kaya anti oksidan. Selain efektif dalam menangkal radikal bebas, makanan ini juga baik untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker dan tumor.

Mencegah Gangguan Kardiovaskular

Di balik manfaat puding agar-agar ternyata mampu melancarkan peredaran darah serta sangat baik dalam mencegah berbagai gangguan kardiovaskular, terutama penyakit jantung dan stroke. Makanan ini juga efektif dalam mencegah hipertensi.

Penelitian juga menemukan puding jenis agar-agar yang dibuat dari rumput laut sangat ampuh dalam mengendalikan tekanan darah maupun dalam menyerap kadar garam dan lemak jahat.

Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Manfaat puding agar-agar dengan lumuran vla yang dibuat dari susu dan turunannya sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Kandungan kalsium dan zat besinya efektif mencegah osteoporosis maupun anemia.

Baik untuk Program Diet

Ada anggapan makan puding bisa bikin gemuk. Padahal, kandungan seratnya yang tinggi berguna membuat perut kenyang lebih lama. Bahkan puding agar-agar bisa menjadi pengganti cemilan yang baik pada saat program diet berjalan.

Makan puding juga berguna mengoptimalkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak dan kalori dengan lebih baik. Karena itu biar target menurunkan berat badan tercapai, masukkan makanan ini dalam menu diet.

Itulah berbagai manfaat puding agar-agar untuk kesehatan dan diet. Agar manfaatnya optimal sebaiknya jangan makan berlebihan dan gunakan bahan yang kaya nutrisi, seperti puding lumut, puding buah atau puding jagung. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img