Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita PangandaranPembalap Sepeda Kembar Asal Pangandaran Wakili Jabar di PON 2020

Pembalap Sepeda Kembar Asal Pangandaran Wakili Jabar di PON 2020

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dua pembalap sepeda asal Pangandaran mewakili Jawa Barat dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Uniknya kedua remaja yang masih duduk di bangku kelas XII SMA itu merupakan saudara kembar. Mereka adalah Nazma Marlian dan Nazmi Marlian. Keduanya masih berusia 17 tahun, namun prestasinya sudah banyak diakui di kalangan pembalap sepeda.

Saudara kembar yang merupakan anak dari pasangan Yanyan Sopyan dan Noneng Lia Sobariah itu mulai ikut balap sepeda sejak kelas 4 SD.

“Kami ini sudah banyak mendapatkan pengalaman pahit, tapi yang manis pun ada. Semua kami lalui di arena balap sepeda,” ujar Nazma kepada HR Online, Selasa (4/2/2020).

Meski kembar, namun pembalap sepeda yang tinggal di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran ini memiliki keahlian yang berbeda di arena sirkuit sepeda.

“Nazma itu keahliannya di sirkuit trek lurus, beda dengan Nazmi yang ahli di sirkuit menanjak,” terang Nazma.

Sementara itu, Noneng Lia Sobariah, ibu kedua anak kembar tersebut, mengatakan, keahlian Nazma dan Nazmi dalam balap sepeda berasal dari Yanyan Sopyan, yang merupakan ayah saudara kembar tersebut.

“Ayah mereka itu dulunya juga sama senang balap sepeda, sayangnya kurang tersalurkan, jadi mungkin karena itu menurun ke anak-anaknya,” terang Noneng.

Noneng mengaku mendukung hobi kedua anak kembarnya tersebut. Sebagai orang tua, Noneng biasa memberikan motivasi, terutama agar Nazma dan Nazmi bisa bermain sebaik mungkin dan berprestasi dalam balap sepeda.

“Selain motivasi, sebagai ibu saya pun mengatur jadwal mereka, mulai dari jadwal latihan sampai jadwal sekolahnya. Selain itu, asupan gizinya juga saya perhatikan betul. Gizi itu kan penting untuk stamina anak-anak,” jelas Noneng.

Menurut Noneng, saat ini kedua anak kembarnya yang juga pembalap sepeda asal Pangandaran itu sedang bersiap menghadapi PON 2020 di Papua. Nazma dan Nazmi terpilih sebagai wakil dari Jawa Barat dalam cabang olahraga balap sepeda.

“Bukan hanya PON, sebelumnya Nazma dan Nazmi juga banyak menjuarai berbagai kejuaraan balap sepeda,” kata Noneng.

Berikut prestasi yang berhasil diraih Nazma dan Nazmi:

Tahun 2017: Nazma Juara 1 di Nomor XCE event Lubuklinggau Mountain Bike Nasional dan Internasional Championship. Sementara Nazmi Juara 1 di nomor XCO event yang sama.

Tahun 2018: Nazma juara 1 dan Nazmi juara 2 pada event Asia Mountain Bike Series Cikole.

Tahun 2019: Nazma juara 2 pada event Pra Pon XX Papua Kejurnas di Sumatera. Pada tahun yang sama Nazma meraih juara 1 dan Nazmi juara 4 pada event Rhino XC Marathon Tanjunglesung.

Tahun 2020: Nazmi meraih juara 1 pada event ECC Cyclink Championship di Bogor. (Ceng2/R7/HR-Online)

- Advertisment -