Mieling Poe Basa Indung Internasional, Siswa di Ciamis Pakai Baju Adat

mieling poe basa indung internasional
Siswa SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis memakai baju adat dalam rangka Mieling Poe Basa Indung Internasional, Jum'at (21/2/2020). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati hari bahasa ibu internasional atau Mieling Poe Basa Indung Internasional, para siswa SMA Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, memakai baju adat dan berkomunikasi dalam Bahasa Sunda, Jumat (21/02/2020). 

Suarman Guntara, Kepala SMA Negeri 1 Kawali mengatakan, Mieling Poe Basa Indung International bertemakan ‘Miara Basa Sunda Ngajungjung Darajat Bangsa’ atau memelihara Bahasa Sunda untuk meningkatkan derajat bangsa..

“Dengan tema tersebut, siswa SMA Negeri 1 Kawali diwajibkan menggunakan pakaian adat sunda, serta berkomunikasi menggunakan Bahasa Sunda, baik dalam kegiatan formal maupun non formal,” ujar Suarman saat ditemui HR Online di SMA Negero 1 Kawali, Jum’at (21/2/2020).

Menurutnya, berdasarkan amanat Undang-undang, Bahasa dan Sastra Sunda merupakan kekayaan budaya bangsa yang wajib dilestarikan.

“Tanggung jawab untuk melestarikan bahasa, sastra dan budaya Sunda ini sudah merupakan tanggung jawab bersama, tanpa terkecuali,” katanya.

Karena itu, lanjut Suarman, diperlukan sebuah upaya sinergis yang melibatkan berbagai unsur dan didukung oleh semua pihak, agar nilai-nilai mulia yang terdapat di dalam kebudayaan Sunda dapat menyatu dengan kepribadian bangsa, khususnya dalam pembentukan karakter siswa.

“Itu yang jadi alasan kami mewajibkan siswa berkomunikasi dengan menggunakan Basa Sunda, dalam rangka pelaksanaan Mieling Poe Basa Indung Internasional,” pungkasnya.

Dari pantauan HR Online, terlihat siswa laki-laki mengenakan pangsi warna hitam, ada juga yang melengkapinya dengan iket. Sementara siswa perempuan kebanyakan memakai kebaya. Bukan hanya para siswa saja yang memakai pakaian adat. Namun, guru-guru pun mengenakan pakaian adat. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...