Penyebab HP Cepat Panas dan Solusi Ampuh Mengatasinya

Pnyebab HP Cepat Panas
Ilustrasi HP Cepat Panas. Foto: Ist/Net

Penyebab HP cepat panas merupakan permasalahan yang sering dihadapi pengguna ponsel. Akibatnya akan memperpendek usia HP, bahkan bisa cepat rusak.

Tentu saja anda tidak menginginkan ponsel cepat rusak. HP yang mudah panas akan terasa tidak nyaman di genggaman tangan saat memakainya.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone, Anda?

Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda harus mengetahui penyebab serta bagaimana mengatasinya.

Apa Penyebab HP Cepat Panas?

Banyak faktor yang mempengaruhi HP mudah panas. Bisa dari faktor internal misalnya baterai, ataupun faktor eksternal seperti suhu ruangan yang panas atau casingnya.

Sebelum mengetahui cara mengatasi ponsel panas, sebaiknya terlebih dahulu mencari tahu penyebab HP mudah panas. Dengan demikian, anda dapat mengantisipasi supaya ponsel tidak overheat.

1. Baterai Bermasalah

Rabalah bagian HP mana yang terasa panas. Dengan begitu, anda dapat mengetahui penyebab HP cepat panas.

Jika panas berasal dari belakang ponsel, bisa jadi karena baterainya bermasalah. Baterai yang fungsinya sudah menurun atau rusak biasanya akan lebih mudah panas bila dibandingkan dengan baterai baru.

Untuk itu, anda perlu membawanya ke tukang servis. Atau bisa dengan membelikan baterai yang baru dan memasangnya.

2. Charger Bermasalah

Bila bagian ponsel dekat port charger mudah panas, kemungkinan penyebabnya karena permasalahan pada charger. Bisa jadi charger tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel.

Kemungkinan charger menyuplai daya lebih tinggi atau lebih rendah dari kebutuhan ponsel. Penyebab HP cepat panas adalah arus tegangan yang diterima tidak sesuai dengan kapasitas baterai. Sehingga baterai akan cepat terisi penuh.

Charger yang tidak sesuai akan membuat pengisian ulang baterai lebih lama. Untuk itu, anda harus mengganti charger tersebut dengan charger ori atau outputnya sesuai dengan kebutuhan ponsel.

Saat sedang melakukan pengisian ulang atau charging sekaligus menggunakan HP tersebut, kinerja baterai akan lebih berat. Sehingga membuatnya cepat panas.

Apabila anda sering melakukannya, maka baterai bisa menggembung bahkan dapat meledak. Sebaiknya anda menunggu proses pengisian ulang sampai selesai baru menggunakannya.

3. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan dapat jadi penyebab HP cepat panas. Untuk itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung pada ponsel.

Sinar matahari dapat membuat HP mudah panas. Selain itu juga menyebabkan layar sentuh fungsinya cepat menurun. Panas tinggi dari luar mengakibatkan komponen yang ada di dalam HP mudah rusak.

4. Penggunaan Aplikasi Streaming Terlalu Lama

Streaming akan membutuhkan koneksi internet serta daya yang besar. Sehingga akan membuat ponsel cepat panas.

Aplikasi yang berjalan di background HP akan menghabiskan daya baterai. Baterai yang cepat terkuras akan memudahkan ponsel mudah panas.

Begitu pula jika ponsel digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Game berat seperti PUBG akan membuat kinerja GPU dari ponsel lebih berat dan menyebabkannya mudah panas.

5. Susah Sinyal

Susahnya sinyal dari provider akan menjadi penyebab HP cepat panas. Karena HP akan terus bekerja untuk mencari sinyal.

Hal ini bisa terjadi jika ponsel terlalu lama disimpan di saku jeans atau saat berada di dalam lift.

6. Pengaturan Kurang Optimal

Pengaturan pada ponsel sebaiknya dioptimalkan untuk mencegahnya tidak cepat panas. Misalnya saja, tingkat kecerahan, widget yang kebanyakan, pemakaian live wallpaper dan masih banyak lagi.

Solusi Ampuh Mengatasi Penyebab HP Cepat Panas

Jika sudah mengetahui penyebab HP mudah panas, maka berikut kami sampaikan tips untuk mengatasinya. Pertama, gunakan charger yang original.

Penggunaan charger yang asal-asalan akan membuat baterai cepat panas. Periksa kondisi baterai pada smartphone anda.

Bila baterai sudah usang, perlu diganti dengan yang baru. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk cek kesehatan baterai.

Matikan Bluetooth dan GPS bila sudah tidak menggunakannya. Karena fitur tersebut dapat menjadi penyebab HP cepat panas.

Suhu ponsel juga harus selalu dijaga untuk menghindari mudah panas. Kurangilah kegiatan multitasking serta penggunaan beberapa aplikasi aktif secara bersamaan.

Saat bermain game secara terus menerus atau nonstop juga bisa membuat ponsel mudah panas. Untuk itu, batasi penggunaan game dan streaming.

File sampah yang bertumpuk harus dibersihkan karena bisa menyebabkan ponsel mudah panas. Cache atau cookies harus dihapus secara rutin. Selain itu, jangan memakai casing yang ketat atau memasukkan HP dalam tas atau celana jeans yang ketat.

Hal tersebut jadi penyebab HP cepat panas. Semua cara di atas dapat anda praktikkan untuk mengantisipasi ponsel mudah panas dan rusak. (R10/HR-Online)