Jarang Diketahui, Manfaat Takokak Ampuh Atasi Asam Urat, Diabetes Hingga Stroke

Jarang Diketahui, Manfaat Takokak Ampuh Atasi Asam Urat, Diabetes Hingga Stroke
Takokak atau terung pipit ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan obat tradisional. Foto:Ist/Net

Manfaat takokak atau terung pipit mungkin jarang diketahui orang. Padahal tanaman bernama asing solanum torvum sw ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan obat tradisional.

Takokak memang cukup asing di telinga masyarakat, apalagi masyarakat perkotaan. Takokak sendiri merupakan tumbuhan semak kecil yang berasal dari suku terung-terungan (Solanaceae). Biasanya takokak tumbuh di pekarangan rumah.

Takokak tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Di Minangkabau, takokak dikenal dengan nama rimbang, cepoka, cokowana, dan pokak. Takokak bentuknya hampir seperti leunca, namun memang tidak sepopuler leunca. Masyarakat lebih memilih membudidayakan tanaman leunca dibanding takokak. Takokak malah tumbuh liar begitu saja.

Yang membedakan takokak dan leunca adalah pada buahnya. Buah takokak kulitnya lebih tebal dibanding leunca. Selain itu, takokak memiliki daun yang besar dan kasar serta berduri pada bagian batangnya. Rasa buah takokak dan leunca pun berbeda, takokak memiliki rasa yang getir sedangkan leunca rasanya pahit agak manis. Manfaat takokak dan leunca juga berbeda, terutama manfaat untuk pengobatan tradisional.

Manfaat Takokak Sebagai Obat Tradisional Berbagai Penyakit

Masyarakat Indonesia, biasanya mengonsumsi buah takokak sebagai lalapan sambal. Buahnya dimakan mentah atau di kukus terlebih dahulu. Tak hanya untuk dikonsumsi sebagai lalapan yang mengenyangkan, namun sebagian orang memanfaatkan takokak untuk pengobatan berbagai penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, selain mengenyangkan, takokak juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional berbagai penyakit. Hampir semua bagian pada tumbuhan takokak memiliki berbagai kandungan kimia yang baik untuk kesehatan manusia.

Lalu apa saja manfaat takokak untuk kesehatan:

  1. Obat Alami Asam Urat

Takokak dianggap sebagai salah satu obat tradisional yang ampuh mengobati asam urat. Manfaat tersebut didapat karena takokak mengandungan berbagai zat kimia yang baik untuk mengobati asam urat, seperti chlorogenin,  torvogenin, sisalogenone, solasonin, neochlorogenine, panicolugenindan jurubine dan vitamin A.

Anda bisa mencoba manfaat takokak dengan mengonsumsinya di rumah. Cara konsumsi takokat bisa dimakan mentan-mentah 5-10 buah perhari, atau bisa dicampurkan dengan sup sayuran yang anda buat. Anda juga bisa mencampuran takokak kedalam gado-gado atau ketoprak.

2. Menghindari Penyakit Kardiovaskular dan Stroke

Takokak memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Kandungan flavonoid, tanin, torvosida, alkaloid, glikosida dan kandungan lain pada takokak berperan sebagai perlindungan utama dari ancaman penyakit kardiovaskular dan stroke.

3.  Membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2

Manfaat takokak lainnya yaitu membantu pengobatan diabetes. Diabetes merupakan kondisi permanen di mana kadar gula sangat tinggi dalam darah. Diabetes dikategorikan ke dalam dua jenis yakni  diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Dengan konsumsi takokak akan membantu mengobati anda yang menderita diabetes tipe 2.

4. Mengatasi Gejala Anemia

Takokak mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga mampu merangsang produksi sel darah merah pada tubuh. Inilah yang membuat takokak sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sering terkena anemia.

5. Memberi Perlindungan Pada Paru-paru

Tidak ada yang menyangka, bahwa manfaat takokak mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker pada paru-paru. Takokak memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang cukup tinggi sehingga mampu melindungi paru-paru dari serangan kanker.

6. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Takokak juga dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai gejala penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti diare dan sakit perut. Konsumsi sayur takokak akan membantu menetralkan asam lambung, yang menjadi penyebab utama masalah pada pencernaan.

7. Mencegah Gangguan Ginjal

Sebuah penelitian menyebutkan, manfaat takokak ternyata bisa mencegah dan mengobati penyakit ginjal. Dengan konsumsi takokak secara teratur, dapat mengembalikan nekrosis tubular dan menghentikan sumbatan glomerulus.

8. Mencegah Cacing Usus

Jika anda rutin mengonsumsi takokak secara rutin, anda akan terbebas dari berbagai ancaman cacing usus atau cacing pita. Cacing pita berasal dari daging mentah yang terkontaminasi. Cacing ini cukup berbahaya dan mematikan apabila bersarang dalam tubuh kita, karena bisa membentuk abses besar pada organ bagian dalam. Cacing pita merupakan sebuah parasit yang bisa menginfeksi tubuh bagian dalam.

9. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Manfaat takokak juga ampuh menyembuhkan penyakit paling umum yakni pilek dan flu. Saat anda didera gejala flu dan pilek, segera buat sup takokak. Makan selagi hangat pagi hari dan sore hari, sampai pilek dan flu yang anda derita hilang.

10. Melunakkan Lendir dan Dahak

Flu dan batuk dapat membentuk lendir yang kerap keluar lewat hidung dan tenggorokan. Untuk memanfaatkan takokak sebagai obat pelunak lendir dan dahak, anda cukup mengeringkan beberapa buah takokak lalu menumbuknya hingga halus. Seduh tumbukan takokak tersebut dengan air hangat.

Itulah beberapa manfaat takokak yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. Apabila anda ingin mencoba mengonsumsi takokak namun masih ragu-ragu, konsultasikan dulu dengan dokter, untuk menghindari berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi. (Jujang/R8/HR Online)