Ini Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan

Ini Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan
Naiknya kadar kolesterol dalam tubuh kerap dikaitkan dengan makanan yang telah kita makan. Foto:Ist/Net

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan perlu anda ketahui. Selama ini, naiknya kadar kolesterol dalam tubuh kerap dikaitkan dengan makanan yang telah kita makan. Kolesterol tinggi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darah.

Kolesterol adalah timbunan lemak serupa yang menempel di sel tubuh. Timbunan lemak jahat tersebut akan mengganggu suplai makanan menuju jantung. Hal ini akan memicu munculnya penyakit jantung dan stroke.

Lalu apa sajakah faktor penyebab kolesterol tinggi selain makanan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami rangkum penyebab kolesterol tinggi selain faktor makanan.

Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan

1.Genetik

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang pertama adalah faktor genetik. Orang yang mempunyai tingkat kolesterol tinggi, biasanya diakibatkan dari genetik. Penderita kolesterol biasanya mewarisi penyakit jahat tersebut dari orang tuanya yang disebut dengan hiperkolesterolemia familial.

Jika diantara orang tua anda, atau salah satu saudara laki-laki atau saudara perempuan ada yang memiliki penyakit kolesterol tinggi, anda perlu waspada. Sebaiknya melakukan pengecekan kolesterol sedini mungkin agar anda terhindar dari berbagai penyakit mematikan seperti komplikasi jantung. Bagi orang yang punya penyakit kolesterol turunan biasanya kadar kolesterolnya mencapai 300 miligram per desiliter (mg/dL) atau lebih.

2. Usia dan Jenis Kelamin

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang kedua yakni faktor pertambahan usia dan jenis kelamin. Beberapa sumber menyebut, biasanya laki-laki berusia 45 tahun keatas dan perempuan berusia lebih dari 55 tahun sangat beresiko mengalami kolesterol tinggi.

3. Etnis

Dalam sebuah laporan British Journal of General Practice yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada tahun 2013 lalu, ada sejumlah etnis di belahan dunia ini yang secara alami mempunyai kadar kolesterol tinggi, contohnya saja di India, Pakistan, dan Sri Langka.

4. Obesitas

Penyebab naiknya kolesterol juga bisa terjadi karena faktor obesitas. Obesitas menjadi salah satu penyebab banyaknya gangguan kesehatan pada tubuh. Orang yang mengalami obesitas biasanya mudah tekena kolesterol jahat (LDL) dan meningkatnya trigliserida dalam darah.

Obesitas merupakan kondisi dimana terdapat kalori berlebih di dalam tubuh Anda. Kalori berlebih ini akan menjadi lemak jahat yang tersimpan dalam tubuh. Apabila berat badan anda terlalu berlebih atau obesitas, segera turunkan dengan olahraga teratur dan makan makanan yang sehat.

5. Kurang Olahraga atau Kurang Aktivitas Fisik

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan berikutnya yakni karena faktor kurang olahraga. Kebanyakan orang zaman sekarang lebih memilih menghabiskan waktu duduk di kursi depan komputer.

Ternyata kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kolesterol tinggi. Agar anda terhindar dari kolesterol tinggi, rutinlah berolahraga sehari minimal 30 menit. Dengan rutin berolahraga kolesterol jahat (LDL) akan berkurang. Aktif bergerak dan beraktifitas juga mampu menurunkan kadar trigliserida.

6. Alkohol       

Jika anda sering mengonsumsi alkohol, bagian hati anda akan rusak dan menyebabkan tekanan darah tinggi hingga meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Merokok

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan lainnya yaitu karena kebiasaan merokok. Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok ternyata malah menurunkan kolesterol baik dalam tubuh. Bahkan karena tingginya jumlah racun dalam asap rokok, mampu merusak lapisan yang ada dalam pembuluh darah, dan beresiko terjadinya penyempitan pembuluh darah serta pembekuan darah.

8.Stres

Stres juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Orang yang mengalami stres atau depresi biasanya akan melepaskan dua hormon yakni, adrenalin dan kortisol. Hormon-hormon ini malah merangsang hati untuk memproduksi dan melepaskan lebih banyak kolesterol pada tubuh. Maka drai itu, mulai dari sekarang hindari stres dan perbanyak aktifitas positif serta perbanyak ibadah.

9. Penyakit tertentu

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan lainnya adalah faktor penyakit tertentu seperti penyakit ginjal dan liver. Kedua penyakit ini beresiko besar membuat kadar kolesterol pada tubuh anda meningkat.

10. Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kontrasepsi oral, beta blocker dan estrogen akan membuat anda berisiko terkena kolesterol tinggi. Cobalah konsultasi kepada dokter untuk mengetahui apakah kolesterol anda naik akibat konsumsi obat-obatan tertentu.

Itulah beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (Jujang/R8/HR Online)