Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita PangandaranMusim Paceklik, Beras di Langkaplancar Pangandaran Tembus Rp 11.000/Kg

Musim Paceklik, Beras di Langkaplancar Pangandaran Tembus Rp 11.000/Kg

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Musim paceklik tahun ini, harga beras di wilayah Langkaplancar mencapai Rp.11.000 per kilogram. Meski begitu sebagian masyarakat menganggap harga ini masih normal.

Salah seorang pedagang beras di Desa Pangkalan, Kecamatan, Hendra Gunawan, mengatakan, harga beras saat ini masih tergolong normal dan wajar jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 12 ribu per kilogramnya.

Hendra memprediksi hingga musim panen nanti harga beras tidak bakalan naik lagi secara signifikan. Kalau pun naik, sekitar Rp 500 per kilogramnya.

“Meski petani di Langkaplancar saat ini baru memasuki musim tanam padi, namun sepertinya harga beras di sini tak akan mengalami kenaikan yang signifikan, karena Insya Allah stok beras masih aman,” paparnya.

Hendra mengatakan, kenaikan harga beras tak lepas dari naiknya harga gabah yang mana mencapai Rp 6 ribu per kilogramnya. Jadi, sangat wajar bila harga beras Rp 11 ribu per kilogramnya.

Untuk mengamankan stok beras, Hendra mengaku tahun ini terpaksa membeli gabah dari luar daerah. Ia berprinsip yang penting masyarakat yang ingin membeli beras tak kesulitan.

“Soalnya tak sedikit masyarakat yang mengambil beras dengan cara utang. Bagi saya tak masalah, yang penting jika nanti masa panen mereka siap membayarnya pake uang atau gabah. Itu sih terserah petaninya saja,” tambahnya.

Selain menyediakan beras, ia juga menyediakan berbagai macam pupuk yang juga proses pembayarannya bisa dibayar saat panen tiba.

“Walau mayoritas penduduk di sini berprofesi sebagai petani, namun jika musim paceklik begini hampir 50 persen mereka masih membeli beras,” pungkasnya. (Enceng/Koran HR)

- Advertisment -