Pemdes Muktisari Ciamis Tingkatkan Kinerja Perangkat Melalui Sambung Rasa

Pemerintah Desa Muktisari, bersama unsur Muspika Cipaku, Kabupaten Ciamis, usai menggelar kegiatan sambung rasa, Sabtu (08/02/2020). Foto: Edji Darsono/HR
Pemerintah Desa Muktisari, bersama unsur Muspika Cipaku, Kabupaten Ciamis, usai menggelar kegiatan sambung rasa, Sabtu (08/02/2020). Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Guna meningkatkan kinerja perangkat desa, Pemerintah Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar kegiatan Sambung Rasa, Sabtu (08/02/2020).

Kepala Desa Muktisari, Roiah Supriyati, mengatakan, dalam pelaksanaan tugas pemerintah desa tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala desa saja, karena ada pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas pada masing-masing perangkat.

“Semua itu bisa tercapai manakala ada kerjasama yang baik, yang tentunya kinerja perangkat pun harus ditingkatkan,” ujar Roiah.

Sementara itu, Ketua LPM Desa Muktisari, Hendra Sundara, mengapresiasi dengan adanya kegiatan sambung rasa yang digelar oleh Pemerintah Desa Muktisari.

Ia menilai, sambung rasa merupakan komunikasi dalam penyampaian gagasan dan perasaan, sehingga dapat menggugah dan menggerakan hati agar bisa saling menerima antara pihak satu dengan pihak lainnya dalam pemikiran, sikap, serta tingkah laku.

“Sebab, pada prinsipnya para perangkat desa bekerja secara otodidak, dan suatu kewajaran Muspika memberikan pelatihan dalam tupoksi perangkat desa. Sehingga, kebijakan pemerintah pusat bisa bersinergi dengan aparatur desa,” katanya.

Terlebih dalam pengelolaan anggaran negara yang begitu besar memiliki konsekuensi hukum yang besar pula. Menurut Hendra, hal ini bisa saja terjadi karena ketidak tahuan perangaktnya.

“Peningkatan kapasitas perangkat desa melalui sambung rasa sangat penting agar seluruh administrasi desa dapat tercapai dengan baik,” pungkasnya. (Dji/R3/HR-Online)

Loading...