Jumat, November 26, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Karet Bushing Arm Rusak dan Tanda-Tanda Akibat Kerusakannya

Penyebab Karet Bushing Arm Rusak dan Tanda-Tanda Akibat Kerusakannya

Penyebab karet bushing arm rusak wajib untuk kita ketahui. Bukan tanpa alasan, komponen mobil yang satu ini memiliki fungsi penting.

Adanya bushing arm pada mobil, mengurangi guncangan dan getaran saat mobil dikendarai. Jelas, komponen ini mempengaruhi tingkat kenyamanan selama berkendara.

Bushing arm terletak di bagian kaki-kaki mobil. Bahannya sendiri terbuat dari karet sehingga lentur dan elastis.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, apa jadinya jika bushing arm mengalami kerusakan? Inilah mengapa kita perlu mengetahui penyebab-penyebabnya.

Penyebab Karet Bushing Arm Rusak

Semakin seringnya mobil digunakan, tak menutup kemungkinan akan mempengaruhi masa penggunaan bushing arm. Sebab itulah, komponen mobil ini harus diperhatikan kondisinya.

Jika masa pakai sudah habis, segeralah melakukan penggantian. Bushing arm yang rusak akan mengganggu sistem kerja pada handling.

Baca juga: Fungsi Oli Selain Pelumas Mesin, Menjaga Keawetan Mesin Kendaraan

Perlu diketahui, sebenarnya bushing ada dua macam. Bushing stabilizer serta bushing arm, keduanya juga memiliki fungsi berbeda.

Di kesempatan kali ini kami akan memaparkan penyebab karet bushing arm menjadi rusak.

Cara Mengemudi

Ternyata cara mengemudikan mobil yang salah menjadi penyebab karet bushing arm menjadi rusak. Sikap ini dapat ditunjukkan saat mengendarai mobil di jalan yang berlubang.

Baiknya, saat membawa mobil di jalanan yang berlubang, hendaklah mengurangi kecepatannya. Jangan malah sebaliknya.

Mengendarai mobil di jalan berlubang dengan kecepatan tinggi akan menyebabkan bushing arm rusak. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bushing arm terbuat dari karet.

Jika mobil digunakan berkali-kali di jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, karet bushing arm akan jebol dan mengalami kerusakan.

Beban Muatan Berat

Beban muatan berat pada mobil juga menjadi faktor penyebab karet bushing arm rusak. Inilah mengapa setiap mobil memiliki kapasitas muatan yang telah ditetapkan.

Jika beban yang diterima melebihi kemampuan mobil, akan menimbulkan kerusakan. Salah satunya kerusakan pada bushing armnya.

Beban yang terlalu berat akan membuat mesin mobil bekerja secara ekstra. Suhu mesin pun akan cepat panas.

Selain itu, beban yang berlebihan membuat mobil menjadi tertekan. Sehingga akan sangat mudah menghantam jalan.

Umur Karet Bushing Arm

Seperti komponen mobil lainnya, karet bushing arm juga memiliki umur penggunaannya. Hal ini dapat menjadi sebab karet bushing arm menjadi rusak juga.

Jika sudah selayaknya karet bushing arm diganti, segeralah untuk menggantinya. Meskipun dipaksakan, tetap tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Disinyalir dari berbagai sumber, kurang lebih karet bushing arm bertahan hingga lima tahun. Lebih dari itu, sebaiknya segera melakukan penggantian.

Umur karet bushing arm lima tahun ini pun adalah umur paling lama. Dengan catatan penggunaan mobil sesuai prosedur yang benar.

Namun jika penggunaan mobil tidak sesuai aturan, umur penggunaan karet bushing arm bisa lebih pendek lagi.

Mobil Sering Melewati Jalan Tidak Rata

Penyebab karet bushing arm rusak yang satu ini hampir sama dengan penyebab yang ditimbulkan karena beban muatan yang terlalu berat.

Seringnya mobil digunakan pada jalan yang tidak rata, tanpa disadari sudah membuat mesin mobil bekerja terlalu keras.

Baca juga: Penyebab Power Steering Rusak dan Cara Mengatasinya

Kerja mesin yang terlalu keras dapat merusak karet bushing armnya. Kerusakan ini berakibat pada retaknya karet bushing arm.

Jika sudah demikian, jelas fungsinya akan menjadi terganggu. Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan penggantian.

Tanda Karet Bushing Arm Rusak

Sebenarnya, tidak hanya penyebabnya saja yang dapat kita ketahui. Tanda karet bushing arm yang rusak juga bisa kita lihat. Penasaran bagaimana caranya?

Karet bushing arm yang rusak akan menimbulkan suara yang mengganggu. Suara ini bisa berbunyi seperti guncangan maupun gesekan.

Akan sangat terdengar jelas apabila melewati jalan berlubang. Jika sudah demikian, segeralah memeriksa kondisi karet bushing arm mobil anda.

Dari tanda ini, kita juga dapat secara langsung mengetahui penyebabnya. Tanda selanjutnya yang dapat diperhatikan adalah kondisi mobil yang oleng.

Karet bushing arm yang rusak membuat mobil menjadi tidak seimbang. Hal ini yang akan menyulitkan pengemudi untuk mengendalikan mobil.

Jika sudah merasakan tanda mobil oleng ini, segeralah berhenti dan perbaiki. Pasalnya, jika dipaksakan akan sangat rentan terjadi kecelakaan.

Mengetahui dengan pasti penyebab karet bushing arm rusak beserta tanda kerusakannya tak boleh disepelekan. Mengingat betapa pentingnya keselamatan dan keamanan kita saat berkendara. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru