Minggu, Desember 5, 2021
BerandaArtikelMembersihkan Kaca Jendela dengan Benar, Dijamin Bersih dan Lebih Kinclong

Membersihkan Kaca Jendela dengan Benar, Dijamin Bersih dan Lebih Kinclong

Membersihkan kaca jendela memang harus dilakukan. Selain untuk merawat, membersihkan kaca jendela juga bisa menambah keindahan rumah. Sebab, jika kaca jendela itu kotor maka rumah akan terlihat seperti tidak dirawat dengan baik.

Bukan hanya itu, dengan kaca yang bersih itu juga bisa membuat cahay matahari masuk ke dalam rumah. Sehingga rumah akan kelihatan lebih hidup.

Memang membersihkan kaca jendela bukan perkara yang sulit. Akan tetapi, pemilik rumah yang memiliki kesibukan seringkali melupakan untuk membersihkannya.

Selain itu, biasanya rasa enggan untuk membersihkan kaca tersebut karena setelah dibersihkan namun masih kotor atau kaca menjadi tambah buram. Hal itu disebabkan karena proses membersihkan kacanya yang salah.

Maka dari itu, Anda tidak boleh sembarangan ketika membersihkan kaca jendela. Meski terlihat sepele namun sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar.

Nah berikut ini cara yang wajib Anda perhatikan supaya kaca jendela kembali lagi menjadi kinclong.

Alat untuk Membersihkan Kaca Jendela yang Benar

Gunakan Alat yang Tepat

Sebelum membersihkan kacanya, sebaiknya siapkan terlebih dulu alat pembersihnya yang tepat. Alat tersebut bisa berupa spon atau pembersih khusus terbuat dari karet seperti wiper.

Sebab jika Anda salah memilih alat untuk membersihkan kaca jendela, bukannya membuat bersih, malah akan kotor, buram dan menambah goretan di kaca.   

Wiper dengan bentuk yang pipih memanjang dan ada lapisan karetnya untuk membersihkan kaca, bisa menjadi alat yang diandalkan karena lebih hemat energi dan waktu.

Menurut beberapa pengalaman, wiper ini dengan satu kali usap dan arahnya benar,  maka kotoran yang menempel di kaca bisa hilang.

Selain itu, alat tersebut memiliki gagang yang panjang sehingga sangat pas untuk membersihkan kaca jendela yang tinggi.

Peralatan lainnya yang bisa digunakan adalah microfiber. Tidak berbeda jauh dengan membersihkan layar smartphone atau kacamata, kain mikrofiber juga bisa diandalkan untuk membersihkan kaca jendela.

Sebab, kain tersebut bisa dengan mudah menyerap air, tidak sulit ketika dicuci, dan tidak meninggalkan goresan di kaca.

Bahan lainnya sebagai alternatif untuk membersihkan kaca adalah koran bekas. Pasalnya, koran ini dapat menyerap air dengan baik dan membuat kaca kembali kinclong seperti semula.

Kemudian alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan kaos lama yang sudah tidak dipakai. Kaos lama atau bekas ini dipercaya tidak mempunyai residu serat, serta lumayan bisa menyerap air dan kotoran dengan baik.

Membersihkan saat Cuaca Mendung

Tidak sedikit yang membersihkan kaca dilakukan saat cuaca cerah. Alasannya, bisa melihat kotoran yang menempel serta cepat kering karena terkena sinar matahari.

Padahal, cara tersebut tidak lah benar. dengan cepat keringnya sabun yang digunakan untuk membersihkan kaca, maka sebelum dilap bakal meninggalkan residu serta coretan atau noda tambahan.

Jadi, disarankan jika ingin kaca tersebut benar-benar bersih dan kinclong tanpa meninggalkan noda, maka sebaiknya dilakukan ketika cuaca mendung. Sehingga, nantinya sabun sebagai bahan pembersih kaca tidak cepat kering.

Bahan Alami untuk Membersihkan Kaca Jendela

Bahan yang dipakai sebagai pembersih kaca sudah banyak tersedia di toko-toko. Namun apabila Anda ingin menggunakan bahan alami juga bisa sebagai alternatif.

Yang pertama yaitu dengan menggunakan sabun pembersih kaca made in sendiri. Caranya, siapkan terlebih dulu 1 sendok cuka, 1 cangkir air, dan 1 cangkir alkohol jenis isopropil.

Campuran dari bahan-bahan tersebut dipercaya tidak kalah hebat dengan sabun untuk membersihkan kaca jendela yang diperoleh di toko-toko.

Atau bisa juga dengan menggunakan lemon yang diperas. Lemon tersebut di dalamnya terkandung beberapa zat asam yang bisa membantu dalam pembersihan.

Caranya, lemon yang sudah diperas ditambah dengan air panas secukupnya. Apabila ingin lebih praktis saat memakai, maka perasan lemon itu bisa dimasukkan ke botol semprot.

Selain itu, bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela adalah baking soda. Campurkan baking soda sebanyak 2 sendok dengan air hangat sekitar 200 ml.

Setelah menyemprotkan campuran baking soda itu ke kaca yang kotor, maka gunakan wiper sebagai pembantu untuk membersihkannya.

Sementara untuk membersihkan kaca jendela ada aturannya. Setelah menyemprotkan sabun pembersih kaca, maka biarkan cairan tersebut mengalir ke bawah.

Lalu, cara menghilangkan noda atau kotoran di kaca dengan teknik dari atas ke bawah. Bisa dibayangkan jika membersihkannya dengan cara bolak-balik, tentu selain menguras tenaga juga membuang waktu.

Selain itu, noda yang sudah diusap ke bawah bakal kembali lagi ke atas, sehingga bukannya bersih malam kaca jendela kembali kotor.

Jangan lupa juga, ketika membersihkan kaca jendela pakailah sarung tangan jika menggunakan koran. Hal itu untuk menghindari agar tangan tidak kotor.

Sedangkan untuk sudut kaca yang sukar dijangkau, Anda bisa menggunakan cotton bud atau pembersih telinga.

Cotton bud yang memiliki ukuran kecil ini bisa menyusup ke sudut-sudut pada kaca, dan juga dapat menyerap kotoran, sehingga membersihkan kaca jendela di sudut-sudutnya pun tidak akan sulit. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -