Manfaat Teh Bunga Telang, Turunkan Berat Badan Sampai Tingkatkan Kesuburan

manfaat teh bunga telang
Teh Bunga Telang. Foto: Ist/Net

Manfaat teh bunga telang telah banyak dikenal mulai dari Asia Tenggara sampai Eropa. Teh yang berasal dari bunga dengan nama latin Clitoria ternatea ini memiliki warna biru agak ungu.

Jika diseduh maka airnya akan berwarna biru, tak heran jika seduhan bunga telang ini disebut sebagai teh biru. Jika diolah menjadi minuman, bunga telang menyegarkan dan tentunya berkhasiat.

Di Indonesia sampai Malaysia seduhan bunga ini dikenal sebagai teh bunga telang, namun saat Anda di Thailand, Anda bisa menemukan teh berwarna biru yang dinamakan nam dok anchan.

Masyarakat Indonesia, Malaysia, maupun Thailand telah mengenal teh bunga telang sebagai minuman herbal, lantaran khasiatnya yang dipercaya baik untuk kesehatan.

Sementara di Eropa, tepatnya di London, Inggris, teh ini sedang naik daun dan banyak disuguhkan di café-café. Bahkan sampai dijuluki magical tea atau teh ajaib.

Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan

Selain dijadikan sebagai minuman herbal, bunga telang juga telah dikenal sebagai pewarna makanan alami. Salah satunya di Kelantan, Malaysia, bunga telang dijadikan pewarna untuk nasi kerabu atau nasi ketan.

Sementara di Thailand, sejumlah café menyajikan latte dan macchiato dicampur bunga telang agar warnanya terlihat biru fantastis. Lalu apa saja khasiat teh bunga telang untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Turunkan Berat Badan

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity dan Related Metabolic Disorders mengungkap manfaat teh bunga telang.

Salah satunya menyebut teh biru yang bisa dibuat dari bunga telang, mampu menurunkan berat badan dan masalah yang ditimbulkan lantaran kelebihan berat badan (obesitas).

Dalam jurnal yang sama, manfaat teh bunga telang juga dikatakan mampu mencegah penyakit hati karena tumpukan lemak.

Selain itu, jika dikonsumsi teratur, teh biru ini mampu merangsang tubuh untuk membakar kalori serta tingkatkan metabolisme tubuh. Ini karena teh biru memiliki kandungan asam amino theanine.

Dilansir HR Online dari Times of India, Senin (24/2/2020), pakar kesehatan menyebutkan, minum teh biru secara rutin, yakni dua kali sehari bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya, tubuh mampu membakar kalori lebih banyak secara alami.

Detofsifikasi Tubuh

Manfaat teh biru dari bunga telang yang paling banyak diketahui adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Hal ini lantaran bunga telang mengandung antioksidan yang mampu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Salah satunya termasuk lemak yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Manfaat Bunga Telang, Kembang Cantik yang Ampuh untuk Detoksifikasi Tubuh

Manfaat Teh Bunga Telang Lainnya

Teh bunga telang juga dipercaya mampu menghilangkan stress dan mengurangi kecemasan. Selain itu juga, teh ini mampu melawan penuaan dini.

Hal ini lantaran bunga telang punya efek anti-glikasi dan flavonoid yang dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen inilah yang membuat wajah tampak awet muda.

Ada juga yang percaya teh bunga telang mampu membersihkan darah dan meningkatkan kesuburan perempuan. Hanya saja, untuk manfaat terakhir ini belum dibuktikan dalam sebuah penelitian ilmiah.

Air Rendaman Bunga Telang Berkhasiat untuk Kesehatan Mata

Selain diseduh dan dijadikan teh, banyak orang percaya manfaat teh bunga telang sebagai obat tetes mata. Caranya bunga telang direndam terlebih dahulu, air rendaman inilah yang digunakan untuk menjernihkan mata.

Sementara ada juga yang memanfaatkannya untuk obat bisul. Caranya kelopak bunga telang ditumbuk sampai halus dan dicampur dengan gula jawa, setelah itu baru dioles ke bagian tubuh yang bisul.

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Membuat teh dari bunga telang cukup mudah. Ada yang menyeduhnya dengan air panas langsung setelah dipetik, namun ada juga yang mengeringkannya terlebih dahulu.

Anda cukup mengambil dua sampai tiga helai bunga telang, kemudian seduh dengan air panas, diamkan terlebih dahulu selama 10 menit baru kemudian dikonsumsi.

Rasanya hampir sama seperti teh hijau. Untuk memperkaya rasa dan menambah manfaat teh bunga telang, Anda bisa menambahkannya dengan madu, gula, maupun lemon.

Baca Juga: Teh Bunga Telang Berhasil Dibudidayakan Warga Pangandaran, Ini Khasiatnya!

Uniknya, warna teh bunga telang bisa berubah warna sesuai dengan campuran yang Anda gunakan.

Jika Anda mencampurkan bunga telang dengan perasan air lemon, warna biru bunga telang akan bercampur dengan warna kekuningan air lemon sehingga warnanya tidak lagi biru, namun terlihat keunguan.

Anda juga bisa mencoba menyeduhnya dengan sirih. Seduh bunga telang dan sirih dalam air selama 5 sampai 15 menit. Hasilnya Anda akan menjumpai warna teh yang biru pekat.

Itulah manfaat teh bunga telang dan cara mengolahnya menjadi minuman, Anda sudah pernah coba? (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...