Nikon D6 2020, Kamera DSLR Kelas Profesional Terbaru

nikon d6 2020
Nikon D6 2020, kamera DSLR kelas profesional terbaru. Foto: Ist/Net

Nikon D6 2020 akan segera rilis tahun ini menurut Nikon Rumours. Kamera ini merupakan penerus DSLR dari seri D5 pada awal 2016.

Perusahaan asal Negeri Sakura tersebut telah mempublikasikan foto Nikon D6. Selain itu juga menawarkan kamera digital SLR tercanggih yang pernah diproduksi.

Sayang sekali tidak ada hal lain yang diumumkan selain klaim foto tersebut. Spesifikasi secara detail mengenai kamera DSLR Nikon seri D ini belum diketahui secara jelas.

Baca Juga: Spesifikasi Nikon Z50, Kamera dengan Sensor APS-C

Namun, sudah dapat dipastikan jika produk keluaran terbaru merupakan kamera kelas flagship dengan sensor full frame.

Nikon D6 2020 merupakan produk teratas dari jajaran kamera DSLR Nikon. Keluaran seri D single digit mulai dari D1 keluaran tahun 1999, sampai pada tahun 2016 yang mengeluarkan D5.

Desain kamera dirancang khusus untuk para profesional yang memerlukan kamera dengan performa yang tangguh, kencang, handal dan berkualitas tinggi.

Body kamera mempunyai bentuk persegi karena memuat vertical grip terintegrasi. Nikon selalu membekali kamera seri D-nya dengan fitur-fitur yang terbaru.

Performa Nikon D6 2020

Suksesnya Nikon D5 dilanjutkan dengan dengan Nikon D6 yang siap meluncur. Nikon D6 menyasar kalangan fotografer profesional yang lebih mengutamakan kecepatan ketika melakukan pemotretan.

Desain Nikon D6 2020 jika dilihat sekilas, maka hampir mirip dengan Nikon D5. Perbedaannya adalah pada sensor yang dipakai menggunakan full frame 20.8 MP yang dikombinasikan dengan prosesor Nikon Expeed 6.

TCL

Prosesor baru pada Nikon D6 mampu memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 14 fps bila menggunakan shutter mekanikal.

Kamera ini juga memiliki kemampuan untuk membidik dengan kecepatan mencapai 10,5fps pada resolusi penuh namun tak ada suara shutter.

Hal ini tentu sangat menguntungkan para fotografer. Apabila tidak ingin terganggu dengan suara shutter dari kamera.

Kecepatan memotret juga bisa ditingkatkan hingga 30 fps di resolusi 8 MP serta 60 fps pada resolusi 2 MP. Sementara untuk rentang ISO, Nikon D6 mempunyai 100 hingga 102.400.

Kemampuan merekam video hingga 3840 x 2160 4K/30p MOV, H.264, Linear PCM yang didukung focus speaking. Perekaman juga dapat menggunakan format MP4.

Pada sektor autofokus, Nikon D6 2020 meningkat sangat signifikan. Sistem autofokus telah didukung dengan 105 titik fokus.

Namun, jumlah titik fokus tersebut masih terbilang sedikit bila dibandingkan Nikon D5 yang mempunyai autofokus dengan dukungan 153 titik.

Akan tetapi, semua titik fokus pada Nikon D6 merupakan titik fokus cross type. Sistem autofokus tersebut paling mutakhir dari semua kamera Nikon yang pernah ada.

Diantaranya ada Contrast Detect  atau sensor Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection dan Live View.

Rancangan titik fokus lebih rapat, yakni 1,6x. Sehingga cakupan area titik fokus akan lebih luas. Selain itu, beragam konfigurasi juga dapat didukung dengan sistem fokus yang ada.

Sektor Penyimpanan Nikon D6 2020

Nikon D6 merupakan kamera DSLR kelas profesional pertama yang tidak mendukung kartu memori Compack Flash atau CF. Kamera hanya menyediakan dua slot kartu memory dengan dukungan XQD atau CFEpress.

Kelebihan lain yang terdapat pada rancangan body kamera ini adalah tahan terhadap cuaca. Bobotnya seberat 1270 gram dengan dimensi 160 x 163 x 92 mm. Nikon D6 2020 juga menawarkan layar sentuh 3.2 inci, 2.359.000 titik.

Dilengkapi dengan fitur lain seperti Wifi, GPS dan Bluetooth. Terdapat port ethernet yang bisa dimanfaatkan untuk transfer data 15% lebih cepat bila dibandingkan dengan kamera seri pendahulunya.

Selain itu, lensa kamera juga dikembangkan dengan lensa telephoto terbaru AF-S Nikkon 120-300 mm f/2.8 SR VR. Lensa tersebut akan memberikan dukungan pada para fotografer yang lebih baik, misalnya saja pada bidang sport.

Harga jual yang ditawarkan kamera Nikon ini dipengaruhi oleh spesifikasi pada fitur stabilisasi sensornya. Fitur yang berbasis lensa sehingga para fotografer harus membeli lensa yang disertai dengan stabilisasi.

Penggunaan lensa pada kamera ini harus distabilkan ulang untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi.

Nikon D6 2020 mulai tersedia di pasaran pada bulan April 2020 mendatang. Harga yang ditawarkan mulai dari 6.500 US Dollar atau hampir senilai 90 juta. Kamera ini kemungkinan akan diluncurkan tepat pada saat Olimpiade Tokyo 2020. (R10/HR-Online)

Loading...