Senin, Oktober 18, 2021
BerandaArtikelMengulas Vivo Z5, Smartphone Layar Lebar dan Triple Camera di Belakang

Mengulas Vivo Z5, Smartphone Layar Lebar dan Triple Camera di Belakang

Vivo Z5 meski bukan smartphone terbaru dari vendor asal China, namun kehadirannya di Indonesia patut ditunggu-tunggu. Pasalnya, HP Vivo seri Z5 yang menyasar pangsa pasar millenial ini dibekali dengan spek yang handal.

Walaupun dirilis pertama kali pada pertengahan 2019, akan tetapi penerus HP Vivo Z5x belum juga nongol di Tanah Air. Sehingga untuk mendapatkan seri Z5, Anda harus pesan via toko online yang dikirim dari negara asalnya.

Sebagai ponsel mid-end atau kelas menengah tentu HP Vivo ini memiliki spek dan performa yang baik. Seperti layar lebar, performa kencang, kamera dan baterai yang besar.

Layar dan Desain Vivo Z5

Salah satu kelebihan dari seri Z5 ini adalah pada layarnya yang berukuran 6,38 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 2340 x 1080 piksel, dengan aspek rasio mencapai 19.5:9, dan screen-to-body ratio 83,3 persen.

Layarnya ini sudah berpanel super AMOLED, dengan notch atau poni berupa teardrop notch. Poni ini berbeda dengan seri sebelumnya yang berupa hole-punch. Di dalam layar dipasang scanner fingerprint atau pemindai sidik jari sebagai sensor keamanan.

Sedangkan untuk desainnya, untuk bodi bagian belakang memakai cover glossy sehingga lumayan licin. Terdapat juga tiga kamera dan LED flash yang tersusun secara vertikal, di sebelah kiri atas bercover dengan warna hitam.

Bagian depan dari Vivo Z5 disediakan kamera selfie yang ditempatkan di teardrop notch. Untuk ukuran dimensi secara keseluruhan, 159.5 x 75.2 x 8.1 mm dengan berat mencapai 187 gram.

Vivo menawarkan tiga warna untuk seri ini, antara lain Holographic Illusion, Aurora Illusion dan Forest Night.

Kamera Super Keren

Kamera menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk membeli smartphone baru. Bukan hanya resolusi yang besar, namun juga minimal terpasang dual kamera di belakang.

Untuk itu tidak ada salahnya jika Vivo Z5 ini bisa menjadi pertimbangan untuk yang ingin mengganti ponsel. Pasalnya,  Z5 dibekali triple camera di belakang.

Konfigurasi dari ketiga kamera itu antara lain 48 MP dengan bukaan f/1.8, kemudian 8 MP dengan aperture f/2.2 serta 2 MP bukaan f/2.4.

Sebagai kamera utama untuk resolusi 48 MP memang bisa diandalkan. Lensanya itu bisa menangkap foto dengan kualitas terbaik, jernih meski diambil dari jarak jauh dan di luar ruangan.

Sedangkan kamera depan juga bisa diandalkan untuk Anda yang demen akan foto selfie. Meski hanya sebuah lensa namun dengan resolusi 32 MP tentu tidak akan mengecewakan.

Hasil fotonya dari kamera selfie-nya ini sangat bagus, walaupun mengambil di tempat yang pencahayaannya minim.

Itu disebabkan karena selfie-nya ini dibekali dengan teknologi 4-in-1 piksel, yang bisa mencerahkan tangkapan lensa ketika lingkungan di sekitar gelap.

Performa Vivo Z5

Pada sektor dapur pacu, seri Z5 ini mengandalkan chip Snapdragon 712 yang merupakan versi upgrade dari chipset Snapdragon 710. Kelebihan dari Snapdragon 712 ini bisa meningkatkan performa sampai dengan 10 persen.

Sebagai pendukung performa, dipasang juga RAM dengan dua alternatif, antara lain kapasitas 6 GB dan 8 GB.

Dengan besaran RAM seperti itu, maka HP Vivo ini tidak bakalan ada kendala, walaupun mengoperasikan beragam aplikasi secara bersama-sama, ataupun bermain game.

Meski tidak ada slot untuk memori eksternal atau microSD, namun penyimpanan internal yang ada pada seri Z5 ini sangat besar.

Penyimpanan internalnya tersebut tersedia dalam tiga opsi, diantaranya 64 GB, 128 GB serta 256 GB. Dengan besaran seperti itu, maka HP ini dapat menginstal banyak aplikasi, menyimpan file mulai dari lagu, foto, dan video dalam jumlah yang tidak sedikit.

Bagian software, sistem operasi (OS) Z5 sudah berbasis Android 9.0 Funtouch, dengan platformnya yang jauh lebih segar. Selain itu Anda tak perlu khawatir gagal melakukan pembaruan berbagai aplikasi.

Baterai

Kapasitas baterai juga menjadi daya tarik orang untuk membeli smartphone. Terlebih yang memiliki mobilitas tinggi serta seringnya bermain game.

Untuk Vivo Z5 ini, selain memiliki kinerja yang tangguh namun juga dibarengi dengan baterai dengan kapasitas besar, yaitu 4500 mAh berjenis ithium polymer.

Baterainya ini bisa bertahan dengan membuka beragam aplikasi sampai 12 jam dipemakaian normal serta bersifat produktif. Apabila digunakan untuk menonton video atau bermain game, sanggup bertahan sampai 6 jam lamanya.

Andalan dari seri ini juga dibekali dengan teknologi flaashcharge atau fast charging dengan rate transfer daya sebesar 22,5 watt. Jadi baterai yang ada pada seri Z5 ini bisa diisi ulang sampai 50 persen hanya dalam waktu setengah jam saja.

Sedangkan untuk harganya, untuk di toko online Vivo Z5 ini dibanderol kisaran Rp 4 jutaan. Tentunya harga tersebut sangat pas dan tergolong murah, karena smartphone Vivo ini memiliki kelebihan yang jarang ada di ponsel lain di kelasnya. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img