Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruMerawat Mata Biar Tetap Sehat Sampai Tua

Merawat Mata Biar Tetap Sehat Sampai Tua

Merawat mata menjadi suatu keharusan setiap orang yang mempunyai mata sehat. Merawat salah satu organ vital dalam tubuh manusia ini sangat penting sekali.

Sungguh hal yang tidak diinginkan jika mata kita terkena gangguan seperti iritasi ringan, pandangan kabur, katarak dan bahkan sampai tidak dapat melihat sama sekali.

Namun, semua itu bisa diatasi dengan menjaga kesehatan mata kita sejak dini. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan? Maka dari itu haruslah kita pintar-pintar merawatnya agar tetap sehat.

Merawat Mata dengan Makanan Sehat

Makanan merupakan salah satu asupan bagi tubuh. Namun, kandungan yang ada di dalamnya perlu diperhatikan dan jangan sampai berlebihan.

Untuk itu, agar mata Anda tetap sehat, makanan-makanan yang mengandung vitamin ini bisa dijadikan pilihan, seperti di bawah ini:

1. Mengandung Vitamin  A

Vitamin A berguna agar mata terlindungi dari gangguan penglihatan, dan dapat melindungi mata agar tidak kering. Kandungan vitamin A terdapat dalam telur, susu, daging sapi, dan mentega.

2. Mengandung Vitamin D  

Vitamin D dapat mengurangi risiko degenerasi makula, yang terdapat dalam salmon, sarden dan susu. 

3. Mengandung Vitamin E

Vitamin E dapat berguna untuk melindungi dan merawat mata dari peradangan dan dapat menjaga sel dan jaringan mata agar tetap kuat dan terlindungi.

4. Makanan Mengandung Zinc atau Seng

Zinc atau seng berguna untuk menjaga kesehatan sirkulasi, mencegah reaksi autoimun yang dapat menyeimbangkan hormon dan melindungi mata.

5. Kandungan Flavanoid

Flavanoid, kandungannya dapat berguna untuk melindungi mata dari gangguan seperti katarak. Dan degenerasi makula. Kandungan ini terdapat pada anggur merah, buah jeruk, blueberry, cherry, blueberry, kacang-kacangan, kedelai dan teh.

6. Kandungan Beta-Karoten

Kandungan beta-karoten dapat kita temui dalam bayam, kangkung, labu, ubi jalar dan wortel. Beta-Karoten yang terkandung dalam makanan tersebut dapat mengurangi degenerasi makula.

7. Makanan yang mengandung Asam Lemak Omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yaitu minyak ikan, biji rami dan salmon. Asam lemak omega-3 memiliki manfaat yang cukup bagus dan luar biasa untuk merawat mata.

Kandungan di dalamnya ini dapat mencegah dari mata kering dan dapat mencegah dari degenasi makula.

Selain dari makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk mata, upaya lain untuk melindungi mata yaitu dengan mengimbanginya dengan aktifitas yang membuat mata tetap lembab, dan tubuh tetap bugar.

Anda bisa melakukannya seperti tidak terlalu lama menatap monitor yang ada pada laptop, smartphone dan benda-benda yang mengandung cahaya yang kurang baik untuk mata.

Selain itu, Anda juga bisa memakai kacamata hitam di bawah terik matahari dan tidak melihat matahari langsung dengan mata telanjang.

Sedangkan untuk aktifitas keseharian untuk merawat mata, Anda juga bisa melakukan olahraga secara teratur, minum air putih secara teratur, tidur secara teratur, dan tentunya memakan makanan yang sehat dan tidak berlebihan. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img