Pemkab Ciamis Diminta Anggarkan Bantuan Tes DNA Bagi Warga tidak Mampu

TES DNA
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Anggota DPRD Kabupaten Ciamis meminta Pemkab Ciamis supaya menyediakan anggaran khusus untuk membantu biaya tes DNA bagi warga yang tidak mampu.

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Agus Rohimat, mengatakan, dirinya merasa prihatin mendapati adanya warga tidak mampu tengah memperjuangkan nasib anaknya agar mendapatkan pengakuan dari orang tuanya, yakni bapaknya, melalui tes DNA.

“Dari kejadian ini saya langsung mencari tahu ke bagian hukum apakah anggarannya ada atau tidak. Setahu saya biasanya ada anggaran untuk membantu warga tidak mampu dalam menghadapi masalah hukum,” kata Agus kepada HR Online, Kamis (13/2/2020).

Lantaran anggaran untuk masalah itu saat ini tidak ada, lanjut Agus, ia harap agar Pemkab Ciamis dapat menyediakan anggaran dari APBD untuk membantu warga tidak mampu.

Dalam kasus ini, Agus mencontohkan, warga yang berinisial S (20) melahirkan seorang anak hasil hubungan di luar nikah. Namun saat S meminta pertanggungjawaban justru tidak diakui oleh ayah dari si bayi tersebut.

“Nah untuk membuktikan secara hukum, S melaporkannya ke kepolisian dan polisi meminta ada bukti tes DNA. Namun S terkendala biaya yang cukup besar,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, Agus berharap Pemkab Ciamis bisa membantu menyelesaikan permasalahan seperti yang dihadapi warga tidak mampu. Ia sebagai DPRD mengaku sangat mendukung bila pemerintah membantunya.

Sementara itu, Bagian Hukum Setda Ciamis, Aef, menyebutkan, anggaran untuk membantu warga tidak mampu dalam menghadapi hukum memang ada. Namun anggaran yang ada tidak begitu besar.

“Biaya bantuan hukum untuk warga tidak mampu memang ada, termasuk yang tersangkut pidana. Anggaran yang sudah disediakan digunakan untuk biaya pengacara, sehingga biayanya tidak terlalu banyak,” ungkap Aef.

Terkait permasalahan bantuan anggaran untuk tes DNA bagi warga tidak mampu, kata Aef, memang perlu ada kajian serta dorongan dari semua pihak, seperti pihak DPRD dan juga pemerintah Ciamis, sehingga nantinya bisa ada anggaran. (Es/R6/HR-Online)

Loading...