Sering Disebut Berbahaya, Ternyata MSG Aman Dikonsumsi

MSG aman dikonsumsi
Sering disebut berbahaya, ternyata MSG aman dikonsumsi. Foto: Ist/Net

MSG atau Monosodium Glutamat telah dikenal masyarakat sebagai penyedap rasa yang sering digunakan pada berbagai masakan. Namun penggunaan MSG atau dikenal juga dengan sebutan vetsin masih kontroversi. Sehingga timbul pertanyaan apakah MSG aman dikonsumsi?

MSG Aman Dikonsumsi

Untuk menjawab pertanyaan apakah MSG aman untuk dikonsumsi, serangkaian penelitian pun dilakukan oleh para ahli. Beberapa fakta berikut membuktikan MSG aman untuk dikonsumsi:

MSG Terbuat dari Bahan Alami

Ada banyak nama yang disematkan pada MSG, diantaranya vetsin, mecin, dan pecin. Semua nama itu merujuk pada penyedap rasa yang ditambahkan pada makanan.

MSG diketahui terbuat dari bahan alami berupa tetes tebu yang dibuat dengan proses fermentasi. Proses fermentasi untuk mendapatkan MSG sama halnya seperti fermentasi pada pembuatan tempe, oncom, maupun tape yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Kandungan MSG

Kandungan yang ada dalam MSG selain asam glutamate adalah natrium atau Anda mengenalnya sebagai garam, serta air. Namun kandungan utamanya adalah asam glutamat.

Zat ini merupakan asam amino yang tidak jauh berbeda dengan zat asam glutamate yang ada pada makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, seperti susu, keju, atau tomat.

MSG Aman Dikonsumsi Karena Mudah Larut

Fakta kedua adalah MSG merupakan zat yang mudah larut dalam sistem pencernaan. Bahkan disebut baik untuk proses metabolisme tubuh.

Selain itu, MSG juga berperan dalam proses sekresi enzim dan hormon dalam sistem pencernaan, termasuk usus besar, dan hati. Ini berarti MSG tidak menganggu proses pencernaan pada tubuh.

MSG Dinyatakan Aman oleh Berbagai Badan Dunia

MSG juga telah diakui keamanannya oleh berbagai badan dunia yang memiliki kompetensi dalam bidang makanan. Salah satunya JEFCA, badan yang mengurusi masalah makanan di bawah FAO. Bahkan BPOM Indonesia pun menyatakan MSG aman dikonsumsi.

Begitupun dengan FDA atau yang lebih dikenal sebagai Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Hanya saja FDA mewanti-wanti batas aman penggunaan MSG, yakni hanya 2 gram saja. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Selain dinyatakan aman oleh BPOM RI, pada Peraturan Menteri Kesehatan No. 033 Tahun 2012 juga dinyatakan MSG sebagai salah satu bahan tambahan pangan yang dizinkan untuk dikonsumsi karena dinilai aman.

Dalam Permen Kesehatan No. 033 Tahun 2012 tersebut juga disebutkan agar MSG dikonsumi dalam takaran secukupnya.

Berbagai fakta tersebut menunjukkan MSG aman dikonsumsi, dan bukan termasuk bahan berbahaya. Hanya saja perlu diingat dalam konsumsi MSG janganlah berlebihan. Namun, sesuaikan dengan anjuran, yakni secukupnya saja.

Berikut takaran MSG maksimal yang aman untuk dikonsumsi:

WHO (World Health Organization) atau badan kesehatan internasional menyebutkan takaran aman untuk mengonsumsi MSG sebanyak 6 gram dalam satu hari.

Sejalan dengan itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia memberi rekomendasi batas aman penggunaan MSG sebanyak 5 gram.

Sementara faktanya, orang Indonesia rata-rata mengonsumsi MSG 0,65 gram setiap hari. Ini berarti lebih sedikit daripada batas maksimal yang ditetapkan oleh Kemenkes maupun WHO.

Artikel ‘Sering Disebut Berbahaya, Ternyata MSG Aman Dikonsumsi’ dibuat berdasarkan hak jawab yang dilayangkan P2MI (Persatuan Perusahaan Monosodium Glutamat dan Glutamic Acid Indonesia) atas artikel Penyebab Gangguan Fungsi Hati dan Langkah Mengatasinya. (Ndu/R7/HR-Online)