Olympus OM-D E-M1 Mark III, Kamera dengan 50 MP Handheld High Res Shot

Olympus OM-D E-M1 Mark III
Kamera Olympus OM-D E-M1 Mark III. Foto: Istimewa

Olympus OM-D E-M1 Mark III resmi diumumkan oleh pihak Olympus dalam rangka menindaklanjuti seri pendahulunya. Kamera ini diklaim lebih unggul dari E-M1X 2019.

Kamera menggunakan Micro Four Thirds tanpa cermin Olympus yang pro-grade. Desainnya lebih ringkas dengan harga yang terjangkau.

Generasi penerus dari OM-D E-M1 Mark II dan Olympus OM-D E-M1X mempunyai fitur yang telah ditingkatkan. Terdapat fitur Live ND tanpa vertical grip. Selain itu juga dihadirkan dengan beberapa update lainnya.

Olympus OM-D E-M1 Mark III dengan 50 MP Handheld High Res Shot

Desain yang dimiliki OM-D E-M1 Mark III hampir identik dengan E-M1 Mark II. Terdapat pegangan vertikal yang sama dengan E-M1 Mark II.

Tapi ada beberapa hal yang berubah jika anda memperhatikannya lebih detail. Olympus telah menambahkan pilihan mode kustom tambahan pada pemutar. Tambahan total empat opsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti halnya dengan E-M1X, Olympus OM-D E-M1 Mark III  mempunyai port USB-C PD yang mendukung adanya pengisian cepat.

Baca juga: Olympus OM-D E-M5 Mark III Meluncur, Siap Temani Moment Tahun Baru

Untuk mengisi daya pada kamera hanya diperlukan waktu dua jam saja. Hal tersebut sebanding dengan kamera lain yang sekelas.

Kelebihannya, anda dapat memasang baterai pada kamera secara langsung ketika melakukan pengisian daya. Namun, anda tidak bisa mengisi baterai bersamaan dengan kegiatan pemotretan.

Body kamera terbaru dari Olympus menggunakan joystick 8 arah serta sejumlah tombol lainnya. Inilah yang membedakannya dengan E-M1 Mark II.

Selain itu juga didukung intensitas weather sealing. Secara resmi kamera ini telah mempunyai sertifikasi IPX1.

Masih sama seperti generasi sebelumnya, kamera ini menggunakan sensor Four Thirds yang mempunyai resolusi 20,4 MP. Namun, Olympus menyempurnakannya dengan image processor generasi terbaru.

Disamping itu juga telah menyematkan TruePic IX serta sistem stabilizer yang telah diperbarui. Dengan demikian, Olympus OM-D E-M1 Mark III dapat mengompensasi getaran hingga 7 stop exposure.

Hasil yang paling mengesankan adalah Starry Sky AF, merupakan mode yang memungkinkan fotografer untuk membidik astrofotografi tanpa tripod dalam mode autofokus. Tidak ada batasan untuk melakukan penyesuaian yang halus melalui fokus manual.

Olympus dapat mengandalkan deteksi fase atau kontras autofocus dengan memakai pencahayaan yang dikumpulkan oleh sensor.

Prosesor gambar terbaru dari Olympus juga memungkinkan untuk melakukan perbaikan pada algoritma pelacakan mata dan wajah secara signifikan.

Model terbaru ini diklaim lebih baik dari model sebelumnya. Terutama dalam hal melacak mata dan wajah yang lebih kecil.

Fitur 50 MP Handheld High Res Shot Olympus ini dihadirkan dengan perpaduan prosesor dan stabilizer yang baru. Sehingga, anda dapat membidik foto dengan resolusi yang tinggi.

Jadi tidak perlu menggunakan tripod lagi. Jika ada tripod, maka resolusi dapat ditingkatkan menjadi 80 MP.

Sistem Autofokus Olympus OM-D E-M1 Mark III

OM-D E-M1 Mark III mempunyai sensor Leve MOS 20,4 MP, sama seperti OM-D E-M1 Mark II dan OM-D E-M1X. Sistem AF 121 titik juga masih sama.

Kamera memungkinkan untuk mendukung pemotretan secara beruntun dengan kecepatan yang tinggi sampai 60 fps dengan AF atau AE terkunci.

Sementara jika menggunakan fokus otomatis kontinyu dan eksposur otomatis, Olympus OM-D E-M1 Mark III mencapai 18 fps.

Body OM-D E-M1 Mark III telah didukung oleh 7 langkah stabilisasi gambar dalam tubuh. Selain itu juga dihadirkan dengan peningkatan atas IBIS 5,5. Sehingga dapat menggandakan performanya serta shutter yang menjanjikan 400.000 operasi.

Fitur pendukung lainnya adalah Wifi built-in 5GHz yang dapat melakukan transfer gambar secara cepat. Selain itu, kamera OM-D E-M1 Mark III juga dapat memperbarui firmware dengan aplikasi seluler. Sehingga anda dapat mengekspor atau mengimpor profil.

Baca juga: Canon EOS 850D, Kamera DSLR Terbaru untuk Kelas Pemula

OM-D E-M1 Mark III  merupakan kamera yang hampir sama seperti pendahulunya. Baik itu dari segi performa atau pada videografi. Namun, yang paling menarik adalah adanya kompatibilitas kamera berupa power bank USB-C PD atau Power Delivery.

Kamera di Amerika Serikat dipasarkan dengan harga $ 1.800 untuk bodynya saja. Pemasaran kemungkinan akan dimulai akhir bulan ini.

Olympus OM-D E-M1 Mark III juga akan menjual dua kit lensa M.Zuiko 12-40mm dengan aperture f2.8 seharga $ 2.499,99 dan kit M.Zuiko 12-100mm f4.0 seharga $ 2.899,99. (R10/HR-Online)