Penyebab Mobil Terbakar Ini Perlu Diwaspadai!

Penyebab Mobil Terbakar Ini Perlu Diwaspadai

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Penyebab Mobil Terbakar, Ini Pemicunya! Peristiwa mobil terbakar sering terjadi akibat kelalaian pemilik mobil maupun faktor lain.

Meski bisa terjadi akibat faktor lain, sejauh ini kebakaran mobil akibat kelalaian pemilik menjadi salah satu pemicu yang paling banyak dialami.

Rangkuman mengenai pemicu kebakaran pada mobil ini dapat anda jadikan acuan agar lebih berhati-hati.

Penyebab Mobil Terbakar

Mesin Terlalu Panas

Mesin yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan mesin mobil mengalami keadaan yang terlalu panas atau overheat.

Kondisi mesin yang memanas akan membuat suhu pada oli menjadi sangat tinggi hingga akhirnya bocor dan dapat memicu si jago merah datang.

Kerusakan radiator dan katup mesin yang kurang sempurna menjadi pemicu mesin cepat panas. Kondisi ini akan membuat mesin tidak dapat bekerja seperti biasanya.

Selain itu, proses pembakaran tidak bisa optimal, sehingga menyebabkan beban pada converter katalisis yang terlalu besar.

CC atau converter katalisis berguna untuk menyaring polutan dan hidrokarbon pada mesin. Suhu terpanas yang bisa dicapai CC adalah 1000 derajat dan kondisi ini akan memicu terjadinya kebakaran.

Untuk mengetahui kondisi CC yang terlalu panas, lihatlah bagian dashboard mobil. Jika terjadi sesuatu yang aneh dan tidak biasa, segera pinggirkan mobil dan matikan mesin.

Oli dan Bahan Bakar Bocor

Penyebab Mobil Terbakar selanjutnya adalah kebocoran pada oli dan bahan bakar. Bahan bakar dan oli adalah bagian dari mobil yang mudah terbakar saat mobil sedang dioperasikan.

Tidak hanya itu saja, cairan lain seperti solar, oli power sterring, oli transmisi, oli mesin dan cairan pendingin mobil.

Kebocoran pada cairan-cairan diatas menjadi penyebab teratas mobil mengalami kebakaran. Pada suhu 7,2 derajat celcius, bensin pada mobil bisa terbakar hanya dengan sedikit percikan api.

Cara yang paling ampuh untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat kebocoran cairan adalah dengan rutin merawat sirkulasi oli mobil dan bahan bakar.

Kecelakaan

Penyebab mobil terbakar selanjutnya adalah kecelakaan. Mobil masa kini dirancang dengan rangka yang jauh lebih kuat agar tahan dari benturan.

Tapi bukan berarti mobil tidak bisa terbakar akibat kecelakaan. Benturan keras yang terjadi pada kecelakaan dapat memicu kebakaran mobil.

Hal ini bisa terjadi akibat adanya cairan bahan bakar dan oli yang bocor, benturan ataupun gesekan yang keras, dan bisa juga disebabkan oleh kedua pemicu diatas.

Jika kejadian buruk ini tiba-tiba terjadi, segera keluar dari mobil dan lari ke tempat yang jauh dari mobil.

Kerusakan Aliran Listrik

Mobil memiliki sistem kelistrikan yang bisa mengalami kerusakan sewaktu-waktu. Hal ini dikarenakan oli mobil yang bermasalah.

Kondisi itu pada akhirnya menimbulkan timbunan gas hydrogen pada bagian mesin. Gas hydrogen tersebut dapat mengalami kebocoran apabila terjadi kerusakan pada kabelnya.

Kebakaran mobil bisa terjadi akibat adanya percikan api. Seluruh bagian pada mobil dapat memicu kebakaran akibat kerusakan listrik. Hal ini dikarenakan sistem kelistrikan menyebar ke seluruh bagian mobil.

Demikianlah penyebab mobil terbakar yang perlu anda waspadai. Dengan mengetahui informasi diatas, diharapkan anda bisa lebih berhati-hati lagi saat mengoperasikan mobil. (Deni/R4/HR-Online)