Misi Luar Angkasa NASA Terbaru Siap Eksplor Tata Surya, Apa Saja?

Misi Luar Angkasa Nasa Terbaru
Misi luar angkasa nasa terbaru siap eksplor tata surya. Foto: Ist/Net

Misi luar angkasa NASA terbaru tengah dipersiapkan untuk diluncurkan di tahun 2020 ini. Tak tanggung-tanggung, NASA telah merencanakan empat misi sekaligus.

Misi yang diperkenalkan NASA ini masih berkaitan dengan dunia Tata Surya. Diharapkan misi NASA ini mampu mengungkap sejumlah fakta terkait benda-benda langit yang selama ini menyimpan misteri.

Misi Luar Angkasa NASA Terbaru

Bagi anda yang suka mengikuti kabar terbaru di dunia astronomi, anda pasti sudah tak asing lagi dengan NASA. NASA adalah lembaga antariksa Amerika Serikat yang tak perlu lagi diragukan kiprahnya.

Selama ini kita tahu bahwa NASA gencar meluncurkan misi ke luar angkasa, salah satunya penelitian planet Mars yang digadang-gadang layak huni.

Misi tersebut pun diikuti dengan empat misi baru yang menghabiskan dana besar. Adapun besarnya dana yang dikucurkan untuk merealisasikan misi NASA senilai USD3 juta atau setara Rp41 miliar.

Dana yang tak sedikit tersebut dimanfaatkan untuk melahirkan konsep matang dari keempat misi dengan waktu 9 bulan lamanya.

Lantas apa saja keempat misi luar angkasa NASA terbaru tersebut? Mengapa membutuhkan dana yang begitu fantastis? Untuk diketahui, misi NASA kali ini berkaitan dengan planet Venus, Jupiter, dan Neptunus.

Perihal detail misi yang tengah disiapkan NASA, anda bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

DAVINCI+

Salah satu dari keempat misi yang hendak diluncurkan NASA yaitu DAVINCI+. Misi DAVINCI+ ini memiliki kepanjangan Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gases, Chemistry and Imaging Plus.

Sesuai dengan namanya, misi ini akan melakukan analisis terhadap atmosfer Venus. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada ilmuwan terkait bagaimana planet Venus terbentuk.

Tak hanya itu, misi DAVINCI+ juga diluncurkan dengan tujuan untuk membeberkan bagaimana Venus berevolusi hingga kemungkinan memiliki perairan samudra atau tidak.

Perlu untuk anda ketahui, misi luar angkasa NASA terbaru ini sendiri menjadi misi lanjutan dari penelitian yang sempat dilakukan pada 1978 silam.

Dengan demikian, diharapkan misi DAVINCI+ ini bisa menemukan fakta baru dan hasil penelitian yang lebih detail untuk menyempurnakan penelitian sebelumnya.

VERITAS

Sama halnya DAVINCI+, misi yang satu ini juga berhubungan dengan planet Venus. Hanya saja, kawasan penelitiannya berbeda.

Jika DAVINCI+ meneliti atmosfer Venus, VERITAS yang memiliki kepanjangan Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography and Spectroscopy ini akan mencermati permukaannya.

Misi luar angkasa NASA terbaru ini dihadirkan untuk memetakan permukaan Venus guna mengetahui sejarah geologisnya. Dengan begitu, ilmuwan bisa tahu bagaimana perkembangannya.

IVO

Misi NASA lainnya yang juga penting untuk anda ketahui yaitu IVO. Berbeda dengan kedua misi di atas yang meneliti planet Venus, misi IVO ini berkaitan dengan planet Jupiter.

Misi IVO yang adalah singkatan dari Io Volcano Observer ini akan fokus pada bulan milik Jupiter yang bernama Io. Misi ini tentu saja sangat menarik.

Bagaimana tidak? Selama ini kita tahu bahwa Io dikenal sebagai bulan dengan tenaga volkanik paling aktif yang ada di sistem Tata Surya.

Tak hanya itu, bulan Io ini juga memanas karena adanya himpitan gravitasi planet Jupiter. Hal ini tentunya menambah kesan menarik Io.

Misi luar angkasa NASA terbaru ini pun diluncurkan dengan tujuan untuk menelusurinya. Melalui misi IVO, ilmuwan bisa mempelajari mengenai samudra magma hingga kekuatan pasang surutnya.

Trident

Beralih pada misi yang keempat, yakni Trident. Misi yang satu ini akan berkaitan dengan planet Neptunus, lebih tepatnya pada Triton.

Triton sendiri adalah bulan terbesar milik Neptunus. Sebagaimana yang kita tahu, bulan ini jauh dari matahari dan memiliki iklim dingin.

Dengan meluncurkan misi Trident, ilmuwan NASA tengah berupaya untuk mencari tahu apakah Triton dengan kondisinya tersebut memiliki pendukung kehidupan atau tidak.

Tak bisa dipungkiri bahwa keempat misi NASA untuk mengeksplor Tata Surya di atas memang mengesankan. Hanya saja, belum ada kepastian kapan misi tersebut akan terealisasi.

Pasalnya, hingga kini NASA enggan membeberkan perkiraan jadwal peluncuran misinya. Untuk itu, kita tunggu saja kabar terbarunya. Hal yang pasti, misi luar angkasa NASA terbaru ini patut diapresiasi. (R10/HR-Online)

Loading...