Pengemis Terkaya di Indonesia, Assetnya Sampai 1 Miliar

Pengemis Terkaya di Indonesia, Assetnya Sampai 1 Miliar
Penghasilan pengemis di Indonesia cukup fantastis, ada yang punya asset kekayaan sampai Rp 1 miliar lebih. Foto:Ist/Net

Tahukah anda pengemis terkaya di Indonesia? Bahkan assetnya ada yang sampai mencapai Rp 1 miliar. Namun, sebelum kita masuk pada pembahasan pengemis yang berpenghasilan fantastis di Indonesia, kita sampaikan dulu apa arti pengemis.

Pengemis adalah seseorang yang melakukan aktivitas meminta-minta, biasanya mereka ada di tempat-tempat keramaian. Mengemis memang bukan sebuah pekerjaan, dan kerap dianggap sebagai perilaku memalukan. Namun bagi sebagian orang, mengemis adalah sebuah mata pencaharian atau pekerjaan yang bisa membuat kaya raya.

Anda pasti penasaran, berapa sih penghasilan para pengemis terkaya di Indonesia. Menjadi pengemis memang tidak sulit. Selain tidak perlu mengeluarkan modal, mengemis juga tidak harus mengeluarkan tenaga banyak layaknya pekerja kasar. Kita kerap menjumpai pengemis di pinggir jalan, pusat keramaian, terminal, pasar dan lainnya.

Di Indonesia, jumlah pengemis masih sangat banyak, terutama di kota-kota besar. Padahal aktivitas mengemis atau meminta-minta itu telah dilarang pemerintah dan bisa saja mendapat sanksi. Sanksi tersebut tak hanya berlaku bagi pengemis, namun juga bagi si pemberi uang. Dengan memberi uang, itu sama saja mendukung dan mengizinkan pengemis melakukan aktivitasnya karena malas bekerja.

Biasanya, pengemis bermodalkan pakaian compang-camping, dengan wajah yang lusuh, seolah mereka benar-benar menderita. Padahal, penghasilan sehari-hari para pengemis cukup fantastis, dan bisa melebihi pekerja kantoran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kita rangkum beberapa pengemis terkaya di Indonesia.

5 Pengemis Terkaya di Indonesia

Beberapa tahun terakhir ini, masyarakat Indonesia dihebohkankan dengan beberapa kisah penangkapan pengemis, yang aslinya memiliki kekayaan melimpah. Mereka setiap hari mengemis dengan penampilan layaknya orang miskin demi mendapat belas kasihan orang lain.

Namun nyatanya, mereka memiliki asset kekayaan puluhan juta hingga miliaran rupiah, dan hidup layak di kampung halamannya. Inilah 5 pengemis terkaya di Indonesia yang kami lansir dari berbagai sumber:

1. Legiman, Pengemis Asal Pati Kekayaannya Lebih dari Rp 1 Miliar

Mungkin anda tidak akan percaya, seorang pengemis mempunyai asset kekayaan mencapai Rp 1 miliar lebih. Namun inilah fakta yang terjadi, seorang pengemis asal Pati, Jawa Tengah, bernama Legiman. Kekayaan pengemis tua ini diketahui, saat dirinya terkena razia petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tahun 2019 silam.

Petugas mendapati uang sebanyak Rp 659 ribu dalam kantong celana Legiman. Kepada petugas, Legiman mengaku sehari bisa mendapat penghasilan mengemis rata-rata Rp 1 juta. Setelah ditelusuri, ternyata Legiman memiliki asset kekayaan yang fantastis. Dia diketahui memiliki tabungan sekitar Rp 900 juta dalam rekening sebuah bank. Legiman pun diketahui telah membeli tanah senilai Rp 275 juta dan memiiki rumah yang bernilai Rp 250 juta. Ini menjadikan Legiman sebagai pengemis terkaya di Indonesia.

2. Siswari Sri Wahyuningsih Pengemis Asal Semarang Memiliki tabungan Deposito Rp 140 Juta

Fakta mengejutkan lainnya datang dari seorang pengemis asal Semarang, Jawa Tengah. Pada tahun 2016 silam, petugas Satpol PP Kota Semarang dan Dinas Sosial setempat, berhasil mengamankan pengemis wanita bernama Siswari Sri Wahyuningsih.

Siswari menjadi salah satu pengemis terkaya di Indonesia. Pasalnya, saat ditangkap petugas ketika tengah mengemis di sekitar lampu merah Kawasan Yos Sudarso, Semarang, dalam tas Siswari ditemukan uang tunai gendelan dan receh sebesar Rp 400 ribu. Selain itu petugas juga mendapati tabungan deposito senilai Rp 140 juta, dan tabungan BNI senilai Rp 16 juta.

Selain itu, pengemis wanita berusia 53 tahun ini memiliki kekayaan berlimpah, berupa uang dan sertifikat tanah. Dia pun memiliki tiga surat BKPB kendaraan roda dua.

3. Muklis, Kantongi Uang Rp 90 Juta Hasil Mengemis

Pengemis terkaya di Indonesia ketiga adalah Mukhlis (64). Muklis diketahui memiliki uang tunai Rp 90 juta hasil mengemis. Uang tersebut ditemukan petugas Suku Dinas Sosial DKI Jakarta, saat mengamankan Muklis, yang tengah mengemis di bawah flyover Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kepada petugas, Muklis mengaku mengumpulkan uang hingga Rp 90 setelah mengemis selama enam tahun lamana. Uang Rp 90 juta yang dimiliki Muklis dalam bentuk pecahan 100 ribu hampir 80 juta dan pecahan 50 ribu sekitar Rp 10 juta.

4. Sri Keryati, Pengemis yang Mengantongi Uang Tunai Rp 23 Juta dan Emas.

Sri Keryati memang tak sekaya pengemis asal Pati, Jateng, Legiman. Namun, penghasilan Sri dalam mengemis juga luar biasa.  Saat ditangkap petugas Dinas Sosial Jakarta Pusat di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), Kramat Sention, Jakarta Pusat, Sri mengantongi uang tunai sebesar Rp 23 juta dan sebuah emas yang dibungkus kain.

Mengherankan memang, tapi itulah fakta yang terjadi. Memiliki uang puluhan juta, menjadikan Sri Keryati sebagai salah satu pengemis terkaya di Indonesia.

4. Leonard, Memiliki Uang Tunai Rp 28,8 juta Hasil Mengemis Satu Tahun

Seorang pengemis bernama Leonard, berhasil diamankan Dinas Sosial Jakarta Barat saat dia tengah menjalankan aksinya di sebuah rumah makan. Saat digeledah petugas, Leonard kedapatan membawa uang tunai Rp 28,8 juta. Leonard mengaku, uang sebanyak itu ia kumpulkan dari hasil mengemis selama kurun waktu satu tahun terakhir.

Itulah sederet pengemis terkaya di Indonesia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Fantastis bukan? Meski begitu, mengemis bukanlah sebuah pekerjaan, jika memang bukan karena keterpaksaan. Karena tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...