Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMencegah DBD Agar Tidak Menyerang Anggota Keluarga

Mencegah DBD Agar Tidak Menyerang Anggota Keluarga

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Mencegah DBD agar tidak menyerang anggota keluarga. Demam berdarah dengue merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk aides aegypti pembawa virus dengue.

Penyakit ini sangat berbahaya bagi peredaran darah. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan lingkungan supaya terbebas dari wabah penyakit tersebut.

Cara Mencegah DBD

Rutin Menguras Bak Mandi

Salah satu tempat nyamuk aides aegypti berkembang biak adalah genangan air. Oleh karena itu, cara pencegahan yang utama yakni Anda harus rutin menguras dan membersihkan bak mandi.

Upaya rutin ini dilakukan supaya dapat memutuskan siklus hidup nyamuk aides aegypti, Sehingga rumah dan lingkungan Anda terhindar dari serangan nyamuk tersebut.

Bersihkan Penampung Air

Wadah atau penampung air yang lain juga perlu dibersihkan karena nyamuk akan tetap berkembang biak apabila terdapat wadah-wadah yang berisi genangan air dan tidak pernah dibersihkan.

Anda juga harus rutin dalam membersihkannya. Hal ini merupakan salah satu upaya mencegah DBD. Salain itu, buanglah wadah-wadah penampung air yang sudah usang dan tidak digunakan lagi.

Gunakan Lotion atau Krim Anti Nyamuk

Cara mencegah DBD paling mudah yakni menghindari gigitan nyamuk aides aegypti. Gunakan lotion atau krim anti nyamuk pada bagian kulit Anda, terutama yang tidak tertutupi baju.

Gunakan lotion yang mengandung ekstrak serai, lavender, geranium, lemon balm, atau peppermint yang tidak disukai oleh nyamuk.

Krim anti nyamuk ini tidak hanya digunakan saat berpergian, namun juga pada saat di rumah.

Baca Juga: Ampuh Nih! Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Tidak Menumpuk dan Mengantung Baju

Kebiasaan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama juga bisa menyebabkan banyak nyamuk. Sebab nyamuk sangat suka dengan aroma tubuh manusia.

Tumpukan baju yang terlalu lama akan menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Untuk mencegah nyamuk berkembang biak lebih banyak, Anda harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut untuk mencegah DBD.

Memasang Kasa dan Kelambu Nyamuk

Salah satu cara mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah yakni dengan memasang kasa pada setiap lubang ventilasi dan jendela.

Kasa nyamuk ada yang terbuat dari magnet, kawat, dan jaring-jaring rapat yang tipis, yang bisa mengurangi jumlah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memasang kelambu mengelilingi tempat tidur supaya terhindar dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur.

Baca Juga: Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami, Patut Dicoba

Fogging

Fogging merupakan salah satu cara mencegah DBD secara masal, yakni menggunakan penyemprot obat nyamuk yang dapat menjangkau area lebih luas.

Penggunaan fogging biasanya dilakukan pada saat musim pancaroba atau ketika angka demam berdarah di daerah Anda mulai meningkat.

Obat fogging mengandung zat kimia piretroid sintesis (insektisida) yang dilarutkan dengan air lalu diasapkan dalam bentuk kabut asap.

Itulah beberapa cara mencegah DBD yang harus Anda terapkan supaya lingkungan Anda terhindar dari wabah penyakit DBD berbahaya. Sehingga, tidak banyak korban yang berjatuhan disebabkan karena DBD. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -