Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Penyakit Radang Paru-Paru, Kenali Agar Bisa Dihindari

Penyebab Penyakit Radang Paru-Paru, Kenali Agar Bisa Dihindari

Mengenali penyebab penyakit radang paru-paru sangatlah penting terutama untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan tersebut. Bahkan radang paru-paru hingga saat ini menjadi gangguan kesehatan yang sangat meresahkan.

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Organ sistem pernapasan (respirasi) ini juga berkaitan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) yang pernafasannya dengan udara.

Setiap manusia memiliki dua buah paru-paru, di kiri dan kanan tepatnya di dalam rongga dada. Dalam menjalankan fungsinya, paru-paru akan mengubah atau menggantikan karbondioksida dari darah dengan oksigen dari udara.

Dengan kerja inilah paru-paru akan memberikan oksigen yang disalurkan dalam darah serta didistribuskan ke seluruh tubuh. Darah yang kaya oksigen inilah yang akan menjaga kesehatan tubuh.

Namun saat terjadi gangguan yang menyebabkan penyakit radang paru-paru maka bisa memicu berbagai penyakit lain. Saat ini tercatat ada 450 juta orang di seluruh dunia yang terkena radang ini dan sebagian besar dialami anak-anak.

Dari jumlah penderita yang terus bertambah tercatat sekitar 4 juta orang yang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Karena itulah radang paru-paru masuk dalam sepuluh penyakit penyebab kematian paling besar di dunia.

Radang paru-paru atau pneumonia merupakan penyakit akut yang ditandai kondisi alveoli dalam paru yang tidak dapat berfungsi dalam menyerap oksigen dari udara. Alveoli yang berisi cairan mengalami radang dan terinfeksi.

Pencegahan gangguan ini sebenarnya bisa dicegah jika kita mengenal kondisi yang menyebabkan gangguan tersebut. Anda juga bisa membayangkan apabila ada sesuatu yang salah terjadi pada organ vital ini hingga menyebabkan paru berhenti bernapas.

Penyebab Penyakit Radang Paru-Paru yang Paling Umum

Untuk mencegah terganggunya fungsi paru sangat penting mengenali faktor apa saja yang menjadi penyebab penyakit radang paru-paru ini. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah infeksi dari mikroorganisme.

Serangan mikroorganisme yang sering terjadi diantaranya dari bakteri, virus, jamur, parasite ataupun zat kimia yang terjadi saat proses pernapasan. Bakteri atau penyebab ini bisa masuk tubuh hingga sampai paru-paru.

Gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi paru-paru. Begitu juga lingkungan yang buruk bisa menjadi pemicu gangguan ini. Selain menyerang orang dewasa, tak sedikit pula anak-anak yang terkena.

Berikut ini beberapa penyebab penyakit radang paru-paru yang sebaiknya dikenali dengan baik. Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan bisa dicarikan cara untuk mencegah maupun mengatasinya.

Konsumsi Minuman Beralkohol

Banyak konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan pada paru paru. Kandungan alkohol dapat merusak paru paru apalagi jika konsumsinya berlangsung lama dan jumlahnya tidak sedikit.

Asap Rokok

Rokok juga merupakan salah satu faktor penyebab penyakit radang paru-paru yang umum terjadi. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh tanpa disadari akan mengendap dan lama kelamaan bisa merusak paru.

Penderita Diabetes

Penderita diabetes memiliki risiko yang lebih besar terkena radang paru. Hal ini karena racun yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat diproses dengan baik oleh organ pankreas. Akibatnya paru pun akan terkena dampaknya.

Kekebalan Tubuh

Penderita penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh seperti AIDS, kanker dan lainnya juga bisa menyebabkan penyakit radang paru-paru. Banyaknya zat berbahaya yang masuk dalam tubuh bisa mengganggu fungsi paru.

Penderita Gagal Ginjal dan Jantung

Penderita gagal jantung maupun penyakit jantung juga berpotensi terkena radang paru. Jantung yang mengalami masalah dapat menyebabkan sesaknya napas dan akan mengganggu penyerapan oksigen ke dalam paru-paru.

Itulah berbagai faktor yang menjadi penyebab penyakit radang paru-paru. Mengenali berbagai hal yang bisa memicu atau menyebabkan gangguan paru ini sangat penting agar bisa menemukan solusi terbaik. (R9/HR-Online)

- Advertisment -