Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisMisteri Situs Gunung Malati Ciamis Belum Terpecahkan

Misteri Situs Gunung Malati Ciamis Belum Terpecahkan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Keberadaan Situs Gunung Malati yang berada di Dusun Ciroyom, Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis masih menjadi misteri. Pasalnya, tidak ada warga yang tahu sejarah sebenarnya.

Diketahui, di Situs Gunung Malati tersebut terdapat makam Buyut Wirapati. Meski namanya diketahui, namun asal usulnya belum diketahui.

Salah satu perangkat desa setempat, Usman, menjelaskan, berdasarkan tradisi lisan yang diyakini masih bertahan sampai saat ini, lokasi tersebut dahulunya merupakan tempat ritual.

“Orang sini tidak ada yang berani mengambil kayu atau pun membakarnya. Mungkin karena mereka meyakini ini tempat ritual meski belum jelas asal usulnya,” kata Usman kepada HR Online, Kamis (6/2/2020).

Usman menambahkan, di lokasi tersebut terdapat pelataran luas yang dikelilingi pepohonan serta akar rambat. Kendati demikian, namun kondisinya tetap bersih. Padahal, di lokasi tersebut tidak ada juru kuncinya.

“Masyarakat sini hanya menduga-duga saja, ada yang bilang mungkin ini tempat perguruan bela diri. Soalnya tempatnya luas,” ujar Usman.

Berkaitan dengan makam Buyut Wirapati, Usman dan juga masyarakat sekitar pun tidak ada yang tahu secara persis sejarahnya. Hanya saja jika melihat tulisan yang ada di makam tersebut tertulis tahun 1585.

“Jika melihat tahun tersebut, berarti masih beragama Budha. Namun anehnya jika dilihat dari makamnya itu seperti makam orang Islam. Jadi, Situs Gunung Malati ini masih menjadi misteri,” pungkasnya. (Edji/R6/HR-Online)

- Advertisment -