Mengulas Kecanggihan Smartphone Realme C3, HP Baru Rp 1 Jutaan di Indonesia

Smartphone realme c3
Smartphone Realme C3. Foto: realme Indonesia

Smartphone Realme C3 resmi hadir di Indonesia pada Rabu (19/2/2020). Sebagai merek ponsel paling berkembang di dunia, termasuk di Tanah Air, tentunya kehadiran Realme C3 ditunggu-tunggu.

Pasalnya, seri terbaru besutan vendor dari China ini disebut sebagai “Triple Camera, Game Monster”.

Lini C yang hadir di Indonesia ada beberapa perbedaan dengan yang ada di India. Meski otak yang dipasangkan sama, tapi konfigurasi kamera belakangnya berbeda. Untuk di Indonesia disematkan triple camera, sedangkan di India hanya 2 kamera.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah baterai besar serta layar besar yang sama, dan realme UI paling baru yang berkonsep real design.

Bukan hanya itu, dengan dibekali otak prosesor Helio G70 pertama di Tanah Air, menobatkan ponsel besutan Realme ini menjadi “New Entry-Level King” di Tanah Air.

Smartphone Realme C3 sendiri merupakan suksesor dari lini C, yang sudah dipakai lebih dari 10,2 juta orang di seluruh dunia.

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi mengatakan, seri terbaru Realme dari lini C ini merupakan superstar 4C.

“Menggunakan prosesor canggih, kamera cakep, baterai cadas serta layar cetar,” katanya seperti dalam rilis yang diterima HR Online, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, dengan memakai prosesor MediaTek Helio G70 pertama di Indonesia, maka bisa memberikan performa yang tangguh dan cepat, terlebih buat pengguna ponsel pintar yang doyan gamer mainstream.

Palson Yi menambahkan, smartphone Realme C3 ini mempunyai 2 varian warna yang menarik, diantaranya Frozen Blue dan Blazing Red. Selain itu, lanjutnya, juga membawa penyimpanan internal 32 GB yang disandingkan dengan RAM 3 GB.

Palson Yi mengungkapkan, seri terbaru Realme dari lini C ini di Indonesia sendiri dibanderol seharga Rp 1.699.000.

“Harga terbaik buat generasi muda Indonesia, yang menginginkan HP entry level dengan kinerja paling baik, untuk gaming atau menjalani kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Realme C3 dengan Tiga Kamera yang Cakep

Seperti diulas di atas, bahwa salah satu keunggulan dari smartphone Realme C3 ini adalah di sektor kamera terutama di belakang. Konfigurasi dari kamera belakangnya itu, masing-masing 12 MP + 2 MP + 2 MP.

Untuk lensa utama 12 MP mempunyai bukaan besar (f/1.8) serta piksel berukuran 1,25 μm yang besar. Kameranya tersebut memiliki kemampuan zoom sampai 4X, serta mendukung autofokus PDAF.

Kameranya ini juga mempunyai mampu menghasilkan gambar yang jelas pada siang hari, dan terang di lingkungan yang kondisi cahayanya kurang atau gelap sekalipun.

Sementara lensa super makro 4 cm, bakal memberikan detail lebih banyak serta halus, ketika digunakan untuk mengambil objek kecil.

Smartphone Realme C3 yang dibekali triple camera ini juga memiliki fitur efek bokeh yang lebih alami. Selain itu, kemampuan menjadikan subjek kelihatan lebih menonjol.

Fitur lainnya dari kamera belakang ini, fitur rekam video slo-mo yang sulit ditemukan di ponsel kelas entry-level, kemudian fitur mode portrait dan Chroma Boost.

Untuk fitur Chroma Boost bisa memberikan rentang dinamis dengan lebih baik, warna foto menjadi lebih cerah, vitalitas warna serta kontras layar.

Bukan hanya itu, pada kamera belakangnya ini pula mendukung mode HDR otomatis. Mode ini saat dinyalakan, bisa menyimpan highlight serta dapat memberikan gambar yang akurat.

Sedangkan untuk merekam, kamera belakang pada smartphone Realme C3 ini bisa sampai 1080p serta video slo-mo sampai 120 fps.

Nah, untuk kamera depannya ditanam lensa berkekuatan  5 MP. Kamera selfie-nya ini mendukung mode portrait, mode HDR, fungsi Beauty AI serta fitur Panoselfie yang bisa menangkap foto selfie dengan lebih luas.

Dibekali Prosesor Canggih

Seperti disinggung di atas, bahwa smartphone Realme C3 ini pertama di Indonesia yang diotaki prosesor MediaTek Helio G70. Prosesor tersebut merupakan paling baik pada segmen entry-level.

Prosesornya tersebut ber-fabrikasi 12 nm octa-core, dengan kecepatannya sampai 2.0 GHz. Sehingga bisa dikategorikan yang paling cepat di kelasnya.

Dengan menggunakan prosesor seperti itu, maka ponsel Android dari Realme ini sangat ideal dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, para pecinta mobil gamer juga tidak bakalan kecewa. Pasalnya, berkat GPU ARM Mali-G52, maka smartphone realme ini mempunyai kinerja tinggi tapi efisien.

Sebagai bahan informasi, skor benchmark AnTuTu dari Realme C3 ini adalah 145.000 lebih. Artinya, HP Realme lini C terbaru ini memiliki performa terbaik, serta jauh lebih tinggi ketimbang ponsel lainnya di kelas entry-level.

Sementara di sektor koneksi internet, smartphone Realme C3 memiliki kecepatan yang tinggi. Selain itu, ponsel ini juga mempunyai fitur akselerasi Dual WiFi, yang bisa mengalihkan ke band optimal demi koneksi yang lebih stabil serta cepat.

Untuk meningkatkan dan membatu performa, Realme C3 dibekali dengan RAM 3 GB tipe LPDDR4X. Dengan RAM sebesar itu, maka ponsel ini sanggup menambah kinerja grafis sampai 20 persen serta kinerja RAM sebesar 100 persen.

Sedangkan untuk penyimpanan internal sebesar 32 GB. Namun jika dirasa kurang besar, bisa ditambahkan sampai 256 GB dengan menggunakan slot microSD.

Baterai Cadas

Sementara di sektor daya baterai tidak kalah hebatnya. Realme C3 dibekali baterai cadas dengan kapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas sebesar itu, maka baterainya ini bisa bertahan sampai 727,7 jam waktu siaga, mendengarkan musik sampai 19 jam lamanya, serta menonton film hingga 20,8 jam.

Selain itu, smartphone Realme C3 juga didukung reverse charging, yang dapat menjadi power bank guna mencharger baterai di gadget lainnya.

Desain yang Stylish dan Layar yang Cetar

Smartphone Realme C3 memiliki layar dengan ukuran 6,5 inci, beresolusi HD Plus serta mini-drop 30,9 persen, yang merupakan lebih kecil dari dew-drop normal.

Untuk rasio screen-to-body mencapai 89,8 persen. Sehingga dengan layar besar dan lebar ini bakal memberikan pengalaman bermain game, menonton film serta browsing menjadi lebih asik.

Sementara untuk warnanya yaitu Frozen Blue dan Blazing Red, terinspirasi warna baru dari gletser dingin serta lava panas.

Sedangkan bodinya, bertekstur optik yang sangat indah, dengan implementasi pada cetakan plastik. Desain bodinya itu merupakan gabungan dari ukiran radium, teknologi polishing, serta sandblasting.

Fitur Lain dari Smartphone Realme C3

Untuk sektor keamanan ponsel dari seri terbaru lini C ini, menggunakan fingerprint (pemindai sidik jari). Fingerprint-nya ini bisa membuka kunci ultra-cepat sampai 0,27 detik.

Selain itu, tersedia juga fitur face recognition (pemindai wajah), yang bisa membuka kunci ponsel hanya dengan satu klik atau pandangan.

Beralih ke bagian multimedia, smartphone Realme C3 dipasang fitur Display Latency Optimization. Fitur ini bisa memberikan waktu respon dengan sangat cepat, kontrol layar menjadi akurat serta sanggup meningkatkan fluiditas layar sentuh.

Sedangkan di sektor software, smartphone Realme C3 merupakan HP yang pertama di Tanah Air yang dibekali realme UI berbasis Android 10 terbaru.

Dengan realme UI ini, maka bisa mengoptimalkan kinerja sistem menjadi lebih ringan, cepat, serta konsumsi daya menjadi lebih hemat.

Apabila Anda ketinggalan program “Hate-to-Wait Sale” yang dibuka Rabu (19/2/2020) kemarin tidak perlu khawatir. Pasalnya, smartphone Realme C3 ini bakal kembali membuka online flash sale pada 25 Februari 2020, di realme.com/id, Akulaku dan Lazada. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...