Mengulas HP Honor 8A, Smartphone Murah Berdesain Elegan

HP Honor 8A
HP Honor 8A. Foto : net/ist

HP Honor 8A bisa menjadi pilihan Anda untuk yang sudah bosan dengan merek smartphone Realme ataupun Xiaomi. HP Honor 8A yang merupakan sub brand Huawei asal China ini adalah salah satu smartphone murah.

Kehadiran di Indonesia sendiri, seri 8A besutan Honor ini sudah hampir satu tahun, atau tepatnya kali pertama dipasarkan pada 27 Februari 2019.

Dengan rentang harga di bawah Rp 2 juta, tentu Honor 8A ini bisa menjadi pesaing bagi Samsung Galaxy M10, Redmi 7 sampai Realme C1 dan C2.

Selain itu, HP Honor 8A yang dijual dengan harga tak bikin kantong bobol ini, juga dibekali spek serta fitur canggih. Spesifikasi dari smartphone Honor tersebut bisa bikin Anda ngiler.

Lantas apa saja kelebihan dari Honor 8A, sehingga sanggup bersaing dengan HP Realme C2 bahkan sekelas Samsung M10? Berikut ini ulasannya.

Kelebihan HP Honor 8A

Performa yang Tangguh

Dengan banderol di bawah Rp 2 juta, tentu seri ini masuk dalam kelas standar. Namun meski begitu, smartphone tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti bekerja, menonton multimedia, bahkan bermain game kelas sedang.

HP Honor 8A sendiri bagian hardware-nya dibekali dengan chip Helio P35 (12 nm). CPU-nya berkonfigurasi 8 Cortex-A53, yang memiliki kecepatan clock maksimal 2.3 GHz, serta GPU atau grafis dari PowerVR GE8320.

Untuk chipset-nya tersebut bisa sebanding dengan Snapdragon 625, sebab dari catatan skor dari AnTuTu mencapai 70.000.

Selain itu, dengan fabrikasi 12 nm, maka smartphone Honor 8A menjadi lebih hemat daya ketimbang chipset Snapdragon 625 dengan fabrikasi 14 nm.

Sementara sebagai pendukung performa dari HP Honor 8A, dipasangkan pula RAM berkapasitas 3 GB yang disandingkan dengan penyimpanan internal 32 GB.

Jika penyimpanan itu kurang besar, Anda bisa menambahnya dengan menggunakan microSD yang bisa mencapai maksimal 512 GB.

Display Lebar

Selanjutnya kelebihan lainnya adalah dari sektor layarnya yang memiliki ukuran berdiagonal 6,09 inci. Layarnya ini beresolusi 720 x 1560 piksel (HD+), dengan rasio aspeknya mencapai 19.5:9, atau screen to body 87 %.

Pada bagian layar HP Honor 8A juga disematkan notch atau poni Dewdrop di bagian atas. Poninya sebesar 3,2 mm tersebut guna menyimpan kamera selfie.

Selain itu, untuk memimalisir ketegangan atau kelelahan pada mata karena terus melihat perangkat, jangan khawatir karena ponsel Android Honor ini sudah memiliki sertifikat TON V Rheinland.

Sertifikat TON V Rheinland tersebut dapat mengurangi bahaya dari emisi cahaya biru pada HP tersebut. Juga disediakan mode Eye Protection, yang bisa melindungi mata.

Jadi Anda tak perlu khawatir saat menatap atau melihat layar smartphone ini dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Keunggulan HP Honor 8A

Desain

Perkembangan smartphone saat ini terbilang sangat pesat. Hampir semua vendor dalam satu tahun melahirkan produk yang tidak sedikit.

Selain itu, sekarang ini juga sangat sulit membedakan antara kelas menengah dengan kelas tinggi. Karena, untuk kelas menengah pun desainnya tidak kalah dengan entry-level.

Begitu juga dengan HP Honor 8A, yang memiliki desain menarik, cantik serta elegan. Desain pada punggungnya itu sangat stylish, berbalut dual-motif, matte serta glossy yang rasionya kurang lebih sekitar 75/25 %.

Honor 8A ini juga berdesain 2.5D pada layarnya, sehingga di setiap sudutnya terasa melengkung, jadi makin mantap ketika digenggam.

Software

HP Honor 8A dari sistem operasi (OS) sudah berbasis Android 9 Pie, dan antarmuka EMUI 9.0.1. Adapun fitur yang dimiliki dari software-nya ini antara lain mode “Movement”.

Mode tersebut isinya diantaranya merotasi smartphone guna mematikan nada alarm atau panggilan, kemudian menyalakan layar saat diangkat, dan screenshot via tiga jari.

Sementara untuk sektor keamanan mengandalkan Face Unlock atau pemindai wajah. Selain itu terdapat pula mode hemat daya.

Audio Menggelegar

Dengan dibekali dual suspensi atau struktur suspensi ganda dan rongga suara yang besar, maka volume suara atau audio dari HP Honor 8A lebih besar tiga puluh persen dari seri sebelumnya.

Bukan hanya itu, dibekali juga penguat SmartPA dengan daya tinggi, sehingga dapat menambah volume secara signifikan.

Cek Harga Huawei Honor 8A di Lazada dan di Shopee

Spesifikasi Lain

Pada sektor kamera di bagian belakang, hanya terdapat satu lensa berukuran 13 MP bukaan f/1.8, dengan fitur PDAF serta LED flash.

Tentu kamera belakang dari HP Honor 8A masih kalah dengan realme C2 yang memiliki dual lensa, dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Ponsel pintar ini apabila digunakan di luar ruangan yang intensitas cahaya cukup, maka bisa menghasilkan foto memuaskan. Seperti white balance, exposure, dynamic range dan aspek ketajamannya masih sangat terukur.

Namun, saat dipakai di dalam ruangan dengan cahaya yang rendah, maka hasil dari fotonya bakal dipenuhi oleh noise.

Sedangkan untuk kamera depannya lumayan tinggi dengan kekuatan atau resolusinya 8 MP, plus cahaya Ring Screen.

Sedangkan dari sisi daya baterainya, Honor 8A memiliki kapasitas 3020 mAh. Namun sayang, dengan kapasitas yang tidak besar itu, malah tidak dilengkapi fitur pengisian cepat.

Meski begitu, sepertinya dengan ulasan di atas HP Honor 8A yang di bulan Februari 2020 ini dibanderol kisaran Rp 1,4 jutaan bisa menjadi rekomendasi Anda, untuk yang ingin menambah atau membeli ponsel dengan anggaran terbatas. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...