Jangan Dulu Kerokan, Ini Obat Masuk Angin Alami!

obat masuk angin alami
Ilustrasi masuk angin. Foto: Ist/Net

Obat masuk angin alami bisa didapatkan dengan mudah di sekitar kita. Jadi ketimbang mencari orang yang bisa diminta kerokan, coba dulu pakai obat ini.

Indonesia memang dianugerahi dengan iklim tropis, tak heran jika masuk angin jadi penyakit langganan masyarakatnya. Mengingat hal itu, banyak juga obat masuk angin yang dijual untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Benarkah Kerokan Bisa Sembuhkan Masuk Angin?

Saat seseorang masuk angin, gejala yang ditunjukkannya adalah badan terasa pegal-pegal, perut kembung, terkadang disertai demam karena suhu tubuh meningkat, hidung berair, mata merah, dan sakit tenggorokan. Itu pertanda ada virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh, dan tubuh berusaha melawannya.

Saat gejala tersebut menimpa Anda, maka yang harus diprioritaskan adalah istrihat total. Jangan dipaksakan bekerja, karena bisa memperparah kondisi kesehatan.

Obat Masuk Angin Alami

Saat istirahat total selain bisa mengonsumsi obat masuk angin yang dijual secara bebas, Anda pun bisa mengonsumsi mengikuti cara mengatasi masuk angin secara alami, berikut ini:

Air Putih

Saat masuk angin menyerang, jangan biarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi yang akan membuat virus atau bakteri yang masuk ke tubuh leluasa.

Anda perlu memperbanyak minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. Ini berguna juga untuk melongsongkan pernapasan dan tentu saja jadi obat masuk angin alami karena bisa mempercepat penyembuhan.

Hindari juga minuman bersoda, apalagi minuman beralkohol. Ada kalanya mulut terasa pahit sehingga saat masuk angin enggan untuk minum air putih. Maka siasati dengan sup sayur hangat. Anda bisa mengonsumsinya untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Anda juga bisa meminum air putih hangat untuk meredakan masuk angin. Minum-minuman hangat bisa meredakan perut kembung dan punya efek menenangkan.

Madu

Sudah sejak lama madu dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama ketika daya tahan tubuh menurun dan jatuh sakit. Termasuk jadi obat masuk angin alami.

Khasiat madu selain mampu mendrongkrak daya tahan tubuh, juga bisa melegakan pernapasan. Apalagi saat masuk angin yang Anda rasakan disertai dengan batuk-batuk.

Bawang Merah

Jika Anda terbiasa kerokan dengan uang koin, ada baiknya Anda menggantinya dengan bawang merah.

Anda cukup mengiris bawang putih besar-besar, lalu gosokkan salah satu bagiannya ke punggung seperti halnya ketika Anda kerokan dengan uang koin. Anda bisa juga mencampurkannya dengan minyak essensial agar menimbulkan efek hangat.

Kerokan dengan bawang merah lebih aman dibandingkan dengan kerokan dengan uang koin. Terutama bagi yang punya kulit tipis atau gampang lecet.

Jahe

Obat masuk angin alami selanjutnya adalah air seduhan jahe hangat. Jahe yang mengandung antioksidan baik untuk melancarkan peredaran darah.

Selain itu, jahe juga punya efek yang menghangatkan. Kehangatan dari jahe inilah yang mampu meredakan perut kembung yang biasa terjadi saat masuk angin.

Mandi Air Hangat

Saat Anda masuk angin, hindari mandi dengan air dingin. Sebaliknya jika Anda mandi dengan air hangat, uap yang keluar dari air hangat tersebut bisa Anda hirup dan bisa melegakan hidung tersumbat.

Begitupun jika Anda masuk angin disertai dengan pegal-pegal, mandi dengan air hangat bisa membuat otot lebih santai.

Beberapa orang bahkan percaya kalau mandi air hangat membuat mood lebih baik walau dalam keadaan sakit.

Hanya saja, untuk yang terakhir ini belum ada penelitian yang mengungkap hubungan antara mandi air hangat dengan mood seseorang saat sakit.

Makan Bergizi

Perut kembung saat masuk angin akan membuat Anda tidak nafsu makan. Namun, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi. Salah satu penyebab masuk angin adalah telat makan, karena itu konsumsi makanan yang mengandung mineral dan vitamin akan jadi obat masuk angin alami.

Selain sup sayur hangat, Anda juga bisa mengonsumsi sup daging ayam hangat. Lengkapi dengan cemilan berupa buah-buahan agar Anda segera pulih.

Istirahat

Dari semua obat masuk angin alami yang dijelaskan di atas, istirahat yang cukup adalah proses penyembuhan yang terpenting.

Jika Anda sering bermain HP sebelum tidur, segera letakkan HP Anda dan mulailah pejamkan mata agar bisa beristirahat dengan tenang.

Matikan lampu kamar juga dianjurkan agar tidur Anda bisa lebih pulas. Istirahat yang cukup akan membantu memulihkan kondisi tubuh yang masuk angin.

Itulah obat masuk angin alami yang dianjurkan. Saat musim hujan seperti saat ini, terkadang Anda bisa kehujanan di jalan dan kena masuk angin, saran di atas bisa Anda terapkan untuk proses penyembuhan. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...