Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita CiamisMenantang Maut! Warga Ciamis Mengais Rezeki, Kumpulkan Kayu Saat Sungai Meluap

Menantang Maut! Warga Ciamis Mengais Rezeki, Kumpulkan Kayu Saat Sungai Meluap

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Saat air Sungai Citalahab meluap dan mengakibatkan banjir di beberapa titik wilayah di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis pada Kamis (27/02/2020) kemarin, sebagian warga Ciamis mengais rezeki.

Tepatnya warga Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, yang justru malah memanfaatkan momen banjir tersebut untuk mengais rejeki. Mereka pun mempertaruhkan nyawa untuk sekedar mengumpulkan kayu yang hanyut terseret arus.

Seperti dikatakan Sri Atmini, warga Dusun Kertajaya RT 25/11, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Menurut dia, saat air Sungai Citalahab meluap, banyak tetangganya yang justru mengais rezeki dari banjir tersebut.

“Kemarin itu banyak tetangga saya yang nekad menerjang derasnya air sungai untuk mengambil kayu-kayu yang hanyut terseret banjir. Ngeri juga sih melihatnya, mereka benar benar nekad,” katanya, Jumat (28/02/2020).

Informasi HR Online di lapangan, para joki kayu banjir tersebut berhasil mengumpulkan kubikan kayu yang dapat mereka jual dan menghasilkan uang.

Meski aksinya tersebut sangat berisiko dan menantang maut, namun warga Ciamis ini berhasil mengais rezeki memanfaatkan meluapnya sungai.

Hal serupa juga dilakukan oleh warga Pamarican dimana pasca banjir yang melanda wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang terjadi pada Kamis (27/02/2020) sore, banyak warga yang memanfaatkan lokasi banjir untuk mencari ikan.

Baca Juga: Pasca Banjir Pamarican Ciamis, Warga Manfaatkan untuk Cari Ikan

Pantauan HR Online di lapangan, terlihat beberapa warga terjun ke lokasi bekas banjir untuk mencari ikan dengan menggunakan jala. Seperti yang terjadi di wilayah Desa Kertahayu, beberapa warga sejak pagi buta sudah berdatangan ke lokasi bekas banjir terutama selokan.

Elon, salah seorang warga Kertahayu mengatakan, dirinya tertarik untuk ikut mencari keberuntungan pasca terjadinya banjir.

“Siapa tahu ada ikannya, kan kemarin ada beberapa kolam ikan warga yang kebanjiran,” katanya Jumat (28/02/2020).

Elon juga mengatakan, dirinya berangkat ke lokasi bekas banjir lantaran tertarik saat melihat warga lain sejak pagi sudah menjala ikan. (Suherman/R7/HR-Online)

- Advertisment -